Berdasarkan penelitian, ini cara menurunkan 60 persen kalori dalam nasi

Kabar gembira! Ternyata ada metode memasak yang dapat menurunkan kadar kalori dari nasi sebesar 50-60 persen.

558 views   |   1 shares
  • Jika Anda sedang melakukan diet namun susah untuk berpisah dengan nasi, ada kabar gembira buat Anda. Nasi yang dipercaya memiliki kalori yang tinggi dan dapat menambah bobot badan sehingga dihindari ketika ingin melakukan diet biasanya akan digantikan dengan sumber karbohidrat yang lain, seperti ubi, kentang, roti gandum, jagung. Namun, untuk kebanyakan orang, diet ini susah dilakukan karena nasi merupakan makanan pokok sedari kecil atau untuk pemegang paham "belum makan kalau belum makan nasi."

  • Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sudhair A. James dari College of Chemical Sciences di Sri Lanka, dan dipresentasikan dalam acara 249th National Meeting & Exposition of the American Chemical Society (ACS) membuktikan bahwa dengan metode memasak tertentu ternyata dapat mengurangi asupan kalori dari nasi sebanyak 50-60 persen.

  • Para peneliti menemukan bahwa peningkatan konsentrasi resistant starch (RS) pada nasi merupakan sebuah cara baru untuk mengatasi masalah kalori pada nasi sebesar 50-60 persen. Resistant starch merupakan jenis pati yang sukar dicerna enzim manusia. Mereka pun telah melakukan uji coba pada 38 jenis beras yang berbeda yang ada di Sri Lanka.

  • Para peneliti telah menemukan cara baru memasak nasi yang bisa meningkatkan konsentasi RS. Metode ini dilakukan dengan menambahkan setengah cangkir beras pada air mendidih yang sebelumnya ditambahkan satu sendok makan minyak kelapa. Nasi dibiarkan matang secara perlahan selama 40 menit, meski menanak nasi selama 20-25 menit pun sebenarnya sudah cukup. Tahap berikutnya adalah dengan mendinginkan nasi selama 12 jam.

  • Kandungan RS yang terdapat pada beras tradisional ternyata dapat meningkat hingga 10 kali lipat dengan metode ini. Tim peneliti menjelaskan, selama proses memasak, minyak mengubah pati menjadi sukar dicerna (RS). Sementara itu, proses pendinginan nasi selama 12 jam sangat efektif untuk menurunkan kadar kalori yang bisa diserap oleh tubuh. Dan ternyata, memanaskan kembali nasi tersebut sebelum dimakan tak akan memengaruhi kandungan RS-nya.

  • Dalam 1 cangkir beras, terdapat 1,6 ons pati. Sementara itu, ada jenis pati yang mudah dicerna, dan ada yang tidak. Pati yang sukar dicerna (RS) tidak bisa dipecah di dalam usus kecil. Akibatnya, karbohidrat dimetabolisme menjadi glukosa dan gula sederhana yang diserap ke dalam aliran darah. Dengan mengubah kandungan RS, tim peneliti bisa menurunkan jumlah kalori yang dapat digunakan dalam secangkir beras.

  • "Setelah tubuh Anda mengubah karbohidrat menjadi glukosa, setiap bahan bakar sisa akan diubah menjadi karbohidrat polisakarida yang disebut glikogen," ujar James. Ia melanjutkan, hati dan otot menyimpan glikogen untuk energi dan mengubahnya kembali menjadi glukosa yang diperlukan tubuh dengan cepat. Masalahnya, glukosa yang berlebih, yang tidak bisa dikonversi ke glikogen, akan berubah menjadi lemak. "Lemak inilah yang dapat menyebabkan berat badan berlebih atau obesitas," kata James menambahkan.

  • Advertisement
  • Riset serupa pernah dicoba oleh peneliti Inggris. Penelitian tersebut mengungkapkan jika ketika pasta yang dimasak kemudian didinginkan, kandungan glukosa dalam makanan itu menurun bahkan ketika dihangatkan kembali. Meski sedikit merepotkan cara ini mungkin menarik untuk dicoba bagi orang yang ingin menjaga berat badan namun tetap mau makan enak. Namun British Dietetic Association menyarankan selama belum ada penelitian terhadap manusia, masaklah nasi seperti biasa.

  • disadur dari http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150325111347-262-41677/cara-memasak-nasi-yang-bisa-kurangi-kandungan-kalori/

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Berdasarkan penelitian, ini cara menurunkan 60 persen kalori dalam nasi

Kabar gembira! Ternyata ada metode memasak yang dapat menurunkan kadar kalori dari nasi sebesar 50-60 persen.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr