Rangsang pertumbuhan gigi bayi dengan memberi makanan bertekstur

Apa kaitannya makanan bertekstur dengan pertumbuhan gigi bayi? Benarkah makanan bertekstur dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi? Simak artikel berikut ini.

801 views   |   5 shares
  • Rata-rata gigi susu anak tumbuh pertama kali saat anak berusia kurang lebih 6 bulan. Diawali dengan gigi seri bawah yang rata-rata tumbuh sekitar usia 6-10 bulan, disusul oleh gigi seri atas yang tumbuh sekitar usia 8-12 bulan. Meski demikian, kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Tidak sedikit anak yang baru tumbuh gigi pertama saat usianya mencapai 1 tahun, dan saat gigi tersebut keluar boleh jadi lebih dari satu gigi dalam waktu bersamaan. Hal tersebut adalah variasi normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

  • Meski demikian, memang ada faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan pertumbuhan gigi anak. Proses pembentukan gigi sudah dimulai saat anak masih dalam kandungan ibu, kira-kira saat janin berusia 4 bulan. Kemungkinan gigi susu tumbuh lebih lambat dari yang semestinya lebih besar pada anak yang lahir prematur atau berat badan bayi lahir kurang, karena proses pertumbuhan dan perkembangannya secara umum belum sempurna termasuk juga giginya.

  • Namun jika gigi susu terlambat tumbuh padahal anak lahir cukup bulan, maka tentu ada faktor lain diantaranya pola makan anak. Jika selama ini bayi hanya diberi makanan yang lunak saja maka sebaiknya anak mulai dikenalkan dengan makanan yang bertekstur dan agak kasar. Tentunya cara memasak dan jenis makanan disesuaikan dengan usia bayi. Perlu diketahui, makanan yang lunak kurang memberi rangsangan bagi pertumbuhan gigi dan rahang anak. Justru dengan diberi makanan yang agak sedikit lebih keras, otot-otot pengunyahan, gigi dan tulang rahang akan bekerja lebih keras dan memberi stimulasi bagi pertumbuhan gigi dan tulang. Pertumbuhan gigi juga dapat dirangsang dengan memberi anak mainan yang dapat digigit-gigit. Fungsinya sama, yaitu untuk memberi stimulasi bagi gigi dan tulang. Namun jangan lupa memerhatikan kebersihan mainan tersebut mengingat mainan itu akan masuk ke mulut anak, dan pilih mainan yang aman dan bebas zat beracun.

  • Faktor lainnya bisa karena gusi anak lebih tebal dari normal atau hal lain yang lebih kompleks seperti kekurangan nutrisi atau kelainan genetik meski hal tersebut biasanya bergandengan dengan gejala lainnya. Jika usia anak sudah lebih dari 1 tahun dan giginya belum tumbuh juga, ada baiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA) untuk mencari penyebabnya dan bagaimana mengatasinya.

  • Cara merangsang pertumbuhan gigi bayi:

    1. Memberi teether atau mainan yang berguna untuk menstimulus pertumbuhan gigi bayi. Pastikan teether terbuat dari bahan yang aman dan dijaga kebersihannya. Gunakan teether yang terbuat dari karet. Bersihkan dengan bilas dengan air panas, simpan dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam freezer sampai nanti akan digunakan kembali.

    2. Berikan makanan yang mengandung kalsium.

  • Advertisement
  • Namun, jangan sampai Anda stres dan akhirnya memaksa anak makan makanan bertekstur lebih kasar padahal anak belum siap hanya karena belum tumbuh gigi. Ingat bahwa kecepatan pertumbuhan gigi setiap anak berbeda. Setelah nantinya sudah tumbuh gigi, Anda harus memerhatikan kebersihan gigi dan gusi anak. Karena gigi susu cepat kuning jika tidak dibersihkan dengan baik. Saat gigi anak Anda sedang tumbuh, usahakan membuat dia senyaman mungkin bahkan mungkin Anda harus mundur tekstur karena gusinya sedang bengkak dan sakit sehingga membuat dia susah dan sakit untuk makan. Berikan teether/buah potong dingin untuk meredakan sakit gusinya. Pada beberapa bayi, masa ini akan membuat mereka rewel dan demam. Sedangkan bagi beberapa bayi mereka tidak akan mengalami keluhan. Jauhkan barang-barang kecil dan berbahaya dari jangkauan mereka, karena biasanya pada fase ini, mereka akan menggigit semua bahkan termasuk ketika mereka sedang menyusui.

  • Gigi dan gusi yang sehat saat bayi merupakan bakal gigi dan gusi yang sehat sampai dewasa dan tua nanti.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Rangsang pertumbuhan gigi bayi dengan memberi makanan bertekstur

Apa kaitannya makanan bertekstur dengan pertumbuhan gigi bayi? Benarkah makanan bertekstur dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi? Simak artikel berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr