6 film seri kartun anak rekomendasi Keluarga.com untuk disaksikan bersama si kecil

Simpanlah sebagai 'play list' tontonan keluarga Anda di akhir pekan nanti.

480 views   |   9 shares
  • Aneka tontonan untuk anak merajai layar kaca, layar perak dan dunia maya. Namun, tidak semua menyajikan hiburan yang tidak hanya menyenangkan, namun juga bermanfaat. Ilmu kini tak hanya dapat dibaca. Sederet animasi sarat edukasi dapat menjadi pilihan untuk disaksikan anak-anak Anda (dengan pendampingan Anda, tentunya). Dipilih dari berbagai variasi tema dan pengetahuan yang disisipkan di dalam kontennya, inilah 6 film seri kartun anak rekomendasi Keluarga.com untuk keluarga Anda:

  • 1. Magic School Bus

  • Diangkat dari serial buku berjudul serupa karya Joana Cole dan Bruce Degen, Magic School Bus bercerita tentang petualangan Miss Frizzle, seorang guru SD yang nyentrik bersama murid-muridnya. Mengendarai sebuah bus sekolah ajaib, mereka bertualang dan mengungkap aneka fakta sains dalam balutan cerita menarik. Serial ini memang telah muncul sejak era 90-an dan meraih banyak nominasi Emmy Awards di pertengahan hingga akhir dekade 90-an. Hingga kini, serial ini masih dianggap sebagai serial kartun edukasi yang menarik untuk memperkenalkan serunya belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Sebuah kabar menyatakan bahwa Netflix akan menayangkan versi terbaru serial ini, dengan tajuk The Magic School Bus 360o dengan animasi CG yang lebih modern dari versi lamanya.

  • 2. Curious George

  • Berdasarkan dari buku karangan Hans Augusto Rey dan Margret Rey, Curious George berkisah tentang George, seekor kera kecil yang cerdik dan selalu ingin tahu. Bersama dengan Pria Bertopi Kuning yang merawatnya di kota, George memberikan banyak pengetahuan tentang kehidupan sehari-hari. Yang menarik dari serial ini, anak akam belajar mengenai permasalahan kecil yang dapat ia hadapi dalam kehidupan nyata. Kemampuan problem solving yang ditunjukkan George akan memotivasi anak untuk pantang menyerah dalam mencari solusi secara mandiri atas masalah yang ia temukan.

  • 3. Super Wings

  • Pluralitas yang dimiliki dunia mendorong kita untuk memperkenalkannya kepada anak tercinta. Serial Super Wingsmerupakan produksi kerja sama 3 negara, yaitu Amerika Serikat, Cina dan Korea Selatan, yang menyajikan sekelumit budaya-budaya populer dari berbagai negara di dunia. Jett, si pesawat jet pengantar paket yang selalu dapat diandalkan, bersama teman-temannya, akan bertemu dengan anak-anak berbeda dari berbagai belahan dunia. Bersama, kita akan belajar tentang adat, kebiasaan, dan budaya yang berlaku dari masyarakat di luar negeri sana. Ini adalah bekal penting untuk dasar bertoleransi dan tentu saja, membuka wawasan internasional.

  • Advertisement
  • 4. Berenstain Bears

  • Lahir dari tangan dingin pasangan Stan dan Jan Berenstain, serial yang awalnya dipublikasikan melalui seri buku anak-anak populer ini, sudah hadir sejak tahun 1979. Meskipun sekilas tampak old-fashioned, namun nilai-nilai yang ditanamkan oleh keluarga Beruang ini adalah tata krama tradisional yang bersifat universal. Serial ini menyuguhkan alternatif pembelajaran dan pembentukan karakter sejak dini. Sesuatu yang sangat vital untuk diperkenalkan kepada anak semenjak usia kecil.

  • 5. Robocar Poli

  • Inilah serial animasi produksi Korea Selatan yang cukup populer di Indonesia saat ini. Menawarkan cerita yang dekat dengan keseharian, empat serangkai Poli, Roy, Amber dan Heli adalah pasukan penyelamat Kota Brooms yang siap menolong warga yang kesulitan. Anak-anak dapat belajar berbagai pengetahuan tentang keamanan dan keselamatan, yang berguna untuk menjalani hidup dengan mandiri. Sebuah spin-off serial ini juga dibuat sebagai proyek Corporate Social Responsibility(CSR) sebuah produsen kendaraan bermotor terkemuka asal Korea Selatan. Dengan judul Traffic Safety with Poli, serial sampingan ini berfokus kepada pengenalan peraturan dan keselamatan berlalu lintas.

  • 6. Dora and Friends : Into the City!

  • Mengikuti kesuksesan serial Dora the Explorer, serial Dora and Friends bercerita tentang petualangan Dora Marquez yang kini berusia 10 tahun. Bersama sahabat-sahabatnya, Kate, Emma, Alana, Naiya dan Pablo, Dora mengajak pemirsa bertualang dengan peta andalannya. Pilihan yang menarik untuk gadis-gadis cilik yang mengagungkan persahabatan dan keceriaan. Tokoh-tokoh yang ada di serial Dora the Explorer, seperti Boots, Peta dan Diego turut tampil dalam beberapa episode serial ini.

  • Dampingi putra-putri Anda ketika menyaksikan tayangan-tayangan tersebut. Jawablah keingintahuan mereka dengan menunjukkan hikmah pembelajaran yang dapat dipetik. Sertai pula waktu untuk menerapkan pengetahuan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari untuk memberi arti bahwa serial yang mereka tonton tak hanya sebatas hiburan, namun juga ada manfaatnya dalam kehidupan.

  • Advertisement
Bantu kami menyebarkan

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

6 film seri kartun anak rekomendasi Keluarga.com untuk disaksikan bersama si kecil

Simpanlah sebagai 'play list' tontonan keluarga Anda di akhir pekan nanti.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr