Ini dia resep utama untuk sukses di dunia kerja

Dari sinilah profesionalisme Anda diukur oleh rekan kerja bahkan atasan Anda di kantor

270 views   |   1 shares
  • Integritas adalah jawabannya.

  • Unsur yang harus dimiliki seseorang ini merupakan unsur dasar yang berpengaruh kepada unsur penting lain pada setiap individu. Dalam dunia kerja, seorang karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan dan tidak memiliki rasa integritas hanya akan melemahkan seluruh nilai baik yang ada pada perusahaan itu sendiri.

  • Sebab di dalam integritas itulah terdapat nilai-nilai positif yang sangat berguna bagi perusahaan yang menjadi awal dari terbentuknya komitmen untuk tekun, rajin, berani, jujur serta profesional dalam bekerja. Seorang karyawan yang memiliki integritas dan mampu menjaga integritasnya selama bekerja akan dapat secara langsung membuat perusahaan dimana ia bekerja berjalan dengan baik di segala macam situasi. Integritas dalam dunia kerja tentu dibutuhkan oleh setiap elemen dalam perusahaan, baik itu pemimpin maupun bawahan-bawahannya.

  • Pemimpin perusahaan yang memiliki integritas akan memberikan keyakinan bagi karyawan-karyawan nya bahwa atasan mereka akan selalu memberikan perhatian pada setiap kepentingan mereka sebagai satu tim dalam perusahaan. Dan ini akan memberikan dampak besar pada kinerja yang dilakukan oleh para karyawan nya setiap hari.

  • Seorang pemimpin yang hidup dalam integritas yang tinggi akan selalu berada pada pihak yang benar, dan setiap kebijakannya adalah kebijakan yang selalu memilih pada kebenaran dan bertanggung jawab terhadap pilihannya tersebut. Ini adalah merupakan tanda utama seorang pemimpin yang berintegritas, karena integritas selalu berada di tengah-tengah antara perkataan, tindakan dan kepercayaan dan sudah seharusnya seorang pemimpin mengerti akan hal ini.

  • Dalam dunia kerja, apabila sebuah perusahaan tidak menekankan pentingnya integritas dalam bekerja pada setiap karyawannya, atau bahkan jika hal ini hanya dianggap sebagai suatu slogan saja namun tidak diterapkan, akan memberikan banyak dampak merugikan bagi kelangsungan perusahaan tersebut kedepannya, dan tentu saja akan juga menjadi situasi yang tidak akan menguntungkan bagi karyawan itu sendiri.

  • Akibat dari hal tersebut bisa apa saja, bahkan hal yang mungkin dianggap hanya hal kecil pun akan dapat menjadi masalah yang besar dan dapat menganggu operasional perusahaan yang berbuntut kepada profesionalitas perusahaan menjadi menurun. Namun, apabila integritas selalu menjadi penopang dasar utama dalam perusahaan maka secara langsung pula integritas tersebut akan menjadi dasar yang kuat untuk meningkatnya etos kerja pada perusahaan dan akan membawa banyak keuntungan bagi kelangsungan perusahaan dan karyawan-karyawannya.

  • Advertisement
  • Untuk itulah mengapa dikatakan sangat penting setiap individu untuk menjaga integritas dalam bekerja,sebab dengan berintegritas berarti bertanggung jawab atas komitmen yang dimiliki dalam pekerjaan, dapat dipercaya dengan bertindak sesuai pada apa yang dikatakan, konsisten pada pendirian yang benar, serta dapat menguasai diri untuk selalu menjadi individu yang disiplin dalam bekerja. Dengan memiliki integritas tersebut, seseorang menjadi lebih berkualitas, dan secara otomatis juga kehidupannya akan menjadi lebih memiliki nilai yang berarti, karena peluang menuju kesuksesan selalu terbuka bagi mereka yang mampu mempertahankan seluruh unsur yang terkandung dalam integritas itu sampai akhir.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Ini dia resep utama untuk sukses di dunia kerja

Dari sinilah profesionalisme Anda diukur oleh rekan kerja bahkan atasan Anda di kantor
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr