Ternyata saya adalah anak angkat. Apa yang harus saya lakukan?

Apa yang akan Anda perbuat jika Anda mengetahui bahwa Anda ternyata anak angkat dari keluarga yang selama ini Anda cintai dan sangat mencintai Anda?

363 views   |   shares
  • Apa yang akan Anda perbuat jika Anda mengetahui bahwa Anda ternyata anak angkat dari keluarga yang selama ini Anda cintai dan sangat mencintai Anda? Mungkin timbul rasa ingin tahu Anda siapa orangtua kandung Anda? Dan mengapa mereka memberikan Anda kepada orang lain? Apakah mereka tidak mencintai Anda? Atau apakah ada keadaan memaksa yang tidak memungkinkan mereka memelihara Anda? Dan seribu satu pertanyaan lain.

  • Di AS ada sebuah tayangan TV, Ancestor.com, yang mencari ayah/ibu, saudara kandung yang sudah lama hilang dan mempertemukan kembali dengan orang yang mencarinya. Mereka menyelidiki dari catatan sensus, kota praja, perpustakaan dan banyak sumber lainnya. Media sosial juga banyak membantu hal ini. Misalnya ketika seseorang mencari nama ibu kandungnya di FaceBook, dan menemukan wanita itu menulis ucapan selamat ulang tahun kepada dirinya serta menyebutnya "my baby," dia menghubungi wanita tersebut yang ternyata benar ibu kandungnya. Ditunjukkan betapa mengharukannya pertemuan kembali dari kerabat yang sudah lama hilang itu.

  • Bagaimana perasaan Anda ketika menemukan bahwa orangtua Anda adalah orangtua angkat. Anda tetap mencintainya tentu saja, Anda mungkin agak merasa bingung atau aneh memikirkan siapa orangtua kandung Anda. Anda berniat mencari orangtua kandung Anda namun Anda tidak tahu apakah hal itu akan menyinggung perasaan orangtua angkat Anda. Pasti Anda tidak mau menyakiti perasaan mereka, tetapi ternyata mereka mendukung usaha Anda mencari orangtua kandung Anda. Dengan dukungan itu Anda merasa lega dan benar-benar mencari di mana orangtua kandung Anda.

  • Banyak situs yang dapat menemukan siapa leluhur Anda dan mungkin juga memuat nama orangtua yang Anda cari. Selain itu Palang Merah sering membantu orang-orang menemukan kerabatnya yang hilang. Bila orangtua kandung Anda menyimpan catatan tentang kelahiran Anda, misalnya di rumah sakit mana dan tanggal berapa, hal ini akan banyak membantu pencarian Anda.

  • Ada beberapa alasan mengapa orangtua kandung menyerahkan anaknya kepada orang lain. Mereka mungkin terlalu muda ketika melahirkan bayinya, atau keadaan mereka tidak memungkinkan untuk merawat anaknya dengan baik dan berharap anaknya memiliki masa depan yang jauh lebih baik di tangan orangtua angkatnya. Karena itu tidak sepantasnyalah Anda merasa sakit hati atau tidak diinginkan sebelum Anda mengetahui alasan yang sebenarnya sehingga Anda diberikan kepada orangtua angkat Anda. Sebaliknya Anda harus berterimakasih karena berada di tangan orangtua angkat yang merawat Anda dengan baik serta mengasihi Anda dengan sepenuh hati.

  • Advertisement
  • Anda mungkin membayangkan apakah ibu kandung Anda sempat menimang-nimang Anda sebentar sebelum menyerahkan Anda untuk adopsi. Atau apakah dia menyimpan foto Anda waktu baru saja lahir? Apakah dia ingat wajah Anda ketika bayi dan menyimpan kenangan itu sepanjang masa? Bagaimana perasaannya ketika pertama kali melihat Anda dan ketika dia harus berpisah dengan Anda? Apakah dia menangis dan merasa berat hati? Sekarang Anda mempunyai kesempatan untuk bertemu dan mengajukan semua pertanyaan yang selama ini mengganjal hati Anda. Bagaimana perasaan Anda melihat kerut merut di wajahnya yang begitu lama Anda dambakan?

  • Ketika akhirnya Anda bertemu dengan orangtua kandung Anda, Anda merasa seperti ada kekosongan yang kini terisi dalam hati Anda. Bukan berarti Anda melupakan orangtua angkat Anda, melainkan hidup Anda kini lebih penuh dan lengkap.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Ternyata saya adalah anak angkat. Apa yang harus saya lakukan?

Apa yang akan Anda perbuat jika Anda mengetahui bahwa Anda ternyata anak angkat dari keluarga yang selama ini Anda cintai dan sangat mencintai Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr