Anak Anda sulit berteman? Bagaimana semestinya reaksi Anda?

Dari pergaulan itulah anak kita akan mulai terbangun karakternya yang akan membantunya saat melakukan aktivitas lainnya.

226 views   |   3 shares
  • Manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan jalinan hubungan dengan orang lain di sekitarnya. Melalui pergaulan di dalam lingkungan masyarakatlah karakter serta perilaku dalam hidupnya berkembang. Karenanya setiap individu memerlukan orang lain baik itu sebagai keluarga maupun sebagai sahabat baik bagi seorang anak maupun orang dewasa. Namun, dalam bergaul harus diingat juga manfaat dan pengaruhnya bagi diri masing-masing.

  • Pergaulan sendiri memiliki artian kelanjutan dari sebuah proses interaksi sosial yang terjalin antar individu di dalam lingkungan sosialnya. Dalam lingkungan seorang anak baik itu di rumah maupun di sekolah dia tidak terlepas dari pergaulan dengan teman-teman sebayanya. Dari pergaulan itulah anak kita akan mulai terbangun karakternya yang akan membantunya saat melakukan aktivitas lainnya, jadi banyak sekali manfaat dari pergaulan yang baik dan positif tersebut. Beberapa anak ada yang sangat aktif dan mudah sekali dalam bergaul dengan teman-temannya, namun sering juga kita melihat ada anak yang sulit sekali bergaul atau mendapatkan teman di lingkungannya. Mereka seringkali terlihat hanya cenderung diam, bersikap pasif sehingga sulit mendapatkan teman meski di sekitarnya banyak sekali teman-teman lainnya yang begitu aktif bermain dan bergaul.

  • Bagaimana jika hal tersebut terjadi pada anak Anda? Sebagai orangtua Anda dapat turut berperan untuk membantu anak Anda yang kesulitan bergaul untuk dapat lebih aktif di lingkungannya dengan melakukan beberapa cara di bawah ini:

  • 1. Perbanyak interaksi bersama anak

  • Salah satu penyebab anak yang pendiam bahkan cenderung pasif karena jarang berinteraksi dengan orangtuanya, bahkan mungkin sering tidak diperdulikan. Hal ini dapat membuat jiwa anak menjadi takut dan pasif dalam lingkungan sosialnya. Dengan memperbanyak berinteraksi dengan anak, sekalipun itu hanya pembicaraan ringan terkait dirinya akan membuat anak semakin terbuka dan mudah berinteraksi dengan orang lain.

  • 2. Ikut sertakan anak dalam aktivitas

  • Dengan mengikutsertakan anak dalam aktivitas di sekolah seperti ekstrakurikuler dan lain sebagainya yang ia sangat minati, akan memberikan waktu lebih banyak untuknya berkesempatan untuk membangun hubungan dengan teman-temannya.

  • 3. Berikan semangat

  • Belajar tidak hanya bisa dilakukan anak di rumah saja. Ketika berada di sekolah setiap latihan yang sudah dilakukan bersama Anda di rumah dapat menjadi awal yang baik agar ia dapat berhasil. Namun, yg terpenting adalah Anda sebagai orangtua harus memberinya semangat yang akan membuat anak lebih aktif di sekolah.

  • Advertisement
  • 4. Pergaulan Anda juga dapat membantunya

  • Saat pergi mengantar anak ke sekolah, cobalah untuk tidak meninggalkannya. Anda sebagai orangtua dapat memanfaatkan waktu ini untuk terbuka dan bergaul bersama orangtua lainnya. Seringkali justru hal ini membantu anak Anda yang sulit bergaul untuk mendapatkan teman dari kedekatan Anda dengan orangtua lainnya yang anaknya juga sekelas dengannya.

  • 5. Ajak anak keluar rumah

  • Berikan kesempatan kepada anak Anda untuk bertemu dengan anak-anak lain sebayanya di luar rumah. Pergi bermain ke tempat bermain umum yang ramai akan memberikan efek yang baik bagi kemampuannya bergaul. Dengan begitu kedekatan Anda pun terus terbina bersamanya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Anak Anda sulit berteman? Bagaimana semestinya reaksi Anda?

Dari pergaulan itulah anak kita akan mulai terbangun karakternya yang akan membantunya saat melakukan aktivitas lainnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr