Bunda, ini pilihan mainan edukatif untuk anak Anda hingga usia 2 tahun

Bukan cuma untuk dimainkan, tapi juga melatih sensor motoriknya.

190 views   |   1 shares
  • Si kecil mulai terlihat bosan dengan mainan sewaktu bayi dan mulai menunjukkan keingintahuan yang besar atau bahkan tertarik dengan mainan sepupunya yang seusia, tentu menambah keinginan Anda untuk membelikan mainan untuk bayi kesayangan Anda. Selayaknya orangtua yang baru memiliki bayi, terutama untuk kaum Ibu, ada keinginan yang menggebu-gebu dalam berbelanja untuk bayi. Mulai dari baju, cemilan, sepatu hingga aksesoris lainnya. Berkaca dari menumpuknya baju-baju bayi yang akhirnya hanya digunakan sebentar saja, ada baiknya Anda memilah-milah sebelum Anda melangkahkan kaki masuk ke dalam toko mainan yang pastinya akan membuat Anda kebingungan karena terlalu banyak pilihan yang membuat Anda akhirnya tidak jadi membeli atau malah memborong semuanya bahkan mainan yang akhirnya tidak terpakai oleh bayi Anda.

  • Berikut adalah beberapa jenis mainan edukatif yang dapat Anda belikan atau dapat Anda buat sendiri untuk batita Anda yang berusia 12-24 bulan:

  • Usia 12-18 bulan

  • Pada umumnya bayi seumuran ini sudah dapat berdiri dan dapat berjalan sendiri walau ada beberapa yang belum dapat berjalan sendiri. Mereka senang memindahkan objek dari 1 tempat ke tempat lain, seperti mainan yang bisa ditarik-ulur dan mengeluarkan bunyi, mainan yang bisa dibuka tutup, memiliki tombol untuk ditekan, serta bermain cilukba. Anda dapat mengajak batita Anda menyusun kotak. Pilihlah kotak yang ringan dan lembut agar aman untuk batita Anda. Mulai dari sedikit kotak terlebih dahulu agar tidak membingungkan dia. Bila Anda memiliki kotak berukuran besar di rumah, Anda dapat mengajaknya bermain dengan kotak tersebut. Mulai dari mendekorasi menggunakan krayon yang gendut agar dapat digenggam batita Anda dengan mudah, atau pewarna makanan yang dicampur sedikit air. Ajak ia membuat cap tangan dengan campuran tersebut, pastilah ia akan kegirangan karena dapat bermain dengan air. Anda juga dapat bermain rumah-rumahan dengan kotak tersebut atau menjadikannya sebagai terowongan yang dapat dilaluinya atau sebagai perahu atau mobil. Pasti akan menyenangkan dan Anda juga dapat memperkenalkan warna melalui kegiatan ini.

  • Usia 18-24 bulan

  • Biasanya amak seumur ini sudah dapat berbicara. Mereka tertarik dengan apa yang dilakukan oleh orang dewasa serta ingin terlibat dalam kegiatan orang dewasa terlebih orangtuanya. Makanya jangan heran bila batita Anda akan sangat sibuk sekali mengikuti Anda ketika Anda memasak, ia akan membuka lemari piring dan mengambil mangkok, ia juga sudah mulai dapat menunjukkan keinginannya melakukan semuanya sendiri.

  • Advertisement
  • Mainan telepon-teleponan dapat membuat anak Anda merasa terlibat dalam kegiatan orang dewasa. Pura-puralah menelepon dan berbicara dengan dia dengan mainan telepon lainnya dan Anda akan geli hati melihat tingkahnya yang sibuk mondar-mandir dan berbicara di telepon seperti orang dewasa. Usahakan mainan telepon yang Anda belikan untuknya memiliki bunyi atau berbagai suara sehingga akan lebih menarik untuknya. Ini juga tentu menyelamatkan handphone Anda dari bantingan atau gigitan bayi Anda.

  • Anak seumur ini juga menunjukkan minat pada bentuk dan peletakan barang. Ajaklah ia bermain menyusun kotak berukuran besar. Mulai dari set berukuran kecil dan perlahan berganti ukuran besar ketika ia mulai menunjukkan minat dalam permainan ini.

  • Berikan juga mainan puzzle yang berpotongan besar yang berjumlah sedikit misalnya 4-8. Mainan ini akan melatih koordinasi mata dan tangannya dalam ia mengenali gambar dan menggabungkan potongan-potongan puzzle tersebut.

  • Anda juga dapat mengajaknya bermain role-play menggunakan boneka dan trolley. Berpura-pura belanja dan membayar di kasir atau bermain tamu-tamuan, dapat melatih mannernya.

  • Air

  • Anak mana yang tidak menyukai air? Daripada pusing dengan ulah si batita Anda yang kerap bermain dengan dispenser atau keran air sehingga membuat banjir local di rumah Anda, lebih baik ajak ia bermain dengan air. Jika Anda memiliki kolam plastik untuk anak atau ember berukuran besar, Anda dapat mengajaknya bermain air dan bola di kolam tersebut di hari yang panas sehingga ia tidak akan terkena flu. Anda juga dapat melatih motoriknya dengan mengajaknya bermain dengan memindahkan air dari 1 wadah ke wadah lain menggunakan cangkir plastik kecil atau wadah kecil yang dapat ia pegang dengan mudah atau menggunakan spons. Tunjukkan bagaimana cara memindahkan air menggunakan alat-alat tersebut. Gunakan air matang ya Bunda. Anda tidak dapat menebak apa yang akan batita Anda lakukan termasuk meminum air tersebut. Pastikan alat-alat yang digunakan bersih. Gunakanlah spons yang baru sehingga tidak ada sabun yang tersisa di spons tersebut. Bahkan bila hari cukup panas dan terik serta Anda memiliki halaman di luar rumah, Anda juga dapat mengajaknya bermain perang air. Pakaikan jas hujan dan sepatu boot untuk batita Anda, siramkan air dengan selang. Namun, Anda perlu sangat berhati-hati dalam melakukan permainan ini. siramkan dengan kucuran air yang sedikit dan pelan. Bicarakan bahwa seperti inilah hujan.

  • Ada baiknya Anda memerhatikan minat dari anak Anda sebelum Anda membelikan mainan untuknya. Anda tidak perlu membelikan mainan mahal untuknya namun ternyata ia tidak mau menyentuhnya.

  • Advertisement
  • Lebih dari semua mainan mahal yang Anda berikan untuknya, batita Anda lebih membutuhkan Anda bermain bersamanya. Luangkanlah waktu untuk bermain bersama anak Anda di usia emasnya.

  • "Children don't need more things. The best toys a child can have is a parent who gets down on the floor and plays with them." Bruce Perry (American psychiatrist, currently the Senior Fellow of the Child Trauma Academy).

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Bunda, ini pilihan mainan edukatif untuk anak Anda hingga usia 2 tahun

Bukan cuma untuk dimainkan, tapi juga melatih sensor motoriknya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr