Hijrah ke kota lain bersama keluarga kecil Anda? Persiapkan matang 5 hal ini!

Hijrah atau pindah ke kota lain membutuhkan persiapan, materi maupun mental. Terlebih jika Anda telah berkeluarga, banyak faktor dari anggota keluarga menjadi alasan Anda perlu membuat perencanaan dan langkah-langkah persiapan yang cermat.

241 views   |   1 shares
  • Adakalanya Anda mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan hidup di sebuah tempat baru. Baik karena alasan pekerjaan, penyesuaian karena suatu kondisi (misalnya untuk memotong biaya hidup), ataupun karena Anda melihat kesempatan hidup lebih baik di kota lain. Hijrah membutuhkan persiapan, materi maupun mental. Terlebih jika Anda telah berkeluarga, banyak faktor dari anggota keluarga yang menjadi alasan Anda perlu membuat perencanaan dan langkah-langkah persiapan yang cermat.

  • Untuk Anda yang berniat hijrah ke kota lain bersama keluarga kecil Anda, simak 5 hal yang perlu Anda persiapkan dengan sebaik mungkin:

  • 1. Tempat tinggal

  • Sebagai kebutuhan primer, menyediakan atap bernaung untuk keluarga Anda adalah prioritas utama ketika Anda memutuskan untuk hijrah. Kecuali Anda telah disediakan fasilitas tempat tinggal dari kantor, Anda perlu mencari tempat tinggal yang sesuai untuk keluarga Anda, dari segi lingkungan maupun memenuhi anggaran Anda. Jika memungkinkan, lakukan survei terhadap calon rumah baru Anda sehingga Anda memiliki bayangan. Apabila tidak memungkinkan untuk Anda datang ke sana, mintalah orang lain melakukan survei ke lokasi atau Anda dapat berburu informasi di dunia maya tentang lingkungan rumah Anda. Titik krusial yang perlu Anda perhatikan adalah keamanan lingkungan, jarak menuju fasilitas umum (sekolah, rumah sakit, tempat perdagangan, pusat kota, tempat rekreasi, dan lain-lain), termasuk budaya masyarakat setempat.

  • 2. Keperluan administrasi

  • Setelah Anda mengetahui di mana Anda akan tinggal, langkah selanjutnya adalah membereskan urusan administratif yang berkaitan dengan kepindahan Anda sekeluarga. Mengatur kepindahan sekolah anak, meminta salinan rekam medis atau catatan kesehatan Anda sekeluarga (mengingat Anda akan menggunakan fasilitas kesehatan di kota yang berbeda), mengurus surat pindah di birokrasi setempat (RT/RW), mengatur kepindahan alamat surat menyurat, adalah sebagian kegiatan yang lumrah dilakukan menjelang hijrah ke kota lain.

  • 3. Pengemasan barang-barang

  • Pindah tempat tinggal, berarti Anda akan melakukan beberapa kegiatan penyortiran, pengemasan, dan pengangkutan barang-barang Anda. Kegiatan ini dapat mulai dilakukan sejak dua bulan sebelum Anda pindah. Tidak semua barang yang Anda miliki dapat dibawa pindah bersama Anda. Pilah-pilah kembali barang-barang di rumah Anda, manakah yang akan Anda bawa atau tinggalkan. Barang-barang yang Anda tinggalkan, dapat Anda sortir kembali menjadi tiga, yaitu jual, sumbangkan, atau buang. Kemas barang-barang yang akan Anda bawa ke dalam kardus-kardus atau container. Berilah label yang sesuai sehingga Anda tidak bingung saat membongkarnya nanti. Disarankan, Anda mengemas barang berdasarkan ruangan tempat barang itu berada, sehingga dalam penempatannya, Anda tidak bingung lagi dalam menyusunnya. Kini, telah tersedia banyak jasa yang membantu pindah rumah. Anda dapat memilih sesuai isi kantong Anda, demikian juga dengan jasa ekspedisi. Bandingkan beberapa penyedia jasa ini, dilihat dari harga dan benefits yang ditawarkan.

  • Advertisement
  • 4. Mempersiapkan mental anak-anak

  • Ingatkah Anda film Inside Out, di mana tokoh utamanya, seorang anak perempuan yang mengalami ketidaksiapan mental untuk berpindah ke kota lain? Anak-anak menjadi fokus utama saat Anda mengambil keputusan besar untuk keluarga, termasuk keputusan untuk hijrah. Anak-anak di bawah usia 6 tahun umumnya lebih mudah menerima kepindahan ini ketimbang anak usia sekolah dan remaja. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

    • Berdiskusi dengan anak tentang alasan kepindahan

    • Bersama-sama mencari informasi tentang lingkungan tempat tinggal yang baru, khususnya aspek sosial-budaya untuk mempermudah anak berbaur di lingkungan baru

    • Libatkan anak dalam proses persiapan pindahan, seperti menyortir dan mengemas barang

    • Memberikan kesempatan kepada anak untuk farewell kepada lingkungan lamanya

    • Menghindari melakukan kegiatan perubahan drastis menjelang pindahan, seperti toilet training, penyapihan, atau pemisahan tidur

    • Berikan waktu untuk anak beradaptasi. Umumnya, anak-anak dapat beradaptasi setelah 6 minggu. Jika ia perlu waktu sedikit lebih lama, bersabarlah dan tetap mendukungnya untuk menyesuaikan diri

  • 5. Rencanakan dengan rinci dan terstruktur

  • Mengingat banyak sekali yang perlu Anda persiapkan, tak ada salahnya Anda membuat daftar to-do-list. Bagilah menurut timeline pengerjaan dan deskripsi pekerjaan, sehingga Anda dapat dengan mudah memeriksa dan mengevaluasi apa yang sudah atau belum dikerjakan. Masukkan pula dalam perencanaan Anda mengenai perpisahan dengan kerabat di tempat lama dan perkenalan dengan lingkungan baru. Bagi kebanyakan orang, meninggalkan sebuah tempat yang telah lama terisi di jiwa raga Anda adalah ucapan selamat tinggal yang berat untuk diutarakan. Visualisasikan bagaimana hidup Anda di tempat yang baru, untuk meningkatkan motivasi Anda. Tulis dan simpan perencanaan Anda dalam sebuah buku catatan sehingga Anda dapat mudah menambahkan, mengurangi, atau memeriksa sampai sejauh mana persiapan Anda, sesuai dengan sisa waktu dan anggaran yang Anda miliki.

  • Advertisement
  • Hijrah ke tempat yang baru bukanlah akhir dari bab kehidupan Anda yang lalu. Tetaplah menjaga hubungan dan kenangan Anda tentang kota lama Anda, sembari menyongsong masa depan di lokasi baru. Selamat atas kepindahan Anda dan semoga sukses di 'rumah' baru Anda!

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Hijrah ke kota lain bersama keluarga kecil Anda? Persiapkan matang 5 hal ini!

Hijrah atau pindah ke kota lain membutuhkan persiapan, materi maupun mental. Terlebih jika Anda telah berkeluarga, banyak faktor dari anggota keluarga menjadi alasan Anda perlu membuat perencanaan dan langkah-langkah persiapan yang cermat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr