10 hal yang semestinya dimiliki seorang pemimpin perusahaan

Pemimpin yang ideal akan mampu membawa misi kelompoknya pada tujuan yang pasti dan pemimpin yang baik akan sepenuh hati mengemban semua tanggung jawabnya demi kepentingan bersama dan kemajuan perusahaannya.

289 views   |   6 shares
  • Untuk bisa menjadi pemimpin pada suatu perusahaan, seseorang tentunya harus memiliki kualifikasi dan kualitas yang lebih dari yang lainnya. Pemimpin bukan jabatan yang biasa-biasa saja. Pemimpin memegang jabatan tertinggi pada suatu perusahaan. Dia adalah kepala yang mengorganisir anggota-anggota yang berada dalam lingkupnya. Perusahaan membutuhkan pemimpin yang tepat untuk memimpin. Karena jabatan pemimpin sangat penting dan berpengaruh, itu sebabnya perusahaan harus memiliki seorang pemimpin yang ideal, baik dan tepat.

    Pemimpin yang tepat akan memengaruhi keberhasilan perusahaan tersebut. Pemimpin yang ideal akan mampu membawa misi kelompoknya pada tujuan yang pasti dan pemimpin yang baik akan sepenuh hati mengemban semua tanggung jawabnya demi kepentingan bersama dan kemajuan perusahaannya. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dan wajib dimiliki seorang pemimpin perusahaan.

  • 1. Jujur

    Kejujuran di atas segalanya. Pemimpin yang jujur akan mendapatkan kepercayaan yang penuh dari anggota dan kelompoknya. Pemimpin harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah diucapkan atau apa yang telah dijanjikan dan dapat merealisasikannya.

  • 2. Komunikatif

    Seorang pemimpin harus tahu cara berkomunikasi yang baik, dapat menyampaikan ide, pendapat, wacana atau hal lainnya yang berhubungan dengan perusahaan secara komunikatif dan jelas. Ketidakmampuan dalam berkomunikasi dapat membuat karyawan atau rekan kerja lainnya mengalami kesulitan untuk menerima penjelasan atau argumen si pemimpin. Itulah sebabnya keterampilan komunikasi sangat penting untuk bisa menjalin hubungan dengan orang lain.

  • 3. Cerdas

    Kecerdasan adalah hal mutlak yang harus dimiliki seorang pemimpin. Bukan hanya cerdas dalam hal akademik saja, namun cerdas dalam bersikap dan cerdas dalam membawa diri berpikir lebih unggul untuk keberhasilan perusahaan.

  • 4. Bertanggung jawab

    Sifat bertanggung jawab harus dimiliki seorang pemimpin. Pemimpin harus bisa menerima segala tugas, beban dan mampu menghadapi setiap risiko yang terjadi dengan kesadaran penuh. Tanggung jawab perusahaan adalah tanggung jawab pemimpin dan seluruh karyawan. Terlebih lagi jika perusahaan sedang mengalami masalah atau kemunduran, situasi tersebut tidak lantas membuat pemimpin lepas tanggung jawab.

  • 5. Berinisiatif dan kreatif

    Pemimpin yang ideal harus berani berinisiatif pada suatu kondisi tertentu. Inisiatif yang dimulai dari diri pemimpin akan mampu menggerakkan anggota lainnya untuk bertindak. Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, melahirkan ide-ide baru, mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada.

  • 6. Rendah hati

    Berada di atas bukan berarti harus memandang rendah yang di bawah. Pemimpin yang rendah hati akan dicintai dan dihormati oleh karyawannya. Meskipun memiliki posisi tertinggi, pemimpin harus bisa menghargai bawahannya sebagai satu tim dan dapat bekerja sama dengan baik.

  • 7. Tegas namun tidak kaku

    Tegas dan berwibawa itulah ciri-ciri seorang pemimpin. Namun, tidak berarti pemimpin harus ditakuti dengan pembawaan tersebut. Pemimpin yang baik, harus bisa mengkondisikan dirinya, kapan harus bersikap tegas, serius dan kapan harus berbaur dan menjadi humoris.

  • 8. Percaya diri

    Apa jadinya perusahaan tersebut, jika pemimpinnya tidak memiliki rasa percaya diri? Seorang pemimpin harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi namun tidak berlebihan. Kepercayaan diri membuktikan bahwa seseorang mampu dipercaya.

  • 9. Pekerja keras

    Siapa yang bilang pemimpin itu enak, kerjanya santai, tinggal perintah sana-sini, hanya duduk dan seolah-olah tidak ada pekerjaan yang menumpuk? Tidak ada pemimpin yang lahir dari kemalasan. Pemimpin memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam perusahaan, itu sebabnya ia harus menjadi sosok yang pekerja keras, rela berkorban dan tentunya harus memiliki semangat yang lebih besar.

  • 10. Mempunyai tekad dan motivasi

    Seorang pemimpin harus jelas motivasi, visi dan misinya terhadap perusahaan yang dijalankannya. Ia harus memiliki tekad yang kuat dan motivasi yang positif agar dapat memotivasi bawahannya dengan keyakinan yang kuat dan tentunya positif.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

10 hal yang semestinya dimiliki seorang pemimpin perusahaan

Pemimpin yang ideal akan mampu membawa misi kelompoknya pada tujuan yang pasti dan pemimpin yang baik akan sepenuh hati mengemban semua tanggung jawabnya demi kepentingan bersama dan kemajuan perusahaannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr