Bagaimanakah menemukan sahabat yang baik?

Mengapa mencari sahabat itu tidak mudah?. Karena sahabat adalah mereka yang benar-benar mau rela berkorban untuk Anda, satu prinsip dan menjadikan Anda sebagai teman yang spesial di antara teman-teman yang lain.

631 views   |   10 shares
  • Ada yang bilang mencari musuh itu lebih mudah daripada mencari teman. Emang ada benarnya juga sih. Jadi akan lebih sulit pastinya untuk mencari sahabat bukan? Mengapa mencari sahabat itu tidak mudah? Karena sahabat adalah mereka yang benar-benar rela berkorban untuk Anda, satu prinsip dan menjadikan Anda sebagai teman yang spesial di antara teman-teman yang lainnya.

  • Hubungan persahabatan sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Ketika beranjak dewasa, Anda membutuhkan sahabat. Bahkan hubungan persahabatan tidak kalah spesialnya dengan hubungan percintaan Anda. Ketika Anda memilih pasangan, Anda tentu mencari yang mempunyai "chemistry" dengan Anda. Seperti ada ikatan yang kuat antara Anda dan pasangan pilihan Anda. Begitupun dengan sahabat. Anda akan mencari dari sekian banyaknya teman yang Anda miliki dan menentukan bahwa dialah yang layak Anda jadikan sahabat sejati Anda.

  • Teman Anda boleh jadi banyak, namun sahabat Anda bisa saja cuma satu, dua atau tiga orang saja. Itulah yang membuktikan, bahwa tidak semua teman atau kenalan Anda bisa menjadi sahabat yang baik untuk Anda. Ingatlah selalu bahwa kualitas lebih penting daripada kuantitas. Bukan seberapa banyaknya sahabat yang Anda miliki tetapi seberapa besar pengaruh positif yang Anda dapatkan dari persahabatan tersebut.

  • Lalu di mana dan bagaimana menemukan sahabat yang baik? Anda tentu tidak ingin salah memilih sahabat bukan?

  • "Persahabatan ada karena pertemanan. Pertemanan ada karena perkenalan. Jadi, menemukan sahabat itu bisa di mana saja. Bisa di sekolah, di tempat kursus, atau di lingkungan tempat tinggal kita. Menjadi sahabat itu proses. Dari proses itu, kita akan tahu bahwa dia layak untuk dijadikan sahabat. Nah dari hubungan persahabatan yang kita jalin barulah kita akan tahu apakah dia sahabat yang baik atau tidak. Jika dia membawa pengaruh buruk bagi kehidupan kita artinya dia bukan sahabat yang baik. Pengalaman-pengalaman bersama dia akan membuktikan sahabat seperti apa dia." (Wulan, 25 tahun, Kediri)

  • Bersikap selektif akan lebih tepat ketimbang asal bersahabat dengan siapa saja. Sekarang ini susah untuk mendapatkan sahabat yang baik. Bahkan sahabat yang sudah dianggap saudara pun bisa menusuk Anda dari belakang. Anda harus jeli melihat dan membaca karakter orang yang akan Anda jadikan sahabat. Butuh waktu yang cukup lama untuk benar-benar mengenal seseorang. Bersabarlah sampai Anda benar-benar yakin bahwa dialah orang yang selama ini Anda butuhkan sebagai sahabat sejati Anda.

  • Advertisement
  • "Saya mempunyai 4 orang yang bisa dikatakan merekalah sahabat-sahabat saya sampai saat ini. Awal mulanya kami hanya teman biasa satu kampus. Bahkan 2 di antara kami beda jurusan. Bagi saya sebagai orang perantauan yang baru pindah ke kota baru, tentunya akan sulit untuk menemukan sahabat dalam waktu singkat. Saya harus beradaptasi dengan teman-teman baru dengan bahasa, kebiasaan dan budaya yang berbeda. Namun, seiring berjalannya waktu, saya akhirnya mendapatkan 4 orang sahabat baik yang selalu mendukung, selalu berbagi kebahagiaan, tempat berkeluh kesah, selalu ada jika saya membutuhkan mereka, dapat diandalkan, dan setia dalam suka maupun duka. Dengan mereka, saya tidak merasa hidup sebagai anak perantauan lagi. Bagi saya mereka seperti keluarga kedua saya. Meskipun sekarang kami sudah tidak tinggal dalam satu kota lagi, kami masih menjadi sahabat. Jarak tidak memutuskan persahabatan yang kami bangun bersama." (Taninya, 28 tahun, Malang)

  • Tentang bagaimana dan di mana Anda dapat menemukan sahabat yang baik, itu tentang bagaimana Anda bersikap, membuka hati, berbaur dengan dunia luar, menemui orang-orang baru, berinisiatif membangun hubungan, tidak memilih, saling mengenal, bisa beradaptasi dan tetap berusaha.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Bagaimanakah menemukan sahabat yang baik?

Mengapa mencari sahabat itu tidak mudah?. Karena sahabat adalah mereka yang benar-benar mau rela berkorban untuk Anda, satu prinsip dan menjadikan Anda sebagai teman yang spesial di antara teman-teman yang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr