Apa yang sesungguhnya Anda kejar hingga waktu bersama keluarga terbengkalai?

Menghabiskan waktu hanya untuk bekerja terlalu keras justru akan mengurangi waktu bersama dengan keluarga dan akhirnya hanya akan berakibat buruk bagi kehidupan jiwa dan keluarga Anda.

334 views   |   13 shares
  • Kebahagiaan tidak datang dengan sendirinya, itulah hal yang seringkali diucapkan oleh kebanyakan orang. Hidup memang membutuhkan perjuangan yang tidak sedikit dan konsistensi untuk mendapatkan kebahagiaan yang diinginkan. Dalam mengejar impian tidak jarang terjadi kompetisi yang sangat keras di antara individu, bahkan tidak jarang dilakukan hal-hal di luar akal sehat untuk mencapai materi yang menjadi impian. Materi atau harta memang seringkali dipakai sebagai tolak ukur kebahagiaan seseorang.

  • Proses kehidupan manusia biasanya melalui tahap masih sendiri, menikah, berkeluarga dan memiliki anak dan tentunya juga berpengaruh memberikan tujuan baru seiring dengan bertambahnya tanggung jawab dan kewajiban di dalam kehidupan mereka. Harta menjadi target satu-satunya yang ingin dicapai untuk mendapatkan kebahagiaan yang selalu diidam-idamkan oleh kebanyakan dari kita. Bahkan banyak juga yang berpendapat dengan materi mereka akan dapat memenuhi setiap kebutuhan keluarga khususnya anak-anaknya dan dengan begitu mereka akan bahagia. Benarkah demikian?

  • Harta dan materi memang diperlukan oleh kita sebagai manusia untuk dapat bertahan hidup dan terus menjalankan roda kehidupan ini. Anggapan bahwa dengan hidup berkecukupan akan membawa pada kebahagiaan memang tidak salah, tetapi tidak juga sepenuhnya benar. Bagi orang yang mampu memenuhi setiap kebutuhan dalam hidupnya tentu akan membawa rasa bahagia dan tenang dalam hidupnya, namun tidak berarti bagi yang kurang beruntung secara ekonomi tidak dapat bahagia.

  • Kenyataannya kebahagiaan sejati tidak datang dari harta yang kita miliki, sebaliknya kita juga melihat anak-anak yang hidup dengan ekonomi sangat terbatas malah kadang kurang lebih dapat merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Jika dilihat dari sudut pandang seorang anak, orangtua memang memberikan arti perbedaan yang besar tentang materi. Bagi seorang anak, urusan soal kebutuhan dan keinginan tidaklah menjadi prioritas dalam kehidupan mereka agar dapat bahagia. Tetapi bagi para orangtua pasti hal tersebut merupakan hal yang utama. Untuk itulah penting bagi Anda yang saat ini terus terobsesi mengejar harta sebagai hal yang penting untuk selalu mengingat bahwa hal tersebut bukanlah hal yang akan memberikan kebahagiaan sejati baik bagi anak-anak Anda maupun bagi Anda sendiri.

  • Menghabiskan waktu hanya dengan bekerja terlalu keras justru akan mengurangi waktu bersama dengan keluarga dan yang pasti dapat berakibat buruk bagi kehidupan jiwa Anda dan anak-anak Anda. Jika memang kebahagiaan sejati yang Anda cari selama ini, maka luangkanlah waktu lebih banyak bagi anak-anak Anda mulai sekarang.

  • Advertisement
  • Tentunya agar rasa kedekatan dan kebersamaan dalam menjalani kehidupan ini akan lebih terasa pada diri Anda dan anak-anak Anda. Dengan demikian meski sulitnya kehidupan ini dijalani, Anda dan keluarga khususnya anak-anak akan menemukan arti kebahagiaan sebenarnya karena rasa kebersamaan dalam menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan.

  • Bekerja memang wajib dan penting, tetapi makna kehidupan itu sendirilah yang tidak boleh hilang dan terlupakan dalam diri manusia hanya karena mengejar harta dunia yang adalah titipan semata.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Apa yang sesungguhnya Anda kejar hingga waktu bersama keluarga terbengkalai?

Menghabiskan waktu hanya untuk bekerja terlalu keras justru akan mengurangi waktu bersama dengan keluarga dan akhirnya hanya akan berakibat buruk bagi kehidupan jiwa dan keluarga Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr