Tips agar dapat rutin berolahraga meski sibuk bekerja

Tidak ada lagi alasan sibuk hingga sulit meluangkan waktu berolahraga. Baca kiat di bawah ini ya!

219 views   |   1 shares
  • Terlalu sibuk bekerja sering kali membuat kita lupa berolahraga. Padahal olah tubuh ini sangat penting bagi kesehatan kita. Sadar atau tidak, tubuh ketika pasti pernah mengalami efek akibat jarang berolahraga. Misalnya rasa pegal-pegal, mudah lelah atau tidak fit.

  • Olahraga memiliki manfaat seperti melancarkan peredaran darah, meregangkan otot, membuat pikiran tidak mudah stres, menghindarkan tubuh dari penyakit serta membuatnya menjadi lebih fit. Karenanya rutin berolahraga adalah satu hal yang wajib Anda lakukan. Seringkali kesibukan membuat kita merasa sulit meluangkan waktu untuk berolahraga. Yuk intip tips di bawah ini, yang dapat membuat Anda tetap fit walau dalam kesibukan pekerjaan.

  • 1. Sering berjalan kaki

  • Tentu sulit membayangkan harus berlari-lari di tengah kesibukan pekerjaan, hanya untuk dapat berolahraga. Cukup dengan berjalan kaki juga dapat dihitung sebagai olahraga, asalkan dilakukan dengan tepat. Upayakan untuk berjalan 10.000 langkah per hari. Sejumlah studi menunjukkan manfaat dari berjalan 10.000 langkah per hari untuk kesehatan, salah satunya menyebutkan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Studi lainnya menunjukkan bahwa wanita dengan kelebihan berat badan yang berjalan 10.000 langkah per hari, kadar glukosa dalam darahnya menjadi lebih baik.

  • 2. Naik turun tangga

  • Banyak orang yang malas ketika mendengar kata 'tangga' di kantor. Membayangkan naik turun tangga tentu akan terasa melelahkan, sehingga pilihan menggunakan lift selalu jadi pilihan utama. Di gedung-gedung besar, tangga digunakan untuk keadaan darurat saja. Padahal, kita dapat memanfaatkan tangga sebagai sarana berolahraga juga. Mulailah untuk lebih sering menggunakannya, karena naik turun tangga dipercaya bermanfaat baik bagi kesehatan fisik dan jantung kita. Jika bekerja di lantai yang tinggi, paling tidak mulailah berhenti 4 lantai sebelum lantai kantor Anda dan lanjutkan dengan menggunakan tangga. Coba praktikkan dan rasakan manfaatnya!

  • 3. Mengangkat kaki bergantian

  • Saat berada dalam posisi duduk, Anda juga dapat berolahraga bahkan saat sedang melakukan pekerjaan. Lakukan olahraga sederhana dengan mengangkat kaki secara bergantian sebanyak 10 kali dalam 5 set. Jika dilakukan dengan benar, perut akan terasa hangat dan detak jantung jadi meningkat. Memang terdengar sederhana, namun olahraga ini dapat mengatasi masalah perut buncit dan membakar lemak pada bagian paha dan pinggul.

  • Advertisement
  • 4. Meregangkan otot bahu dan leher

  • Berada dalam posisi duduk yang terlalu lama dan sama, ternyata dapat membuat peredaran darah kita menjadi tidak lancar. Kita perlu melakukan peregangan otot bahu dan leher setiap beberapa jam, untuk melepas stres dan melancarkan peredaran darah. Caranya, putar bahu Anda sebanyak 5 kali dengan 4 set secara bergantian. Kita juga dapat menarik kedua tangan ke depan, ke atas, ke kiri dan kanan sebanyak 8 hitungan. Yang terakhir, kita dapat meregangkan otot leher dengan memutarnya ke kanan dan kiri sebanyak 8 hitungan.

  • Tubuh yang sehat merupakan investasi bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, sebaiknya jalani kehidupan ini dengan memiliki pola makan sehat dan tentunya diimbangi olahraga secara rutin. Tidak ada lagi alasan untuk tidak sempat berolahraga, cukup praktikkan tips di atas dan rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda.

Bantu kami menyebarkan

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Tips agar dapat rutin berolahraga meski sibuk bekerja

Tidak ada lagi alasan sibuk hingga sulit meluangkan waktu berolahraga. Baca kiat di bawah ini ya!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr