5 Mitos tentang Sakit Pinggang

Sekitar 80 persen orang di dunia ini pernah mengalami nyeri pinggang dalam hidupnya. Sakit pinggang adalah salah satu alasan paling lazim mengapa banyak orang pergi ke dokter.

33,675 views   |   11 shares
  • Sekitar 80 persen orang di dunia ini pernah mengalami nyeri pinggang dalam hidupnya. Sakit pinggang adalah salah satu alasan paling lazim mengapa banyak orang pergi ke dokter di Amerika Serikat. Menurut Badan Kesehatan dan Penelitian, sekitar $50 miliar dolar (hanya mencakup biaya untuk perawatan medis dan kompensasi pekerja) telah dihabiskan karena kasus nyeri pinggang.

  • Jika Anda mencari informasi tentang sakit pinggang, akan ada 58 juta halaman tentang informasi sakit pinggang. Hanya karena informasi ini ada di Internet, bukan berarti informasi ini adalah informasi terbaru tentang sakit pinggang.

  • Berikut adalah beberapa mitos tentang sakit pinggang:

  • 1. SAKIT PINGGANG HANYA DAPAT DISEMBUHKAN DENGAN SATU TERAPI KHUSUS

  • Pasien yang tak terhitung jumlahnya telah datang kepada saya mengatakan "Tetangga saya menderita sakit pinggang yang sama dan mendapatkan pengobatan XYZ dan sakitnya telah sembuh ... apakah pengobatan itu juga cocok untuk saya?" Apakah pengobatan itu bisa membantu saya juga? Mungkin, tetapi kenyataannya adalah bahwa tidak ada "obat" standar untuk sakit pinggang. Pengobatan yang cocok untuk tetangga Anda mungkin tidak akan cocok untuk Anda. Setiap orang berbeda dan sumber sakit tidak selalu sama. Di pasaran saat ini, ada banyak jenis spesialis (ahli bedah saraf, ahli ortopedi, ahli terapi fisik, ahli tulang, pijat terapis, dll ...) yang berhubungan dengan tulang belakang, dan mereka seringkali tidak setuju dengan penyebab dan pengobatan sakit pinggang. Saran terbaik yang bisa saya berikan adalah untuk memulai pengobatan yang tradisional dan mencari opini dari dokter-dokter yang ada. Pertimbangkan untuk melakukan pengobatan yang direkomendasikan dokter Anda untuk melihat apakah pengobatan itu cocok untuk Anda atau tidak.

  • 2. SAKIT PINGGANG DISEBABKAN OLEH OTOT PERUT YANG LEMAH

  • Telah banyak pasien saya datang dan mengatakan "Saya pikir nyeri pinggang saya ini dikarenakan otot perut saya yang lemah". Mitos ini tampaknya logis dan masuk akal. Zaman sekarang, banyak orang mencoba memperkuat otot perut mereka karena mereka percaya bahwa itu akan membantu mencegah atau bahkan "mengobati" sakit pinggang mereka. Menurut Stuart McGill PhD di salah satu ahli terkemuka di dunia tentang biomekanik tulang belakang, mengatakan bahwa meningkatkan KETAHANAN otot adalah pencegah sakit pinggang yang lebih baik dari pada meningkatkan KEKUATAN otot. Salah satu masalah utama adalah bahwa otot-otot pinggang yang menstabilkan punggung tidak dikondisikan dengan benar. Otot-otot itu merasa kelelahan sehingga menyebabkan otot keselo ke jalur yang salah sehingga menyebabkan rasa sakit. Jika otot yang salah ini bisa diidentifikasi dan diperbaiki dengan olahraga dan latihan yang dianjurkan, maka rasa sakit akan cenderung membaik.

  • Advertisement
  • 3. SEMAKIN ANDA FLEKSIBEL, SEMAKIN KECIL KEMUNGKINAN ANDA MENGALAMI SAKIT PINGGANG

  • Meskipun seseorang sangat fleksibel dengan pinggangnya, tidak berarti dia memiliki perlindungan untuk pinggangnya. Penelitian sebenarnya menunjukkan kenyataan sebaliknya. Semakin fleksibel seseorang, semakin tinggi kemungkinannya untuk menderita sakit pinggang atau mengalami cedera. Namun, jangan salah mengartikan fleksibilitas dan sangat penting untuk sendi dan otot, terutama sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik. Sementara yoga adalah saran yang baik untuk membantu mempertahankan fleksibilitas tubuh, juga meningkatkan daya tahan otot yang mendukung tulang belakang. Ingatlah untuk memastikan bahwa Anda menggunakan teknik yoga yang tepat.

  • 4. MENGANGKAT BARANG DENGAN MENGGUNAKAN LUTUT ANDA BUKAN DENGAN PUNGGUNG ANDA

  • Berapa banyak dari kita pernah mendengar hal ini? Kenyataanya adalah mengangkat barang dengan menggunakan lutut akan menyebabkan nyeri lutut atau cedera. Saat mengangkat barang, taruh barang itu dekat dengan tubuh dan perut Anda yang tegak, Angkatlah dengan menggunakan pinggul Anda bukan dengan lutut Anda, dan jangan memutar badan saat mengangkat barang.

  • 5. JIKA ANDA TIDAK MENGALAMI KESAKITAN, MAKA ANDA TIDAK AKAN BERHASIL

  • Saya berharap pelatih sepak bola saya waktu di SMA membaca ini, pernyataan ini sangat jauh dari kebenaran. Nyeri adalah cara tubuh Anda untuk memperingati Anda ... jadi DENGARKAN! Seperti halnya mesin mobil, jika ada sesuatu yang tidak beres, lampu mesin mobil akan menyala berkelap-kelip. Begitu pula dengan tubuh kita. Jika Anda melakukan latihan olahraga atau kegiatan yang menyebabkan rasa sakit, tubuh Anda akan mengubah pola gerakan otot Anda dan menghambat gerakan Anda sehingga menyebabkan ketidakseimbangan tubuh. Jika Anda merasa sakit ... Anda harus BERHENTI! Ubahlah cara Anda berolahraga, jika tidak berhasil atau masih sakit, pergilah ke dokter.

  • Kita baru saja menghapus mitos tentang sakit pinggang. Jika Anda menderita sakit pinggang, jangan hilang harapan dan jangan menyerah. Tidak melakukan apa-apa akan memperburuk kondisi Anda, belum lagi ditambah stres dan sakit yang lainnya. Seperti yang Stuart McGill katakan, "Kesehatan pinggang yang optimal tidak datang dari tidak melakukan apa-apa." Menemukan keseimbangan yang tepat antara fleksibilitas, stabilitas, dan kekuatan adalah kunci dari penyembuhan sakit pinggang."

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “5 Myths about Lower Back Pain” karya Dr. Ken Andersen.

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Dr. Ken Andersen is a Chiropractic Physician at Andersen Chiropractic, LLC in Sandy, UT that specializes in the spinal rehabilitation and treatment of the spine. He is also an adjunct member of Salt Lake Community College Biology Department.

5 Mitos tentang Sakit Pinggang

Sekitar 80 persen orang di dunia ini pernah mengalami nyeri pinggang dalam hidupnya. Sakit pinggang adalah salah satu alasan paling lazim mengapa banyak orang pergi ke dokter.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr