Jauhkan diri Anda dan keluarga dari ancaman bahaya di dalam rumah

Anda mengira mara bahaya hanya mengintai di luar rumah, tetapi sebenarnya mara bahaya lebih sering terjadi di rumah.

238 views   |   1 shares
  • Anda mengira mara bahaya hanya mengintai di luar rumah, tetapi sebenarnya mara bahaya lebih sering terjadi di rumah. Ada orang yang takut naik pesawat terbang karena khawatir pesawatnya jatuh akibat sesuatu hal. Padahal lebih banyak kecelakaan mobil di darat daripada kecelakaan pesawat terbang. Ada pula yang khawatir kena bencana banjir, gempa bumi atau angin topan. Padahal kecelakaan di rumah lebih banyak terjadi daripada bencana alam. Karena itu yang akan kita bahas di bawah ini ialah bagaimana menghindari bahaya di rumah. Apa saja yang dapat mencelakakan kita di rumah?

  • Kamar mandi

  • Sering kita dengar orang patah tulang karena jatuh atau terpeleset di kamar mandi. Karena itu kita harus menjaga kebersihannya, menyikat lantainya atau dasar bak mandi/bathtub supaya tidak licin. Bila perlu taruhlah keset khusus untuk alas kaki sehingga lebih mengurangi kemungkinan jatuh. Memberi pegangan besi untuk bersandar atau berpegangan, khususnya bila ada manula di keluarga Anda.

  • Tangga

  • Pilihlah tangga yang memiliki dua kaki dan bukan yang hanya disandarkan ke tembok. Kalau perlu sediakan tangga pendek/kecil untuk keperluan di dalam rumah. Kursi sering kita pakai untuk memanjat, namun jangan memakai kursi yang beroda. Ada sebuah kisah nyata tentang seorang ibu yang karena malas mencari kursi lain memanjat kursi beroda. Akibatnya ketika dia di atasnya kursi itu bergerak dan dia kehilangan keseimbangan. Dia jatuh dengan muka ke bawah dan akibatnya beberapa giginya tanggal. Untung suami dan anaknya adalah dokter gigi. Dan jangan menumpuk kursi di atas meja atau di atas benda lain. Kemungkinan Anda jatuh makin diperbesar bila kita tidak berhati-hati ketika memanjat.

  • Mainan

  • Ajarkan anak-anak untuk membereskan mainan mereka ketika selesai bermain. Sediakan sebuah tempat untuk menyimpan mainan itu sehingga mereka dapat memasukkan semua mainan ke situ. Jika rumah Anda bertingkat, dan anak Anda meninggalkan mainan kecilnya di situ, ada kemungkinan seseorang akan menginjaknya dan terpeleset. Bukan hanya di tangga, di lantai ruang bawah, jika orang tidak melihat karena kecilnya mainan itu bisa saja terinjak dan menyebabkan orang itu terpeleset.

  • Alat-alat

  • Simpan alat-alat di tempatnya dan kuncilah gudang tempat menyimpan alat-alat besar seperti pemotong rumput dan sebagainya. Dengan demikian anak-anak tidak akan dapat memainkan alat-alat tersebut.

  • Dapur

  • Jangan biarkan anak-anak kecil bermain di dapur. Ada kemungkinan mereka menyentuh kompor atau bermain dengan pisau. Matikan kompor yang tidak terpakai supaya tidak mengakibatkan anak kecil menyentuhnya. Anak-anak juga harus diperingatkan agar tidak bermain dengan kompor atau pisau, mereka juga harus dilarang lari-lari di dapur karena bisa ketumpahan air panas jika mereka menyenggolnya tanpa sengaja.

  • Advertisement
  • Air

  • Perhatikan jangan ada air tumpah di lantai, jika Anda tahu atau melihatnya, harus segera dikeringkan sehingga orang tidak jatuh terpeleset menginjak air itu. Ini bisa saja terjadi bila anak mengompol, hewan peliharaan Anda kencing atau air tumpah ketika menuang minuman dan sebagainya.

  • Obat-obatan

  • Anda harus menyimpan obat-obatan di lemari khusus yang tidak dapat dijangkau anak-anak, sebaiknya bila dapat dikunci. Mereka mungkin mengira itu permen dan tanpa sengaja memakannya. Begitu pula cairan pembersih harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Warnanya yang merah jambu atau biru dapat dikira sirup.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Jauhkan diri Anda dan keluarga dari ancaman bahaya di dalam rumah

Anda mengira mara bahaya hanya mengintai di luar rumah, tetapi sebenarnya mara bahaya lebih sering terjadi di rumah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr