Hati-hati untuk Anda yang sering mengonsumsi obat sakit kepala

Akibatnya bahkan bisa fatal jika Anda tidak segera membatasi

332 views   |   5 shares
  • Sakit kepala merupakan penyakit populer di dunia. Karena itu tidak mengherankan jika hampir semua orang pernah- bahkan mungkin sering- mengonsumsi obat sakit kepala. Meskipun sakit kepala yang kronis tak akan berakibat fatal, kebanyakan orang tak kuat menahan rasa sakitnya sehingga memilih untuk mengonsumsi obat.

  • Padahal, pengobatan yang tepat semestinya tak hanya bertujuuan menghilangkan rasa sakit, tetapi juga mengatasi penyebabnya, lho. dr. Yutaka Okamoto M.D, seorang spesialis bedah otak dari Jepang yang menulis buku "90 Persen Penyakit Bisa Sembuh", mengatakan bahwa obat sakit kepala dapat merangsang saraf simpatik yang mengkibatkan bertumpuknya stres dan meningkatkan risiko terjadinya kanker.

  • Apabila, ujarnya, obat sakit kepala terus dikonsumsi secara tak terkendali seperti saat ini, jumlah penderita kanker diduga akan terus meningkat, bahkan mungkin akan muncul kanker jenis baru.

  • Menurut dr. Yutaka, ketimbang mengonsumsi obat terus menerus, lebih baik mengatasi sakit kepala dengan pijat refleksi. Di dalam tubuh manusia terdapat sekitar 360 titik syaraf. Dan di antara titik-titik saraf tersebut, terdapat satu titik utama yang disebut sebagai "seratus pertemuan" yaitu titik di tengah kepala. Jika kita menyentuh titik tersebut dan titik disekitarnya, tubuh akan terasa lebih bertenaga.

  • Rangsangan pada titik-titik saraf tersebut pun dapat memperbaiki fungsi sistem saraf otonom sehingga hal ini mulai mendapat banyak sorotan. Sebetulnya, manfaat tersebut timbul karena tubuh menghasilkan hormo endorphin (hormon yang memiliki khasiat sebagai penenang dan penghilang rasa sakit seperti morfin) sehingga fungsi saraf parasimpatik dan jumlah limfosit meningkat. Peningkatan ini merangsang kemampuan penyembuhan diri.

  • Nah titik "seratus pertemuan" inilah yang baiknya ditekan 2-3 kali dengan kuat sehingga terasa sakit, saat mengalami sakit kepala. Tetapi jangan terlalu keras. Bila Anda mengalami rasa nyeri yang sangat kuat saat melakukannya, Anda dapat berendam dengan air hangat.

  • Selain itu, sakit kepala pun dapat diatasi dengan memperbaiki posisi duduk dan melakukan latihan otot. Apa itu latihan otot? dr. Yutaka menjabarkan bahwa orang-orang pada zaman dahulu sering berjalan menempuh jarak yang jauh, sehingga mereka memiliki otot-otot tubuh yang terbentuk secara alamiah dan peredaran darah yang baik.

  • Namun, orang masa kini tak seperti itu. Mereka lebih sering menggunakan kendaraan jika ingin bepergian, sering beraktivitas dalam posisi yang sama dalam waktu lama, dan jarang sekali berolahraga sehingga peredaran darahnya memburuk.

  • Advertisement
  • Volume darah yang beredar di paru-paru kita setiap saat hanya 50-60 mililiter, sementara volume darah yang beredar ke seluruh tempat mencapai 5.000-6.000 mililiter. Meskipun jantung berdenyut dengan cepat, belum tentu darah akan beredar dengan lancar. Karena itu, untuk memastikan kelancaran peredaran darah, jantung dibantu oleh otot-otot betis. Tugas otot betis adalah mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh ke jantung.

  • Karena itu, jika sakit kepala menyerang, Anda bisa juga membantu meningkatkan kerja otot betis dengan mudah. Anda hanya perlu memijat bagian atas tungkai, lalu bergerak ke bawah sampai di sekitar tendon achilles selama 10-20 menit setiap hari. Namun, lebih baik jika memijat betis ini dilakukan setelah berendam air hangat. Terutama jika Anda merasa mudah lelah.

  • Demikian pengobatan sederhana yang dapat dilakukan, untuk mengatasi sakit kepala. Meskipun kemungkinan sakit kepala berkembang menjadi penyakit mematikan hanya sebesar 1 dalam 10.000 kasus, kita tetap patut mewaspadainya. Kuncinya adalah mengetahui jenis sakit kepala yang sering Anda alami. Jika Anda merasakan sakit kepala yang tak tertahankan atau mengalami benturan di kepala sebelumnya, segeralah pergi ke rumah sakit.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Hati-hati untuk Anda yang sering mengonsumsi obat sakit kepala

Akibatnya bahkan bisa fatal jika Anda tidak segera membatasi
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr