Bangun tidur tubuh selalu terasa lelah. Kenapa ya?

Bangun pagi bukannya segar bugar, malah terasa lelah yang luar biasa. Inikah yang Anda alami?

1,297 views   |   6 shares
  • Sebagai makhluk yang selalu produktif sepanjang usianya, manusia memiliki berbagai aktivitas serta kewajiban yang harus dipenuhi setiap harinya. Meskipun begitu, tidak berarti dalam memenuhi setiap kewajibannya seseorang menjadi tidak memerhatikan waktu untuk tidur dan beristirahat. Tidur merupakan faktor penting bagi tubuh manusia agar kesehatan dan metabolisme tubuh dapat selalu terjaga. Selama seseorang tertidur pulas, sebagian besar kerja organ bagian tubuh bekerja dengan lebih lambat dan teratur sehingga banyak persediaan energi yang tersimpan di dalam tubuh. Selain itu, dengan waktu tidur yang cukup, tubuh manusia mampu memperbarui dan memperbaiki berbagai sel khusus dalam jaringan otak yang bermanfaat menyegarkan kembali pikiran dan tenaga. Oleh karena itu, tidur atau hanya sekedar beristirahat pun sangat disarankan bagi orang yang sedang sakit karena sangat membantu dalam pemulihan kesehatannya.

  • Dalam beberapa kasus sering kita mendengar ada beberapa orang yang mengeluhkan keadaan mereka setelah bangun tidur. Tidak sedikit yang justru merasa sangat lelah bahkan setelah bangun tidur meskipun menurut mereka waktu yang digunakan untuk tidur mereka sudah cukup. Berikut adalah 4 faktor yang dapat menyebabkan rasa lelah setelah bangun tidur, yaitu:

  • 1. Kualitas tidur yang buruk

  • Manfaat tidur akan terasa bagi tubuh jika kualitas tidur itu sendiri dapat tercapai dengan baik. Kualitas yang buruk saat tidur dapat terjadi karena banyak hal, banyaknya gangguan saat tidur seperti suasana tempat tidur, banyak suara bising yang mengganggu, mimpi buruk atau gangguan lain yang dapat mengganggu kualitas tidur.

  • 2. Efek samping obat

  • Pada beberapa jenis obat, ada obat yang memiliki efek samping yang dapat mengganggu seseorang mengalami kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Meskipun ada juga jenis obat-obatan lain yang mampu membantu agar efek samping tersebut tidak mengganggu waktu tidur, hal ini penting untuk dikonsultasikan terlebih dahulu bersama dokter.

  • 3. Kondisi kesehatan

  • Dalam keadaan stres ataupun depresi seseorang sulit untuk mendapatkan istrirahat yang berkualitas, sebaliknya hal ini biasanya justru menguras sebagian besar energi yang berakibat malah rasa lelah yang didapat ketika bangun tidur.

  • 4. Jam tidur tidak teratur

  • Bagi seseorang yang tidur dan terbangun di jam-jam yang tidak teratur setiap harinya, metabolisme dalam tubuh akan menjadi tidak teratur pula. Ada kalanya justru hal ini membuat kualitas tidur menjadi buruk karena jam tidur ideal sering menjadi sulit tercapai.

  • Advertisement
  • Nah, jika Anda adalah salah satu yang sering merasakan hal ini dengan empat alasan di atas tentu sekarang lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya yang pasti Anda akan dapat lebih mudah dan cepat untuk mengatasi penyebab yang membuat waktu istirahat Anda tidak optimal, sehingga tubuh tidak perlu berlama-lama bekerja terlalu berat karena kekurangan tenaga dan semangat. Karena hal tersebut dapat memberikan dampak signifikan bagi kesehatan dan tentu pada pekerjaan dan aktivitas Anda nantinya. Sebab bagaimanapun kesehatan adalah yang utama di samping hal lainnya bukan? Semoga bermanfaat!

Baca, hidupkan, bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Bangun tidur tubuh selalu terasa lelah. Kenapa ya?

Bangun pagi bukannya segar bugar, malah terasa lelah yang luar biasa. Inikah yang Anda alami?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr