6 kesalahan yang seringkali kita lakukan dan ternyata membuat bibir semakin kering

Hati-hati memilih lipstik dan jangan lupa rutin minum air putih agar bibir tetap lembap

1,933 views   |   8 shares
  • Bibir, bagian kecil dari wajah juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wanita selain rambut dan kulit. Tahukah Anda bahwa bibir lebih rentan mengalami kekeringan bila dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain dikarenakan bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga kulitnya sangat tipis. Kulit bibir tidak memiliki pelindung terhadap sinar UV, perubahan temperatur, angin, dan pengaruh AC. Selain itu tidak seperti bagian kulit lainnya, kulit bibir tidak memiliki melanin (pewarna kulit sekaligus pelindung kulit). Bibir kering yang dibiarkan dapat mengakibatkan bibir pecah-pecah. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bibir kering namun terkadang justru membuatnya semakin kering. Berikut 6 kesalahan yang dapat Anda hindari agar tidak membuat bibir Anda semakin kering:

  • 1. Sering menjilat bibir

  • Bibir yang kering tentu membuat kita secara refleks menjilat bibir untuk membasahinya agar tidak kering. Mudah dan praktis. Namun, ternyata cara ini justru membuat bibir semakin kering. Ini disebabkan oleh air liur membuat pelembab alami di bibir terkikis. Selain itu, air liur mengandung enzim yang berperan untuk melarutkan makanan dalam proses pencernaan. Enzim ini akan bekerja ketika menyentuh bibir.

  • 2. Penggunaan lipstik

  • Hindari menggunakan lipstik ketika bibir sedang kering kecuali dalam kondisi sangat terpaksa. Hindari juga menggunakan lipstik matte karena lipstik matte tidak memiliki kandungan pelembab. Tidak hanya lipstik matte, lipstik yang warnanya bertahan lama pun dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah.

  • 3. Kurang minum air

  • Tidak hanya kulit badan yang akan kering bila kekurangan asupan air, kulit bibir juga dapat mengalami kekeringan bila Anda kurang minum air. Oleh karena itu, cukupilah asupan air minum Anda setiap hari.

  • 4. Menggunakan pelembap dengan rasa

  • Bibir memang tidak memiliki pelembap. Namun, menggunakan pelembap dengan rasa membuat kita cenderung menjilat bibir yang mana akan membuat bibir Anda semakin kering.

  • 5. Terlalu sering menggunakan lipbalm

  • Boleh saja menggunakan lipbalm pada bibir namun tidak terlalu sering. Lipbalm sebenarnya tidak bisa menyerap ke dalam kulit dan tidak bisa melembapkan bibir. Sebaiknya perhatikan kandungan yang terdapat pada lipbalm karena apabila mengandung camphor atau menthol justru membuatnya kering. Kamu bisa menggunakan lipbalm yang bertekstur krim atau salep. Kandungan hyaluranic acid atau squalance dapat mengikat air dari atmosfer udara ke kulit. Atau pilih pelembab yang mengandung shea butter, minyak alpukat dan jojoba oil.

  • Advertisement
  • 6. Mengelupas kulit kering dengan tangan

  • Secara alami, setiap sel memiliki kemampuan untuk beregenerasi, termasuk kulit bibir, yang akan mengelupas pada saatnya. Bibir yang terkelupas terkadang membuat seseorang tergoda untuk mengelupasnya. Namun sebaiknya hindari hal ini. Mengelupas kulit bibir yang belum benar-benar mati hanya akan membuat bibir terasa tidak nyaman dan terluka. Biarkan kulit bibir Anda mengganti sel kulit mati dengan sendirinya.

  • Jadikan bibir Anda sehat dan indah dengan mengonsumsi cukup air minum selain membuat kulit bibir sehat, dengan minum air cukup juga membuat badan sehat dan kulit sehat. Gunakan juga pelindung matahari untuk bibir. Pilihlah produk kecantikan bibir yang mengandung SPF untuk melindungi bibir dari paparan matahari, terutama bila Anda sering berada di luar ruangan. Anda juga dapat melakukan scrubbing atau menggosok bibir untuk mengangkat kulit mati terlebih dahulu. Anda dapat melakukan scrubbing seminggu sekali. Lakukan scrubbing dengan menggunakan bahan alami seperti madu, irisan tomat dan mentimun.

  • Bibir yang sehat membuat senyum Anda terlihat semakin menawan.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

6 kesalahan yang seringkali kita lakukan dan ternyata membuat bibir semakin kering

Hati-hati memilih lipstik dan jangan lupa rutin minum air putih agar bibir tetap lembap
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr