Sebuah tulisan untuk Anda penggemar gula

Bijaksanalah dengan gula yang kita konsumsi setiap harinya!

230 views   |   1 shares
  • Menikmati segelas teh manis atau secangkir kopi di sore hari atau di waktu senggang memang sangat nikmat sekali, apalagi ditemani dengan beberapa camilan yang membuat kita semakin menikmati waktu santai di rumah ataupun di tempat kerja.

  • Seakan bersantai dengan segelas teh atau kopi manis terutama di jam istirahat kerja seperti mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah beraktivitas. Tubuh dan pikiran menjadi kembali bersemangat untuk melakukan aktivitas berikutnya. Hal ini sama sekali tidak salah, gula yang terkandung di dalam teh dan kopi biasanya adalah gula yang berasal dari tebu yang memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga utama untuk otak dan jaringan tubuh.

  • Glukosa yang dikonsumsi ini akan kemudian diedarkan melalui peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk ke jaringan otak. Inilah yang menyebabkan pikiran dan tenaga kita seperti terisi kembali setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

  • Meskipun demikian, kebutuhan tubuh akan asupan gula tentu memiliki batas. Sesuatu yang berlebihan pastinya tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik khususnya bagi tubuh kita. Mengonsumsi gula dalam skala normal tidak akan membawa masalah kesehatan serius bagi tubuh, namun jika pola konsumsi terhadap gula tersebut sudah tidak terkendali lagi dampaknya justru akan sangat merugikan bagi kesehatan tubuh seseorang.

  • Efek negatif Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memicu efek negatif baik itu dalam waktu dekat maupun pada masa yang akan datang, hal ini ditentukan oleh seberapa besar kekuatan dan ketahanan tubuh dapat mentolerir kelebihan konsumsi gula itu sendiri. Penyakit yang paling sering kita dengar akibat konsumsi gula berlebih adalah diabetes atau kencing manis. Ini adalah efek jangka panjang yang ditimbulkan karena konsumsi gula berlebihan. Penyakit ini berbahaya, mengingat diabetes dapat menyebabkan timbulnya komplikasi penyakit lain yang akan terus menggerogoti kesehatan tubuh seseorang.

  • Mengonsumsi gula secara berlebih juga mengakibatkan efek negatif terhadap kesehatan dalam waktu yang lebih cepat seperti misalnya, kegemukan, mempercepat proses penuaan pada sel, mengurangi kemampuan mengingat, berjerawat dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, segera batasi asupan gula yang kita konsumsi.

  • Badan WHO telah menerbitkan draft panduan yang dapat digunakan sebagai acuan agar Anda dapat memahami seberapa besar kadar gula yang dapat dikonsumsi oleh tubuh setiap harinya, dengan begitu tentu kesehatan tubuh juga akan lebih terjaga. Panduan tersebut mengatakan bahwa bagi orang dewasa sebaiknya hanya mengonsumsi gula tidak lebih dari 12 sendok teh per hari dan 6 sendok teh adalah jumlah terbaik yang disarankan. Sementara untuk anak batas yang disarankan adalah tidak lebih dari 6 sendok teh per hari. Direktur nustrisi dari WHO, Fransesco Branca mengatakan, saat ini industri makanan dan minuman sudah harus mulai membatasi jumlah gula yang digunakan. Dengan adanya panduan seperti ini diharapkan kita semua menjadi lebih bijaksana dengan asupan gula kita setiap harinya demi kesehatan kita.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Sebuah tulisan untuk Anda penggemar gula

Bijaksanalah dengan gula yang kita konsumsi setiap harinya!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr