Sudahkah Anda memotivasi anak Anda untuk sukses?

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk memotivasi anak untuk meraih kesuksesan.

244 views   |   3 shares
  • Sudah menjadi impian dan harapan semua orangtua melihat anak-anaknya tumbuh menjadi orang yang sukses. Tak ada yang paling membahagiakan ketika anak berhasil dan sukses. Dan salah satu hal penting yang dapat mewujudkan kesuksesan anak adalah bentuk atau cara orangtua dalam memberikan dan menumbuhkan motivasi positif bagi diri anak sendiri.

  • Beda anak, beda orangtua, beda pola asuh, beda karakter tentu saja akan berbeda dalam hal memberikan motivasi. Setiap orangtua lebih mengenal karakter dan kepribadian anaknya, oleh sebab itu orangtua tentunya akan lebih mudah menentukan cara yang tepat dalam memotivasi anak-anaknya. Artinya tidak semua anak bisa berhasil menerima metode pembelajaran A misalnya. Ada kalanya anak akan lebih mudah termotivasi dengan metode B ketimbang A. Itulah sebabnya, penting bagi setiap orangtua memahami, mengenal dan mempelajari karakter atau tingkat kecerdasan anak agar dapat menemukan cara terbaik memotivasi anak sesuai dengan kemampuan anak tentunya.

  • Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk memotivasi anak untuk meraih kesuksesan:

  • 1. Kenali karakter anak

  • Karakter setiap anak tentu tidak sama, meskipun saudara bahkan anak kembar sekalipun, pasti mempunyai perbedaan karakter. Jika Anda sudah mengenali karakter atau sifat anak, Anda akan tahu langkah selanjutnya. Misalnya, anak Anda adalah tipe anak yang malas belajar. Dorongan dari Andalah yang anak butuhkan. Bukan hanya menyuruhnya belajar dengan kata-kata saja atau memarahinya, tetapi Anda perlu menemani bahkan membantunya untuk belajar. Tanyakan alasan mengapa anak menjadi malas belajar. Bisa saja anak tidak minat belajar karena merasa pelajaran yang diberikan sulit dikerjakan. Bantu anak merasa bahwa tidak ada hal sulit jika mau belajar.

  • 2. Tetapkan tujuan dan minat anak

  • Meskipun tujuan atau harapan Anda terhadap anak adalah menjadi sukses. Namun, tetapkan tujuan yang pasti agar Anda tahu sampai sejauh mana anak mengejar kesuksesan tersebut. Dengan begitu, Anda bersama anak dapat merencanakan dan menentukan langkah-langkah dalam mencapai tujuan tersebut. Harus ada patokan yang jelas. Beri pandangan pada anak ingin sukses seperti apa. Misalnya, Anda melihat kemampuan anak yang menonjol pada bidang musik dan anak pun sangat menyukainya . Anda bisa mendukungnya dan mulai memotivasi anak untuk memperdalam dan mengasah bakat musiknya agar dikemudian hari anak akan meraih kesuksesan lewat kemampuan bermusiknya.

  • 3. Lakukan perlahan dan tetaplah bersabar

  • Advertisement
  • Tak ada kesuksesan yang didapat dengan cara instan. Semuanya butuh waktu dan proses. Di awal-awal proses pembentukan menuju kesuksesan mungkin Anda menerima penolakan atau pemberontakan dari anak, namun itulah proses. Anak butuh penyesuaian dengan cara Anda. Anda tidak boleh menyerah. Motivasi anak step by step agar anak merasa bahwa Anda setia membimbingnya mencapai semua cita-citanya. Dan tetaplah bersabar.

  • 4. Beri pujian atau reward

  • Terkadang anak membutuhkan pengakuan atas usaha yang dilakukannya. Memberi pujian atau reward adalah salah satu bentuk motivasi yang cukup membantu agar anak lebih percaya diri akan kemampuannya. Anda jangan melihat hasilnya saja tetapi lihatlah proses, kemauan, kerja keras dan semangat si anak.

  • 5. Berikan kasih sayang

  • Di atas segalanya, kasih sayang, cinta dan perhatian tulus Anda kepada anak merupakan motivasi yang sangat penting dan berpengaruh. Jangan segan-segan untuk menunjukkan kasih sayang Anda. Kasih sayang bukan berarti memanjakan atau memberikan semua keinginan anak. Bahkan hukuman juga adalah bentuk kasih sayang orangtua. Tetapi, hukuman yang bijaksana tanpa emosional berlebih. Pastikan anak mendapat kebahagian dan kesempatan untuk meraih kesuksesan.

  • 6. Kerja sama

  • Kesuksesan anak terbentuk atas kerja sama yang Anda lakukan bersama. Anda ingin anak semangat, maka terlebih dahulu Anda menunjukkan semangat Anda. Anda ingin anak mendengar apa yang Anda mau, maka Anda juga harus bisa mendengarkan pendapat anak.

  • Sudahkah Anda memotivasi putra putri Anda meraih kesuksesan?

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Sudahkah Anda memotivasi anak Anda untuk sukses?

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk memotivasi anak untuk meraih kesuksesan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr