Tidak bisa cuti karena pekerjaan menumpuk. Salah di mana ya saya?

Perencanaan sangat dibutuhkan dalam berbagai hal termasuk dalam bekerja.

153 views   |   shares
  • Ada beberapa jenis cuti yang wajib Anda ketahui jika Anda saat ini adalah karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Beberapa cuti tersebut yang berlaku di perusahaan dan diberikan sebagai hak kepada para karyawan kenyataannya juga sudah diatur oleh pemerintah dan tertuang pada Undang-undang tentang ketenagakerjaan. Cuti tersebut adalah cuti tahunan, yang memberikan kepada karyawan sedikitnya dua belas hari dalam setahun, cuti sakit, cuti hamil, cuti penting dan cuti bersama. Selain itu juga ada beberapa cuti lainnya yang dapat diberikan menurut kebijakan masing-masing perusahaan kepada karyawannya. Dengan adanya aturan yang diberikan pemerintah ini, maka setiap karyawan yang sedang dalam masa bekerja dan mengambil jatah cutinya tetap mendapatkan bayaran meski mereka masih berada pada masa cuti tersebut.

  • Setiap karyawan yang bekerja di perusahaan memiliki hak yang sudah disediakan untuk mengambil cuti di tengah-tengah pekerjaan mereka. Banyak sekali manfaat cuti yang dapat diberikan pada setiap orang, salah satunya adalah dengan cuti bagi karyawan yang merasa jenuh dengan pekerjaan yang sedang digeluti yang cenderung membuat mereka malah menjadi tidak produktif. Selain itu dengan adanya fasilitas cuti tersebut setiap karyawan yang memiliki kepentingan mendesak di luar pekerjaan mereka dapat memanfaatkannya untuk menyelesaikan berbagai urusannya di luar kantor. Namun meski demikian, cuti terkadang tidak dapat disetujui diakibatkan banyaknya pekerjaan yang ada di tempat kita bekerja. Tentu hal ini bukanlah kesalahan karyawan yang hendak mengambil cuti tersebut. Bagaimanapun kita tidak perlu merasa bersalah karena banyaknya pekerjaan membuat kita tidak dapat mengambil cuti. Memang cukup membuat tidak nyaman jika hal ini terjadi, tetapi jika Anda adalah salah seorang yang memiliki perencanaan dalam bekerja tentu hal ini tidak akan menjadi masalah besar yang membuat Anda kesulitan.

  • Oleh karena itu, perencanaan sangat dibutuhkan dalam berbagai hal termasuk dalam bekerja. Jika ingin mengambil jatah cuti, tentunya butuh persiapan yang lebih sebelum Anda dapat mengambil cuti dari pekerjaan. Meskipun cuti adalah hak setiap karyawan tentu kita juga tidak ingin sekembalinya ke kantor kita dihadapkan pada tumpukan pekerjaan yang akan membuat frustasi. Tidak sedikit juga karyawan yang berhasil mengelola pekerjaannya dan dapat menikmati cutinya dengan lancar tanpa harus terbebani dengan pikiran pekerjaan. Jika Anda paham betul dengan pekerjaan Anda dan memiliki perencanaan yang baik untuk menyelesaikannya tentu banyaknya pekerjaan tidak akan pernah mengganggu waktu cuti Anda.

  • Advertisement
  • Jadi sebenarnya dalam bekerja sangat penting untuk bekerja sesuai dengan rencana, sehingga kita tidak perlu terlalu sering berpacu dengan waktu yang selalu dirasa kurang. Meskipun kita memiliki hak sebagai seorang karyawan, tentu di saat yang bersamaan kita pun memiliki kewajiban yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan dengan perencanaan yang baiklah segalanya sudah pasti akan berjalan dengan lancar. Sekalipun cuti yang diambil akibat suatu kejadian yang tidak terduga sebelumnya, pekerjaan yang Anda lakukan akan tetap berjalan dengan baik dan lancar dan perusahaan di mana Anda bekerja pun tidak perlu merasa dirugikan. Dan sesudah cuti berakhir Anda dapat kembali bekerja dengan nyaman tanpa harus merasakan banyak beban.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Tidak bisa cuti karena pekerjaan menumpuk. Salah di mana ya saya?

Perencanaan sangat dibutuhkan dalam berbagai hal termasuk dalam bekerja.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr