5 Cara Mengendalikan TV

Teknologi modern dapat menjadi berkat tapi juga dapat menjadi kutukan. Dalam hal TV, video games, dan komputer, teknologi ini dapat dipakai sebagai alat belajar yang efektif, dapat mengembangkan koordinasi dan ketrampilan memecahkan persoalan.

1,324 views   |   shares
  • 1. Tentukan batasnya

  • Satu sampai dua jam sehari sudah lebih dari cukup bagi anak-anak menonton TV, tidak peduli bagaimana dia berusaha membujuk Anda. Peraturan yang sama berlaku juga bagi video game. Anjurkan kegiatan yang mencakup kreatifitas, bakat dan kebugaran fisik. Tergantung pada cuaca dan keamanan, anjurkan anak-anak bermain di luar selama beberapa waktu tertentu setiap hari. Secara alami anak-anak pintar berkhayal, Anda akan heran akan kemampuan mereka menciptakan permainan menarik dengan hanya memakai sebatang ranting dan segunduk tanah. Hendaknya Anda juga menetapkan peraturan bahwa tidak ada TV atau video game sebelum pekerjaan rumah selesai. Ini juga mengajar anak-anak bertanggung jawab dan mengatur waktunya dengan bijak.

  • 2. Berikan teladan yang baik

  • Perhatikan kebiasaan Anda sendiri dalam menonton TV dan main video game. Berapa jam sehari Anda lewatkan di depan layar? Apakah Anda menonton tayangan yang berisi kekerasan dan sex? Jika anak-anak melihat perilaku ini pada diri Anda mereka akan menirunya. Cobalah mencari cara untuk mengurangi waktu yang Anda lewatkan di depan TV atau komputer. Carilah kegiatan lain yang disukai Anda dan anak-anak yang dapat dilakukan bersama. Berjalan-jalanlah ke taman, adakan permainan atau kerjakan perca-perca puzzle. Ajarkan anak-anak Anda cara lain untuk menghibur diri yang melibatkan interaksi dan mendorong komunikasi serta kebersamaan.

  • 3. Ajarkan anak-anak untuk memilih

  • Berusahalah membuat rencana dan menjadwalkan tayangan-tayangan yang akan ditonton keluarga dalam satu minggu. Setiap anggota keluarga boleh memilih satu atau dua tayangan yang sesuai dengan nilai-nilai keluarga. Anda juga dapat menolong anak-anak memilih video game yang pantas. Sebelum membelinya bahaslah isinya bersama anak-anak. Anda mungkin perlu menyewa atau meminjamnya lebih dulu untuk mengetahui pilihan apa yang ada.

  • 4. Menontonlah bersama

  • Selagi menonton suatu tayangan Anda dapat membahas apa yang sedang terjadi, apa yang dapat dipelajari dan pilihan apa yang dibuat karakter dalam tayangan itu. Selama iklan Anda dapat memberitahu tawaran apa yang bagus dan apa yang hanya merupakan taktik penjualan. Bermain video game dengan anak-anak adalah kesempatan yang baik untuk bersenang-senang, berbicara atau sekedar waktu bersama.

  • 5. Menerangkan

  • Anda tidak dapat membuat anak-anak mengerti keberatan Anda terhadap tayangan TV atau video game jika Anda cuma melarangnya, mengubah saluran pada saat adegan yang kurang pantas, atau marah-marah bila mereka menonton TV atau main video game tanpa ijin Anda. Beritahu mereka kekuatiran Anda bahwa semua kegiatan ini akan mengakibatkan mereka kurang aktif dan kehilangan kesempatan untuk memupuk bakat. Bahaslah bahwa tayangan TV dan video game mungkin berisi masalah dan perilaku yang Anda anggap salah dan dapat melukai orang lain.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "6 ways to control the TV" karya Lynn Scoresby.

Baca, hidupkan, bagikan!

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

5 Cara Mengendalikan TV

Teknologi modern dapat menjadi berkat tapi juga dapat menjadi kutukan. Dalam hal TV, video games, dan komputer, teknologi ini dapat dipakai sebagai alat belajar yang efektif, dapat mengembangkan koordinasi dan ketrampilan memecahkan persoalan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr