Tradisi masa kecil yang seperti apakah yang ingin Anda bentuk untuk anak-anak Anda?

Meski berbeda masa, Anda pasti tetap berharap ada hal-hal yang tak pernah terganti untuk anak-anak rasakan

150 views   |   3 shares
  • Bayangkan 30 tahun dari sekarang. Anda dan suami telah menjadi para Eyang, menyaksikan anak cucu berkunjung di hari libur. Dengan generation gap dan masa yang jelas berbeda dengan masa muda Anda, Anda tetap berharap ada hal-hal yang tak pernah terganti. Rangkaian tradisi keluarga yang diwariskan dengan sukacita oleh para generasi penerus. Jadikan ini bukan cuma impian belaka. Mulailah membentuk tradisi sejak masa kecil anak-anak Anda, seperti 7 hal berikut ini:

  • 1. Makan malam bersama

  • Meja makan menjadi tempat pemersatu keluarga. Di awal atau di akhir hari, menyantap hidangan bersama orang-orang tercinta sembari berbicara tentang rencana atau apa yang terjadi hari ini. Di sini seluruh anggota keluarga belajar banyak hal, mulai dari tata krama hingga menjadi pendengar yang baik. Pembicaraan yang hangat biasanya akan mengalir begitu rupa, dimulai dari Anda sebagai orang tua yang mencairkan suasana dan ketegangan yang menyelimuti, misalnya mengajukan pertanyaan tentang bagaimana harinya di sekolah tadi. Untuk anak-anak yang selalu ingin tahu, Anda dapat membuat sebuah toples berisi berbagai pertanyaan dan minta mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan menarik yang keluar dari dalamnya.

  • 2. Liburan tahunan

  • Berlibur mendatangkan banyak manfaat bagi keluarga Anda. Tak hanya sebagai sarana mempererat hubungan, membuat kenangan-kenangan baru, sekaligus menambah wawasan dengan berkunjung ke tempat baru atau merasakan pengalaman yang berbeda. Jadikan liburan keluarga sebagai agenda tahunan yang rutin dilakukan. Tak perlu biaya besar dengan tujuan yang wah. Tempat-tempat dalam kota dan dalam negeri pun dapat Anda eksplorasi bersama sebagai pelepas kepenatan kerja dan sekolah. Yang terpenting, rencanakan liburan Anda dengan baik dan matang. Demi kelancaran pelesir Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • 3. Percakapan sebelum tidur

  • Sebelum menutup hari dengan tidur yang nyenyak, salah satu cara populer dan timeless yang wajib dilakukan orang tua adalah bercakap-cakap dengan anak sebelum tidur. Pillow talk ternyata tak sekadar bermanfaat bagi pasangan, namun juga pada anak-anak Anda. Anda dapat mengisinya dengan dongeng sebelum tidur, berdiskusi tentang rencana esok hari, berkhayal sambil bercanda, hingga menjawab pertanyaan-pertanyaan penuh ingin tahu darinya. Ketika anak menjelang terlelap, di sinilah Anda juga dapat menyelipkan sugesti-sugesti positif kepadanya.

  • Advertisement
  • 4. Reuni keluarga di hari raya

  • Hari Raya adalah saat yang paling dinanti oleh segenap keluarga besar. Idul Fitri, Natal, Imlek, apapun hari raya yang Anda ikuti, berkumpul bersama dengan seluruh anggota keluarga menjadi wajib hukumnya. Di sini semua anggota keluarga bertemu, seperti sebuah reuni. Melepas rindu, menyambung silaturahmi yang terhalang oleh waktu dan jarak. Tradisi ini mengingatkan Anda untuk selalu ingat kepada "akar", darah daging yang membentuk silsilah Anda sekalian.

  • 5. Perayaan ulang tahun

  • Hari kelahiran menjadi sesuatu yang disyukuri secara istimewa. Menggelar perayaan ulang tahun menjadi torehan kenangan manis dalam memori anak-anak Anda. Tak mesti sebuah pesta meriah, sebuah tradisi merayakan bersama keluarga, mungkin dengan kue ulang tahun buatan Anda yang begitu spesial, sudah lebih dari cukup untuk membuat anak-anak Anda menyadari betapa bermakna perayaan sederhana penuh cinta ini. Pilihan lain, Anda dapat merayakan ulang tahun dengan membuat perjalanan bersama (birthday trip) atau kegiatan amal, untuk menambahkan arti dari sekadar merayakan bertambahnya usia.

  • 6. Berolahraga bersama

  • Menyehatkan badan sama dengan menyehatkan jiwa. Bergerak badan bersama orang-orang tercinta adalah sebuah agenda rutin yang sayang dilewatkan. Entah di akhir pekan atau di pagi hari sebelum beraktivitas, Anda dapat memilih berbagai olahraga untuk dilakukan bersama. Bentuknya bisa berupa mengerjakan olahraga individu bersama-sama, melakukan permainan sebagai satu tim atau membagi menjadi dua kubu yang saling berhadapan. Anda dapat melakukannya di halaman, mendatangi taman atau area car free day, maupun fasilitas olahraga terdekat di daerah Anda.

  • 7. Menulis surat cinta

  • Advertisement
  • Meskipun kecanggihan teknologi menghadirkan berbagai inovasi, namun secarik kertas tak dapat menggantikan sentuhan inderawi dalam membaca dan menulis rangkaian kata. Seperti dalam film Finding Dory, sesuatu yang istimewa yang diberikan orang tua kepada anaknya seakan membangun sebuah jembatan tak kasat mata antara benak Anda dengan benak anak-anak tercinta. Sekali waktu, tulislah surat-surat cinta kepada Si Kecil. Bisa pada hari istimewa seperti ulang tahun atau Hari Ibu, di sebuah sembarang hari pun bukan sebuah masalah. Tuangkan perasaan, harapan, dan doa-doa Anda ke dalam surat tersebut. Curahkan isi hati terdalam Anda dengan segenap ketulusan. Hati sekeras karang pun sepatutnya akan luluh karenanya. Sentuhan berbeda, Anda dapat menulis surat bersama dan memasukkannya ke dalam kapsul waktu (time capsule). Ajak anak Anda membuka kapsul waktu itu bersama beberapa tahun mendatang dan rasakan sensasi menyenangkan sembari mengenang memori bersama.

  • Sebuah tradisi diawali dengan sebuah kesungguhan untuk memelihara mimpi dan harapan. Selalu libatkan anak dan lakukan tradisi ini dengan penuh kegembiraan. Kenangan indah yang terpatri di benak mereka, akan membuat anak-anak Anda tak ragu untuk meneruskan tradisi ini kepada generasi berikutnya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Tradisi masa kecil yang seperti apakah yang ingin Anda bentuk untuk anak-anak Anda?

Meski berbeda masa, Anda pasti tetap berharap ada hal-hal yang tak pernah terganti untuk anak-anak rasakan
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr