Temukan kebahagiaan dalam keseharian Anda lewat 5 hal ini

Kebahagiaan tidak selalu didapatkan dengan materi yang besar.

503 views   |   8 shares
  • Semua orang pasti ingin bahagia dalam hidupnya. Dalam mencapai kebahagiaan tentu dibutuhkan usaha dan kerja keras bahkan ada kalanya dibutuhkan berbagai pengorbanan. Bahkan kerelaan demi kebahagiaan orang lain pun sering kali dapat membawa kebahagiaan bagi diri sendiri pada akhirnya. Meski segala sesuatu membutuhkan usaha yang tidak selalu mudah, kebahagiaan tidaklah berarti hanya akan didapat oleh karena materi atau kondisi ekonomi yang baik. Untuk menjadi bahagia tidak ditentukan oleh semuanya itu, namun tergantung dari mana kita memandang arti bahagia itu sendiri. Orang yang kurang beruntung dalam finansial atau kekurangan pun berhak untuk bahagia dan hal itu tidak ditentukan dari kondisi ekonomi semata.

  • Menurut David G. Meyers yang merupakan seorang ahli kejiwaan, seseorang yang bahagia selalu menghargai dirinya sendiri, optimis, terbuka dan mampu mengendalikan dirinya sendiri. Oleh karena itulah kebahagiaan pun dapat ditemukan dalam keseharian kita. Semuanya ditentukan oleh bagaimana kita memandang kebahagiaan tersebut dalam hidup ini.

  • Kebahagiaan tidak selalu didapatkan dengan modal yang besar. Untuk bisa mendapatkan kebahagiaan di dalam hidup sehari-hari, seseorang perlu memiliki beberapa hal seperti:

  • 1. Tekun dan bertanggung jawab

  • Hidup ini hendaknya dilalui dengan penuh tanggung jawab, dan kita wajib untuk melakukan setiap hal dengan usaha yang tekun agar kemudian hak kita untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dapat tercapai dan kebahagiaan tentu akan kita rasakan.

  • 2. Jalin persahabatan positif

  • Sahabat yang baik akan selalu menjadi tempat di saat kita susah maupun senang. Memiliki sahabat di saat bagaimanapun kita saat ini akan membuat hidup lebih mudah dan bermakna. Dan orang yang bahagia adalah orang yang memiliki sahabat yang terbaik dalam hidupnya.

  • 3. Mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan baik

  • Seorang yang selalu merasa cukup tidak akan diberatkan dengan kondisi pengeluaran yang lebih besar dari pada pemasukan. Berapa pun pemasukan yang didapatkan jika selalu saja merasa kurang tidak akan membawa kebahagiaan dalam hidup.

  • 4. Taat beribadah

  • Memberikan waktu di sela-sela kesibukan sehari-hari untuk beribadah juga penting untuk dilakukan. Dengan beribadah apa pun keyakinan yang dimiliki akan memberikan kekuatan lain dalam menjalani kehidupan. Nilai-nilai yang ditanamkan pada setiap keyakinan akan membawa dampak baik bagi sikap seseorang dalam menjalani kehidupannya dan dalam membawa kebahagiaan.

  • Advertisement
  • 5. Senang membantu orang lain

  • Membantu orang lain tidak berarti kita merasa sudah lebih hebat dari orang lain, membantu orang lain yang memerlukan bantuan membuat kita lebih bersyukur dengan apa yang sudah kita terima dan miliki dalam hidup dan dengan berbagi apa yang kita miliki juga dapat membawa kebahagiaan tersendiri.

  • Dengan memiliki lima sikap di atas dalam menjalani kehidupan, niscaya kebahagiaan dapat menghampiri kehidupan kita setiap hari. Dan tentu menjadi tidak sulit untuk kita merasakan kebahagiaan jika kita mengusahakan yang terbaik dalam hidup ini. Jadi jika selama ini Anda menilai bahwa hanya dengan materi yang banyak kebahagiaan tersebut dapat diraih, Anda salah. Sikap dan keputusan yang baik yang Anda buat setiap harilah yang ternyata dapat membuat kita menemukan kebahagiaan tersebut dalam keseharian kehidupan sekalipun.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Temukan kebahagiaan dalam keseharian Anda lewat 5 hal ini

Kebahagiaan tidak selalu didapatkan dengan materi yang besar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr