Ini dia tipe bisnis yang tepat bagi ibu rumah tangga

Berikut 6 tips yang dapat membantu para ibu rumah tangga yang ingin berbisnis.

922 views   |   5 shares
  • Menjadi seorang ibu rumah tangga dan tinggal di rumah bukan berarti tidak bisa mendapatkan penghasilan sendiri loh. Ibu rumah tangga saat ini dituntut untuk lebih produktif dan aktif. Tidak hanya bergelut dengan urusan rumah tangga, mengurus suami dan anak saja. Seorang ibu rumah tangga juga bisa bekerja dan berkarya tanpa harus meninggalkan kodratnya sebagai ibu rumah tangga. Artinya, berbisnis bisa jalan, pekerjaan rumah tangga, urusan anak-anak tidak terbengkalai dan sedikit-sedikit dapat menambah pendapatan keluarga.

  • Ada banyak jenis usaha atau bisnis yang cocok dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga. Bahkan penghasilan atau omsetnya pun tidak kalah besar dibanding gaji karyawan atau pegawai kantoran lainnya, jika bisnis tersebut benar-benar berjalan baik, tepat sasaran dan berhasil. Jangan memandang sebelah mata dengan bisnis rumahan ibu rumah tangga. Terbukti, banyak ibu rumah tangga yang sukses dan bisa meraih segala mimpi-mimpinya hanya dengan menekuni dan menjalankan bisnisnya di rumah.

  • Sebelum memutuskan bisnis apa yang tepat untuk dijalankan. Ada banyak hal yang perlu ibu ketahui dan persiapkan agar tidak salah dalam membuat keputusan. Karena ada banyak juga, ibu rumah tangga yang modal nekat membangun usaha tanpa perencanaan yang matang pada akhirnya harus gulung tikar karena usahanya tidak berjalan sesuai harapannya. Berikut 6 tips yang dapat membantu para ibu rumah tangga yang saat ini ingin berbisnis:

  • 1. Pastikan suami dan anak-anak mendukung

  • Dukungan dari orang-orang terdekat dalam hal ini suami dan anak-anak Anda adalah yang terpenting. Doa dan dukungan merekalah yang akan mempermudah keberhasilan usaha Anda. Diskusikan dengan suami, setiap ide dan rencana Anda dalam memilih bisnis yang Anda inginkan. Masukan dari suami dan anak-anak tentunya akan sangat membantu pilihan Anda.

  • 2. Keberanian untuk melangkah

  • Selalu ada jalan untuk orang yang mau berusaha. Tekad, niat dan keberanian harus Anda miliki terlebih dahulu sebagai langkah awal Anda melangkah. Tak ada satu pun orang yang akan sampai pada keberhasilan jika hanya tetap diam dan tidak berusaha memulai. Tak perduli rintangan apa yang akan Anda hadapi ketika usaha Anda berjalan yang terpenting kemauan Anda untuk mau memulai dan terus berusaha.

  • 3. Manfaatkan keahlian atau bakat yang Anda miliki

  • Pastikan Anda memilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda. Salurkan bakat atau keahlian yang Anda miliki pada bisnis yang akan Anda jalankan, hal itu akan mempermudah keberhasilan usaha Anda. Misalnya, bakat Anda dalam bidang kuliner, tentunya bisnis yang paling cocok bagi Anda adalah usaha katering. Atau keahlian Anda adalah menjahit, Anda bisa mencoba menerima order jahitan di rumah. Dengan begitu Anda seperti menyalurkan hobi yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

  • Advertisement
  • 4. Siapkan modal sesuai bisnis yang akan dijalankan

  • Masalah modal seringkali menjadi kendala seseorang berpikir kembali untuk membuka usaha. Tidak semua bisnis rumahan memerlukan modal besar kok. Misalnya, usaha membuka tempat les, modalnya hanya tempat dan kemampuan mengajar Anda bukan? Atau menjadi penulis, modalnya laptop, gadget, internet dan tentunya kemampuan menulis. Namun, jika pada akhirnya Anda sudah menetapkan suatu usaha yang memang membutuhkan modal, mau tidak mau Anda harus menyiapkannya sebagai pendukung jalannya bisnis Anda.

  • 5. Apakah tepat sasaran atau tidak?

  • Memilih bisnis yang tepat bagi ibu rumah tangga juga tidak boleh asal-asalan. Harus tahu pangsa pasarnya ke mana, bagaimana cara memasarkannya, sasarannya siapa. Pada dasarnya bisnis akan berjalan baik saat Anda memenuhi kebutuhan konsumen. Pandailah membaca situasi sekitar. Misalnya, daerah tempat tinggal Anda dekat dengan kampus di situ banyak kos-kosan, ladang bisnis yang cocok ialah jualan pulsa, makanan atau usaha laundry. Jangan lupa siapkan lahan usaha yang diperlukan.

  • 6. Manfaatkan kecanggihan teknologi yang ada

  • Banyak juga ibu rumah tangga yang memilih bisnis rumahan berbasis media sosial dan internet. Menjalankan bisnis online di rumah memang tidak terlalu ribet. Anda hanya perlu mengutak-atik gadget dan memasarkan produk-produk dari reseller/dropshipper melalui media sosial yang Anda miliki. Jika Anda mempunyai modal yang cukup banyak, tidak ada salahnya Anda membuka online shop sendiri.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Ini dia tipe bisnis yang tepat bagi ibu rumah tangga

Berikut 6 tips yang dapat membantu para ibu rumah tangga yang ingin berbisnis.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr