Yang perlu Anda tahu soal donor organ tubuh

Dalam kondisi seperti apakah donor organ tubuh bisa dilakukan?

205 views   |   1 shares
  • Sebagai manusia kita tidak dapat hidup sendiri. Kita hendaknya selalu menjadi pribadi yang berjiwa mau dan ikhlas untuk membantu orang lain di sekitar kita yang sedang kesulitan. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membantu orang lain dan besar kecilnya bantuan yang kita berikan tersebut tentu akan selalu bernilai besar bagi orang yang menerimanya dan hal tersebut tidak selalu berbicara tentang uang saja.

  • Dari pakaian bekas sampai kepada hal lain yang lebih besar pun ada saja orang yang bersedia melakukannya demi menolong dan membantu sesamanya yang membutuhkan bantuan termasuk memungkinkan seseorang untuk mendonorkan organ tubuhnya yang masih sehat pada orang lain yang membutuhkan.

  • Pada beberapa kasus medis tercatat ada beberapa orang yang sebelum meninggal telah menyetujui bahwa organ tertentu dalam tubuhnya boleh diambil dan didonorkan kepada orang lain yang membutuhkan. Untuk menjadi pribadi yang berjiwa sosial dan mau menolong orang lain sebenarnya adalah keputusan yang berasal diri sendiri yang tidak dapat dipaksakan oleh orang lain.

  • Perlukah Anda mendonorkan organ tubuh Anda kepada orang lain? Pertanyaan ini memiliki jawaban yang beragam jika ditanyakan pada masing-masing orang. Meski bagi yang membutuhkan hal ini akan sangat bermanfaat padanya, tetap saja dalam hal mendonorkan organ tubuh adalah keputusan besar yang sepenuhnya diserahkan pada si pemilik organ tersebut. Dengan kata lain, dokter baru akan melakukan tindakan pendonoran jika memang sudah ada keputusan pasti dari sang pendonor. Selain itu proses mendonorkan organ tubuh pun memerlukan berbagai pemeriksaan khusus dan kelayakan organ yang akan didonorkan.

  • Perlu diketahui juga bahwa kini dalam donor organ dapat dilakukan oleh orang yang masih hidup, dan organ atau jaringan pada manusia yang dapat didonorkan oleh donor hidup adalah ginjal, hati, pankreas, jaringan kulit dan bagian dari usus. Sedangkan organ yang dapat didonorkan oleh pendonor yang sudah meninggal dunia jauh lebih banyak namun memerlukan persetujuan dari keluarga pendonor.

  • Tidak ada batasan usia yang membatasi keinginan seseorang untuk mendonorkan organ tubuhnya pada orang lain, selama seluruh proses yang dibutuhkan dari persetujuan hingga pemeriksaan medis yang diperlukan dapat dipenuhi hal tersebut dapat dilakukan.

  • Meskipun donor organ tubuh di Indonesia masih jarang kita dengar namun ternyata dalam hal pendonoran organ ini sudah diatur di dalam Undang-undang kesehatan yang tertuang dalam UU No.23 tahun 1992 tentang kesehatan serta Peraturan Pemerintah no.18 tahun 1981 tentang bedah klinis dan anatomis serta transplantasi atau jaringan tubuh manusia. Yang pada intinya aturan hukum ini menjelaskan bahwa tindakan yang berkaitan dengan donor organ tubuh tidak dilakukan atas dasar komersial dan tertera juga sanksi hukum bagi yang melanggar aturan ini.

  • Advertisement
  • Untuk itulah pendonoran organ tubuh adalah tindakan kemanusiaan atas dasar kerelaan pribadi masing-masing untuk membantu dengan cara yang mulia yang tidak dapat dipaksakan demi kesembuhan dan kebaikan orang lain. Perlu atau tidaknya kita mendonorkan organ tubuh yang dimiliki kembali lagi kepada diri masing-masing apakah tujuannya memang untuk menolong secara kemanusiaan ataukah atas dasar ekonomi yang sudah jelas dilarang dilakukan di Indonesia.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Yang perlu Anda tahu soal donor organ tubuh

Dalam kondisi seperti apakah donor organ tubuh bisa dilakukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr