Bolehkah sepenuhnya bergantung pada pasangan?

Mungkin karena terbiasa mengandalkan pasangan dalam berbagai hal, tidak sadar kita sudah sangat bergantung padanya

455 views   |   4 shares
  • Menjalani hidup ini sebagai manusia tidak akan pernah terlepas dari orang lain di sekitar kita. Manusia sebagai makhluk sosial akan selalu berinteraksi dengan manusia lainnya demi mencapai tujuan maupun memperluas wawasan. Sebagai pribadi pun setiap orang pasti akan memiliki pasangan yang sudah ditentukan masing-masing jodohnya dalam mengarungi kehidupannya, mereka akan memiliki belahan hati yang akan menjadi penolong bagi satu sama lain dalam menjalani kehidupan ini, suami akan menolong istrinya, dan istri pun akan menolong suaminya demi masa depan bersama yang bahagia bersama anak-anak mereka. Memiliki pasangan yang dapat diandalkan memang sangat membanggakan, kita dapat melakukan hal lainnya karena merasa ada seorang yang sudah pasti akan melakukan tugas tersebut. Namun meskipun begitu, sikap seperti ini sangat tidak dianjurkan baik bagi seorang pria maupun wanita jika sudah menjurus menjadi selalu bergantung penuh pada pasangan tanpa mau melakukannya sendiri. Karena jika seperti itu, justru sudah tidak dapat lagi dikatakan bergantung, tapi sudah ketergantungan.

  • Bagaimanapun bentuknya, sikap yang bergantung saja sebenarnya sudah merupakan sebuah ciri sikap manja yang tidak baik jika selalu dilakukan apalagi jika sampai ketergantungan. Entah motivasi apa mendorong kita seperti ini, bisa saja sikap manja atau memang kita tidak ingin melakukannya sendiri karena sifat malas kita? Membiasakan diri untuk selalu bergantung penuh pada pasangan justru tidak akan membuat hubungan bersama menjadi lebih baik, selain itu menggantungkan diri pada orang lain malah akan membuat kita kesulitan sendiri jika ternyata hal yang perlu dilakukan tersebut terjadi ketika pasangan sedang tidak ada di sisi kita. Hubungan yang dijalani dengan cara seperti ini akan menjadi hubungan yang tidak seimbang karena pada hakikatnya hidup saling melengkapi yang diharapkan tersebut tidak terpenuhi akibat salah satu dari pasangan tidak mau belajar melakukannya namun selalu mengharapkan pasangannya yang mengerjakan. Dan bukan tidak mungkin di kemudian hari akan menjadi pemicu masalah serius yang dapat merenggangkan hubungan bahkan perceraian.

  • Oleh sebab itulah harus kita pahami juga bahwa tidak semua orang terdekat kita termasuk pasangan akan selalu berada di samping kita sepanjang waktu. Maka sebagai pribadi yang baik tentu kita harus selalu mau belajar dan melengkapi diri dengan berbagai keahlian sehingga tingkat ketergantungan kita terhadap orang lain dan pasangan dapat dikurangi sehingga kita dapat lebih mandiri sekalipun sedang bersama-sama ataupun tidak. Sesuatu yang belum pernah atau tidak bisa kita lakukan dan pasangan dapat melakukannya tidak berarti untuk berikutnya pasangan kitalah yang akan selalu melakukannya, justru di sinilah arti saling melengkapi tersebut dapat terwujud jika kita dari yang tidak bisa atau tidak pernah menjadi pandai dan mampu melakukannya di kemudian hari. Begitulah artian pasangan kita melengkapi kita yang sesungguhnya. Hubungan pun akan semakin erat dan hangat ketika hal ini dapat diterapkan dengan benar meski tidak berarti Anda tidak boleh bermanja-manja terhadap pasangan Anda.

  • Advertisement
  • Tentunya meminta bantuan pasangan kita untuk melakukan sesuatu untuk kita hendaknya dilakukan dalam waktu dan kondisi yang tepat. Tapi, kalau Anda mampu untuk melakukannya sendiri mengapa harus meminta bantuan?

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Bolehkah sepenuhnya bergantung pada pasangan?

Mungkin karena terbiasa mengandalkan pasangan dalam berbagai hal, tidak sadar kita sudah sangat bergantung padanya
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr