5 nasihat yang perlu Anda komunikasikan kepada anak remaja Anda yang mulai jatuh cinta

Bantulah anak-anak agar mereka mampu menikmati indahnya masa-masa remaja, sebab apa yang mereka alami pada masa ini akan menentukan karakter mereka kelak.

567 views   |   8 shares
  • Jatuh cinta, selalu berjuta rasanya. Begitupula yang dirasakan oleh para remaja yang baru saja 'sadar' merasakan perasaan cinta kepada orang lain selain orang tua dan saudara-saudaranya. Namun sebagai orangtua mengetahui anak-anak telah beranjak remaja dan mulai jatuh cinta, tentu menyimpan kekhawatiran tersendiri. Berbagai macam nasihat pasti Anda berikan dengan harapan anak-anak tidak terjerumus ke dalam perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan diri mereka sendiri maupun orang lain.

  • Hal yang sama juga dialami oleh kedua orangtua saya. Ketika mereka mengetahui saya telah memasuki masa remaja, mereka kerap mewanti-wanti agar pandai-pandai menjaga diri di manapun saya berada. Bahkan tak jarang orangtua saya kerap bersikap berlebihan untuk memastikan saya tidak terpengaruh oleh hal-hal buruk yang ada di sekitar saya. Ah, mengingat hal tersebut betapa saya ingin memeluk mereka sembari mengucapkan banyak terimakasih karena telah menjadi teladan baik dalam kehidupan saya.

  • Kehidupan para remaja memang penuh dengan risiko, apalagi ketika para remaja mulai menunjukkan rasa tertarik terhadap lawan jenis, hal ini bisa menjadi momok menakutkan bagi setiap orangtua. Hanya saja, menghadapi situasi semacam ini orangtua tidak perlu terlalu cemas. Anda harus memiliki rasa percaya diri bahwa buah hati Anda pasti dapat menempatkan dirinya dengan baik dan mampu memperlakukan lawan jenisnya dengan rasa hormat.

  • Nah, berkaca dari pengalaman saya maka berikut ini 5 nasihat yang sebaiknya Anda berikan kepada para remaja yang mulai jatuh cinta:

  • 1. Hindari seks sebelum menikah

  • Yakinkan putra-putri Anda bahwa meskipun mereka saling mencintai, hubungan seks sebelum menikah tetap tidak boleh dilakukan. Seks merupakan aktivitas sakral yang hanya dapat dilakukan orang yang telah menikah, siap bertanggung jawab membesarkan anak dan keturunannya. Mintalah mereka untuk berjanji untuk menjaga kesucian tubuh mereka dengan segenap jiwa raga hingga kelak waktunya tiba di saat yang tepat, di tempat yang tepat dan dengan orang yang tepat yaitu setelah menikah nanti.

  • 2. Perlakukan rekanmu dengan hormat

  • Banyak para remaja beranggapan bahwa ketika mereka saling mencintai, maka mereka berhak memperlakukan pasangan sesuai dengan apa yang dikehendaki. Hal ini tentu saja tidak benar, saling jatuh cinta di masa remaja merupakan awal untuk memahami karakter masing-masing. Oleh karena itu, ajarkan kepada anak-anak agar selalu menghormati rekan terkasihnya baik melalui tutur kata maupun perbuatan.

  • Advertisement
  • 3. Cinta tidak buta

  • Para remaja harus menyadari ketika hubungan berakhir, maka itu bukan akhir dari segalanya. Orangtua perlu meyakinkan anak-anak bahwa putus cinta merupakan bagian dari pembelajaran agar mereka bisa menjadi orang yang lebih baik. Beri pemahaman kepada anak-anak bahwa masa depan mereka masih panjang, mereka masih memiliki kesempatan untuk bertemu dengan jodoh yang lebih baik lagi.

  • 4. Jangan tertipu oleh penampilan luar

  • Umumnya para remaja menilai segala sesuatu secara objektif. Mereka kerap beranggapan bahwa dalam hubungan percintaan, kecantikan atau ketampanan fisik adalah hal mutlak yang harus dimiliki. Tentu saja hal ini tidak benar dan harus diluruskan. Penampilan luar seseorang tidak bisa dijadikan sebagai acuan bahwa dia telah menemukan sosok yang tepat. Ajarkan kepada anak-anak agar tidak mudah terbuai oleh penampilan fisik semata, sebaliknya mereka harus mampu memahami inner beauty seseorang karena kecantikan hati jauh lebih berharga dan tahan lama ketimbang kesempurnaan fisik.

  • 5. Berkencanlah secara sehat

  • Perumpamaan yang mengatakan "di mana ada pasangan berlawanan jenis berduaan, maka yang ketiga adalah setan" merujuk betapa penuh risiko hubungan percintaan pada masa remaja. Untuk itu, mintalah kepada anak-anak agar selalu menerapkan kencan sehat supaya hal-hal buruk dapat dihindari.

  • Jatuh cinta pada masa remaja merupakan saat-saat genting yang harus diwaspadai oleh para orangtua. Namun tidak perlu berlebihan dengan melarang mereka jatuh cinta karena pada periode ini jatuh cinta merupakan awal bagi mereka untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada orang lain dengan lebih mendalam. Bantulah anak-anak agar mereka mampu menikmati indahnya masa-masa remaja, sebab apa yang mereka alami pada masa ini akan menentukan karakter mereka kelak.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

5 nasihat yang perlu Anda komunikasikan kepada anak remaja Anda yang mulai jatuh cinta

Bantulah anak-anak agar mereka mampu menikmati indahnya masa-masa remaja, sebab apa yang mereka alami pada masa ini akan menentukan karakter mereka kelak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr