Kenali 5 buah yang baik dikonsumsi sebelum memulai hari Anda

Buah ternyata baik dikonsumsi pagi hari sebelum Anda memulai hari yang panjang.

4,805 views   |   20 shares
  • Pagi hari seharusnya menjadi saat paling penuh tenaga untuk memulai hari. Namun seringkali banyak orang yang terlalu tenggelam dalam kesibukan dan mengabaikan pentingnya sarapan sehingga di tengah hari badan sudah mulai lemah akibat lapar.

  • Sarapan atau makan di pagi hari memang sebaiknya tidak ditunda. Telah banyak penelitian membuktikan bahwa makan di pagi hari mampu meningkatkan produktivitas dan juga konsentrasi seseorang saat beraktivitas.

  • Nah, kalau biasanya sarapan identik dengan nasi dan lauk pauknya, maka kali ini saya ingin sedikit mengulas dari sudut pandang yang berbeda. Sudah saatnya pola pikir 'makan kalau tidak pakai nasi sama dengan belum makan' harus segera diubah. Mengapa? Sebab nasi memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga mengonsumsi nasi dalam jumlah besar dalam jangka lama mampu meningkatkan risiko seseorang menderita diabetes.

  • Lalu, apa yang sebaiknya disantap sebagai pengganti nasi?

  • Sebetulnya ada banyak jenis makanan penghasil karbohidrat bisa dikonsumsi untuk menggantikan posisi nasi. Salah satu makanan penghasil karbohidrat yang tak kalah penting dari nasi adalah buah-buahan. Selain mengenyangkan, kandungan gizi yang dimiliki buah-buahan mampu menutrisi tubuh sehingga menjaganya tetap sehat dan tidak mudah jatuh sakit.

  • Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini 5 daftar buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi di pagi hari beserta manfaatnya bagi tubuh:

  • 1. Pisang

  • Buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Klinikgizimenjelaskan dalam setiap buah pisang terkandung sedikitnya 105 kalori, 14 gram gula, 3 gram serat dan 1 gram protein. Tidak hanya itu, buah pisang juga mengandung potasium, karbohidrat, mineral, vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium dan mangan. Mengonsumsi buah pisang di pagi hari minimal 3 buah, sudah cukup membuat tubuh Anda berenergi hingga waktu jam makan siang tiba.

  • 2. Alpukat

  • Dalam setiap 100 gram buah alpukatmatang sedikitnya mengandung 7,7 gram karbohidrat, sehingga alpukat sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan program diet tanpa perlu khawatir gula darah akan meningkat. Selain karbohidrat ternyata alpukat juga kaya akan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, kalsium, lemak, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Rutin mengonsumsi alpukat minimal 3 buah di pagi hari tidak hanya mampu membuat Anda berenergi, tapi juga mampu melindungi dari risiko terserang penyakit berbahaya seperti jantung, tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kesehatan mata.

  • Advertisement
  • 3. Pir

  • Dikutip dari laman kompas.com, penelitian yang dilakukan oleh The National Health and Nutrition Examination menunjukkan bahwa orang yang rutin megonsumsi buah pir di pagi hari cenderung memiliki berat badan lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Bahkan penelitian tersebut juga menemukan fakta bahwa buah pir mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh seseorang. Mengonsumsi minimal 3 buah pir di pagi hari juga mampu menghindarkan seseorang dari dehidrasi, karena kandungan air yang dimiliki buah pir cukup tinggi.

  • 4. Pepaya

  • Pepayaadalah buah yang paling gampang didapatkan karena harganya yang murah dan tersedia hampir sepanjang tahun. Mengonsumsi satu porsi buah pepaya di pagi hari sebelum mulai beraktivitas mampu membuat sistem pencernaan Anda bekerja secara aktif, hal ini tentunya akan membuat proses metabolisme tubuh bekerja secara optimal. Khasiat lain yang tak kalah menakjubkan dari buah pepaya adalah mampu mencegah hipertensi, menyehatkan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker usus, melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, mengobati kulit yang terbakar serta menjaga kesehatan kulit.

  • 5. Melon

  • Kandungan gizi yang dimiliki oleh buah melontidak kalah dari buah-buah yang lain. Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa di dalam buah melon ternyata terdapat senyawa asam amino yang disebut citrulline yang dapat memproduksi arginine. Zat ini memiliki manfaat untuk meningkatkan aliran darah, khususnya alirah darah yang menuju ke organ reproduksi. Rutin mengonsumsi buah melon di pagi hari sebelum mulai melakukan aktivitas, berkhasiat untuk melawan penuaan dini, mencegah kanker, melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dan mengurangi timbunan lemak dalam darah.

  • Sebagaimana makanan sehat lainnya, mengonsumsi buah-buahan secara berlebih di pagi hari tentunya tetap berisiko. Selain itu hanya mengonsumsi buah saja tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh untuk bertahan lama hingga waktu makan siang. Oleh karena itu, sarapan buah tetap harus diimbangi dengan jenis menu makanan lain supaya efek yang diperoleh bagi tubuh makin maksimal. Jangan lupa, tetap jalankan paket hidup sehat dengan berolahraga yang teratur serta menjaga kesehatan mental emosional secara baik.

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Kenali 5 buah yang baik dikonsumsi sebelum memulai hari Anda

Buah ternyata baik dikonsumsi pagi hari sebelum Anda memulai hari yang panjang.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr