8 jurus andalan menjadi ibu yang tertata baik dalam segala hal

Sibuk mengurus anak dengan segala tantangannya, tapi segalanya selalu teratur dengan baik. Salut!

1,626 views   |   8 shares
  • Petualangan menjadi seorang mama ibarat mentransformasi Anda menjadi gurita bertangan 8 dengan kemampuan menghentikan waktu. 24 jam waktu yang tersedia menuntut untuk dimanfaatkan demi janji, jadwal, dan to-do-list yang terpenuhi dengan baik. Namun, tidak semua mama adalah ahli multi-tasking dengan fokus yang konsisten sepanjang hari. Banyak di antara kami yang akhirnya berteriak karena kelelahan, sementara entah mengapa hanya sedikit tujuan yang tercapai hari ini.

  • Hari-hari produktif akan datang saat Anda berhasil menaklukkan rutinitas melalui penataan hidup yang rapi dari berbagai aspek. Lengkapi skill Supermama Anda dengan 8 jurus menata rapi tugas-tugas Anda sebagai sebagai ratu rumah tangga:

  • 1. Ketahui semua tugas Anda

  • Pertama kali yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar panjang tentang seluruh kegiatan yang menunggu untuk dikerjakan. Lengkapi dengan tenggat waktu atau durasi pengerjaan dan apa saja yang Anda perlukan untuk menyelesaikannya. Untuk memudahkan Anda, kelompokkan menjadi tugas rutin rumah tangga, kegiatan sosial, pendidikan anak, kesehatan, rekreasi keluarga, dan selipkan juga me-time untuk diri Anda. Tuliskan secara rinci satu persatu seluruh kegiatan sehingga Anda memperkecil kemungkinan terlupakannya janji penting karena tertumpuk kegiatan lainnya.

  • 2. Buat skala prioritas pengerjaan

  • Seluruh tugas telah Anda ketahui, kini saatnya memilih mana yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Skala prioritas adalah cara terbaik untuk menyaring kegiatan-kegiatan sehingga cukup diletakkan dalam rentang waktu dan kapasitas energi yang Anda miliki. Anda dapat membuat kelompok tugas menjadi dua macam, dari tingkat kesulitan pengerjaan dan urgensi penyelesaian. Dari pengelompokkan ini pula, Anda dapat mengambil beberapa pekerjaan serupa yang bisa dikerjakan secara paralel. Di sinilah cikal bakal multi-tasking bermula.

  • 3. Jadwal keluarga yang komprehensif

  • Anda bertanggung jawab terhadap seluruh anggota keluarga. Oleh sebab itu, menuliskan jadwal komprehensif yang melibatkan pasangan dan anak-anak sangat diperlukan. Awali dengan membuat kalender keluarga yang dapat Anda cetak per bulan. Kemudian, turunkan menjadi jadwal mingguan yang memisahkan setiap anggota keluarga. Anda dapat melihat dengan mudah, kegiatan-kegiatan yang saling bersinggungan, sehingga dapat melakukan pengaturan secara tepat. Hias kalender dan jadwal keluarga dengan warna-warni dan ornamen yang memikat, seperti spidol, krayon warna-warni, dan stiker lucu. Perlu diingat, jadwal ini berlaku untuk hari-hari normal dan bersiaplah selalu untuk bersikap fleksibel. Jadwal membantu keteraturan, namun bukan menjadi sumber stres Anda karena tuntutan untuk wajib ditepati secara kaku.

  • Advertisement
  • 4. Rapikan rumah Anda

  • Sebagai tempat Anda bernaung, suasana rumah ternyata sangat berpengaruh terhadap keseharian Anda. Rumah yang berantakan tentu akan membuat hidup Anda juga sama menggelisahkan. Mengacu dari prinsip dasar KonMari, sebuah metode penataan asal Jepang yang inspiratif, peliharalah hal-hal baik dan bermanfaat dalam rumah Anda. Singkirkan barang-barang yang tak lagi dibutuhkan dengan rutin melakukan pembenahan (decluttering) 3-4 bulan sekali. Anda tak selalu harus membuang, pilihan sumbangkan atau menjualnya juga akan memberi manfaat bagi Anda dan orang lain. Tata rumah seefisien mungkin dengan memanfaatkan kotak-kotak penyimpanan berlabel untuk berbagai sudut rumah, mulai dari dapur hingga mainan anak-anak. Si Kecil pun dapat belajar langsung mengenai keteraturan dengan lebih mudah melalui metode ini.

  • 5. Berdayakan sekeliling Anda

  • Satu hal yang perlu Anda selalu ingat, Anda tidak harus melalui hari-hari penuh tugas ini sendirian. Delegasikan beberapa tugas kepada pihak lain untuk menghemat waktu dan tenaga Anda, seperti penatu, jasa pembersihan rumah, katering keluarga, atau daycare. Gunakan teknologi yang membuat Anda dapat memperpanjang sedikit napas, seperti mesin cuci otomatis, slow cooker, dan perangkat memasak multi fungsi. Ajak dan perkenalkan anak-anak Anda untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, bahkan sejak usianya masih batita. Secara bersamaan, Anda sedang membekalinya dengan life skills yang sangat bermanfaat bagi perkembangan jiwa dan kemandiriannya kelak.

  • 6. Maksimalkan teknologi informasi

  • Berbagai aplikasi pada ponseltelah tersedia untuk membantu Anda merencanakan, merekam, dan mengevaluasi pekerjaan Anda sebagai seorang supermama. Simpanlah selalu dokumen-dokumen, baik dalam bentuk cetak ataupun soft copy dalam penyimpanan yang tersusun rapi. Sediakan tempat untuk menyimpan dokumen-dokumen cetak yang terkelompokkan, mulai dari dokumen-dokumen legal keluarga, hasil tes anak-anak, hingga pelaporan keuangan keluarga. Simpan file-file pada penyimpanan di dunia maya, Anda dapat menggunakan beberapa akun berbeda sesuai kategorinya. Rajinlah browsing untuk menemukan tips dan trik berhemat di berbagai aspek rumah tangga. Info diskon belanja, potongan harga untuk rekreasi keluarga, gaya hidup frugal, atau berkreasi dengan sumber daya terbatas dan barang-barang tak terpakai di rumah, adalah di antaranya.

  • Advertisement
  • 7. Ciptakan rutinitas yang mudah ditelusuri

  • Keteraturan tidak tercipta dalam secara instan. Anda perlu membangunnya perlahan, tetapi pasti. Mulailah dengan menciptakan hal-hal yang berlangsung dengan pasti, pada tempat dan waktu yang selalu sama. Lakukan hal-hal tepat pada waktunya. Simpanlah barang-barang yang sering digunakan pada tempat yang mudah ditemukan. Saat terjadi sesuatu di luar kebiasaan, Anda dapat cepat menemukan celah di mana seharusnya perbaikan dilakukan karena standar telah ditetapkan dengan sendirinya. Biasakan untuk selalu bersiap untuk hari baru sejak malam sebelumnya, seperti menyiapkan tas sekolah, pakaian yang siap dikenakan, hingga meletakkan kunci mobil di dekat pintu keluar. Pagi yang produktif selalu dimulai dari malam yang tersiapkan dengan baik.

  • 8. Seimbangkan dengan rekreasi

  • Tak selamanya Anda harus selalu bermandi peluh dan menarik urat. Meregangkan otot-otot dan bergembira perlu Anda lakukan untuk menyeimbangkan tekanan dalam hari-hari Anda. Ajak anak-anak untuk bermain di luar, meskipun hanya 30-60 menit sehari. Luangkan waktu 1 jam sehari untuk hobi Anda. Sisihkan waktu untuk berkencan romantis dengan pasangan. Di luar dugaan, kegiatan-kegiatan menyenangkan ini justru meningkatkan produktivitas Anda ketika dilakukan secara tepat. A happy mama makes a happy family, right?

  • Supermama tak hanya perkasa dengan jurus-jurus andalan yang membuat hidup keluarga tertata rapi. Dukungan penuh dari semua anggota keluarga akan menjadikan seluruh usaha kerasnya membahagiakan keluarga tak sia-sia.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

8 jurus andalan menjadi ibu yang tertata baik dalam segala hal

Sibuk mengurus anak dengan segala tantangannya, tapi segalanya selalu teratur dengan baik. Salut!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr