Sadarkah Anda telah membiarkan kesehatan Anda menurun? Hentikan sekarang juga

Menjaga kesehatan adalah jauh lebih baik daripada menyembuhkan penyakit, karena itu perhatikan hal-hal yang menunjang kesehatan Anda.

572 views   |   5 shares
  • Menjaga kesehatan adalah jauh lebih baik daripada menyembuhkan penyakit, karena itu perhatikan hal-hal yang menunjang kesehatan Anda. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk memelihara kesehatan Anda? Perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Tidur

  • Tampaknya sepele, namun sebetulnya tidur adalah kebutuhan mutlak setiap mahluk hidup. Orang yang sulit tidur atau terkena insomnia sangatlah menderita. Pada saatnya orang lain lelap tertidur, dia sendiri walau sudah mengantuk sulit jatuh tidur. Bagi orang dewasa dibutuhkan 7-8 jam tidur setiap malam. Ini tidak dapat digantikan oleh tidur siang. Tidur malam yang lelap akan membantu Anda memelihara kesehatan Anda. Misalnya bagi orang yang menderita kencing manis, pada saat tidur pankreas Anda memproduksi insulin. Sebaiknya jangan ada teve di kamar tidur karena akan mengganggu jam tidur Anda. Kamar juga lebih baik dalam keadaan gelap karena akan membantu produksi melatonin dalam tubuh Anda. Melatonin adalah hormon anti oksidan yang dapat mencegah kanker dan penyakit lainnya. Jika Anda atau si kecil memerlukan lampu tidur pilihlah yang berwarna merah karena warna ini mengurangi terangnya sinar dan taruhlah di ruang lain atau lorong ke kamar mandi sehingga tidak mengganggu tidur Anda.

  • Gerak badan

  • Semakin kurang aktif kehidupan Anda, semakin perlu Anda bergerak badan. Anda tidak harus melakukan olahraga berat, Anda dapat berjalan pagi, naik sepeda, berenang, yoga atau tai chi. Semua ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, membantu otot-otot dan tulang yang kaku, dan menolong otak memproduksi hormon kebahagiaan seperti serotonin dan dopamin. Olahraga seperti tai chi cocok bagi manula karena tidak terlalu berat dan membantu keseimbangan tubuh sehingga Anda tidak gampang jatuh.

  • Makanan sehat

  • Orang sekarang lebih sadar akan pentingnya makanan sehat. Mereka tahu bahwa itu adalah bagian penting bila Anda ingin tetap sehat. Jangan makan terlalu banyak daging, sebaliknya perbanyak porsi sayuran, buah, ikan, dan kacang-kacangan. Jangan terlalu banyak makan chip karena kandungan sodiumnya tinggi dan mengandung banyak karbohidrat. Sebaiknya kalau ingin cemilan, makanlah kacang-kacangan seperti walnut, biji bunga matahari, kismis atau buah-buahan yang dikeringkan.

  • Periksa secara berkala

  • Pergilah ke dokter dan periksakan kesehatan Anda secara berkala. Dokter akan mengetes keadaan tubuh Anda dari darah tinggi, kencing manis, kolesterol, dan lain-lain. Semua itu dapat memengaruhi kesehatan jantung dan organ-organ lainnya. Jika perlu dokter akan menasihati Anda agar meminum obat-obatan tertentu atau melakukan olahraga untuk memperbaiki kondisi tubuh Anda. Makin tua usia Anda makin penting pemeriksaan ini.

  • Advertisement
  • Hindari stres

  • Bila Anda sudah melakukan semua yang disebutkan di atas, namun hidup Anda penuh stres seperti stres keuangan, anak yang sulit diatur, dan sebagainya, maka kesehatan Anda dapat terganggu. Karena stres membuat Anda sulit tidur, mungkin juga kehilangan selera makan dan pusing kepala. Sebaiknya Anda mencoba hidup tenang, lebih berserah diri kepada Yang Maha Esa, berpikiran positif dan menghilangkan stres dengan olahraga ringan.

  • Pergilah jalan-jalan

  • Anda tidak perlu pergi ke tempat yang terlalu jauh, asal tempat itu tenang dan Anda dapat merasakan kedamaian bersama keluarga, menghindari kebisingan kota untuk sementara waktu. Bawalah makanan untuk piknik dan bergembira bersama.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Sadarkah Anda telah membiarkan kesehatan Anda menurun? Hentikan sekarang juga

Menjaga kesehatan adalah jauh lebih baik daripada menyembuhkan penyakit, karena itu perhatikan hal-hal yang menunjang kesehatan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr