Yuk liburan! Ini tips agar foto-foto liburan Anda terlihat menarik

Teknik pengambilan foto memang memiliki ilmunya tersendiri yang dapat dipelajari oleh siapa saja, namun untuk dapat mengambil gambar dengan baik pun tidak dibutuhkan keahlian seorang profesional.

388 views   |   2 shares
  • Tidak seperti masa-masa tahun 90an di mana berfoto adalah merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan di saat-saat tertentu saja, di zaman yang sudah sangat berkembang saat ini, dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat masyarakat sekarang dapat berfoto dan mengabadikan momen setiap saat mereka inginkan dengan menggunakan telepon pintar maupun kamera digital. Banyak sekali saat ini produsen telepon genggam yang melengkapi produk-produk mereka dengan berbagai teknologi terbaru khususnya kemampuan mengambil gambar yang tidak kalah dengan kualitas kamera canggih sekalipun. Bahkan melalui media sosial yang kian hari semakin banyak penggunanya, banyak orang dapat membagikan hasil jepretan mereka untuk memperoleh komentar dan ekspresi orang lain terhadap fotonya.

  • Dengan berbagai kemudahan fasilitas yang dimiliki oleh masyarakat sekarang ini untuk berfoto tersebut, sayangnya masih kurang didukung oleh cara penggunaannya sehingga hasil foto yang didapatkan pun sering kali kurang maksimal dan terkadang tidak menarik untuk dilihat. Teknik pengambilan foto memang memiliki ilmu nya tersendiri yang dapat dipelajari oleh siapa saja, namun untuk dapat mengambil gambar dengan baik pun tidak dibutuhkan keahlian seorang profesional agar dapat dinikmati oleh banyak orang. Bahkan hanya dengan kamera telepon genggam yang ada saat ini pun dapat dihasilkan foto yang berkualitas dan membanggakan untuk dibagikan.

  • Saat berlibur pun aktivitas berfoto ini tidak dapat ditinggalkan begitu saja, mengabadikan momen saat berlibur merupakan hal yang utama karena dengan foto tersebut yang akan menjadi bukti serta kenangan kita di kemudian hari. Penting tentunya untuk menghasilkan dokumentasi yang bagus untuk itu.

  • Dirangkum dari belajar fotografi, ada 5 tips berfoto dengan kamera ponsel agar hasil yang didapatkan menjadi bagus, di antaranya :

  • 1. Cukup cahaya

  • Hasil foto akan lebih baik jika cahaya yang masuk cukup untuk menerangi objek yang akan difoto. Pada kamera biasanya dilengkapi juga dengan flash yang dapat membantu memberikan cahaya pada objek namun tetap tidak dapat menerangi seluruh ruangan.

  • 2. Hindari penggunaan zoom

  • Zoom memang dibutuhkan jika jarak tidak memungkinkan untuk mendekatkan kamera dengan objek, namun akan sangat lebih baik hasil fotonya jika jarak yang dibutuhkan tidak didapatkan dengan cara zoom karena resolusi akan berkurang.

  • Advertisement
  • 3. Pilih resolusi tertinggi

  • Semakin tinggi resolusi sebuah foto akan semakin baik dan tajam hasilnya. Meski kapasitas file yang dihasilkan akan semakin besar tetapi resolusi yang tinggi yang menghasilkan jepretan yang berkualitas.

  • 4. Jaga kestabilan

  • Dalam pengambilan gambar juga diperlukan kestabilan tangan saat memegang kamera yang digunakan untuk memotret. Getaran atau goyangan tangan akan membuat hasil foto menjadi buram.

  • 5. Gunakan editor aplikasi yang baik

  • Jika perlu tambahkan beberapa filter. Anda dapat menambahkannya melalui aplikasi editor yang banyak disediakan oleh beberapa vendor. Gunakanlah aplikasi yang baik dan jangan mengedit dengan berlebihan agar keaslian foto tidak menghilang.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Yuk liburan! Ini tips agar foto-foto liburan Anda terlihat menarik

Teknik pengambilan foto memang memiliki ilmunya tersendiri yang dapat dipelajari oleh siapa saja, namun untuk dapat mengambil gambar dengan baik pun tidak dibutuhkan keahlian seorang profesional.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr