7 Hal Sederhana yang Membuat Anda Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik

Kemudi sebuah kapal menentukan arah dari kapal tersebut. Hal ini mungkin sederhana namun sedikit saja ada perubahan arah akan mengubah tujuan dari kapal tersebut. Berikut ini adalah beberapa petunjuk sedehana yang dapat membantu Anda.

6,486 views   |   4 shares
  • Kemudi sebuah kapal menentukan arah dari kapal tersebut. Hal ini mungkin sederhana namun sedikit saja ada perubahan arah akan mengubah tujuan dari kapal tersebut. Berikut ini adalah beberapa petunjuk sederhana yang dapat membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik, namun juga akan membuat perubahan di dunia.

  • Sebagai seorang terapis, saya sering bertemu dengan keluarga yang sedang dalam situasi krisis. Mereka datang ke terapi untuk suatu jeda waktu, awal yang baru dan sebagai tempat untuk belajar bagaimana mengatasi masalah dengan baik. Mereka kebanyakan merasa kelelahan, stres, merasa bersalah, dan merasa mereka telah benar-benar gagal menjadi orang tua dari anak-anak yang sulit untuk diatur. Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu upaya-upaya tersebut dapat gagal dengan cepat.

  • Kemudi sebuah kapal menentukan arah dari kapal tersebut. Hal ini mungkin sederhana, namun sedikit saja ada perubahan arah maka selamanya akan mengubah tujuan dari kapal itu. Ini adalah hal yang sederhana yang juga dapat memberi perubahan besar dalam menjadi orang tua.

  • Mendengarkan

  • Benar-benar mendengarkan – Jangan hanya mendengarkan kata-kata saja. Berhati-hatilah bahwa komputer dan televisi tidak dapat mengasuh anak-anak Anda dan menjadi pengisi waktu mereka. Sementara memungkinkan bagi Anda untuk mengijinkan anak-anak memiliki ponsel dan mengendarai kendaraan hal tersebut memberikan mereka otoritas tertentu, pastikan hal tersebut tidak akan mengambil waktu Anda untuk berbagi dengan anak-anak Anda.

  • Berbagi waktu bersama

  • Tidak ada jumlah uang, hadiah, atau kebebasan yang dapat menggantikan waktu yang Anda bagikan bersama anak-anak Anda. Anda mungkin memiliki beberapa penyesalan dalam hal-hal tertentu ketika menjadi orang tua, namun berbagi waktu dengan baik bersama anak-anak Anda janganlah menjadi salah satu dari penyesalan Anda tersebut.

  • Berikan konsekuensi yang terbaik

  • Apakah Anda menemukan diri Anda menyita ponsel milik anak Anda ketika dia melakukan segala hal yang salah? Hal seperti ini bukanlah konsekuensi yang wajar. Pastikan hukuman yang Anda berikan sesuai dengan pelanggaran yang mereka lakukan. Dengan cara ini, anak-anak dapat memiliki gambaran jalur seharusnya yang sesuai atas pilihan salah yang telah mereka lakukan yang akan mengakibatkan konsekuensi yang sewajarnya. Sebagai contoh jika putri Anda adalah orang yang tidak bisa rapi di dapur, buatlah dia untuk membersihkan dapur. Jika dia pulang terlambat, buatlah dia pulang lebih awal untuk waktu berikutnya.

  • Advertisement
  • Menjadi orang tua

  • Saya sering berbicara dengan orang tua yang memutuskan untuk menjadi teman bagi anak-anak mereka daripada untuk menegakkan aturan di dalam rumah mereka. Sama halnya seperti batas kecepatan kendaraan dan garis kuning yang membuat orang aman saat mereka mengemudi. Menetapkan batasan-batasan di rumah Anda membantu Anda untuk menjaga anak-anak Anda tetap aman dan bahagia. Anak-anak, terutama remaja, ingin tahu apabila mereka memilki batasan-batasan tertentu. Mereka perlu tahu bahwa mereka aman dan terlindungi dan mengetahui bahwa ada seseorang yang mengawasi mereka. Ketika mereka mengetahui batasan-batasan di rumah Anda, anak-anak akan menguji batasan tersebut sampai pada batas yang mereka ingin coba. Namun, ini memberikan Anda peluang untuk membicarakan mengenai mengapa Anda memiliki aturan-aturan yang Anda lakukan dan untuk membangun komunikasi dengan anak-anak Anda.

  • Menjadi contoh teladan

  • Jika Anda menginginkan anak Anda untuk menggunakan imajinasi mereka, membuat sesuatu, belajar, mencari tahu, mengenal musik, memakan makanan yang sehat, mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat, dan menerima hal-hal positif dan mengenai pendidikan, Anda perlu memberi contoh kepada mereka.

  • Melakukan kegiatan yang Anda sukai

  • Berbagi kegemaran Anda dengan anak-anak Anda. Biarkan mereka melihat Anda hidup di dalam impian Anda. Ajak mereka untuk memutuskan hubungan dengan ipod, ponsel, komputer, dan televisi, dan buatlah mereka tertarik pada lukisan tangan, membangun mainan bangunan, permainan lego, puzzle (permainan gambar acak), mewarnai buku gambar, menulis cerita bersama, dan lain sebagainya.

  • Jadilah spontan

  • Ingatlah ketika seseorang menuliskan catatan kepada Anda atau memberikan Anda hadiah yang tidak pernah Anda harapkan sebelumnya tanpa ada alasan yang jelas. Apakah Anda ingat bagaimana perasaan Anda terhadap hal seperti itu? Jadilah orang tua yang mengantarkan balon dan permen untuk anak-anak Anda di sekolah mereka – tanpa ada alasan yang jelas untuk apa. Ajaklah anak Anda untuk kencan makan malam berdua atau untuk membeli es krim – Hanya karena Anda ingin berbagi waktu dengannya. Ada sesuatu yang ajaib dengan menciptakan momen dan kenangan-kenangan seperti ini dengan anak Anda.

  • Upaya yang Anda lakukan untuk membuat anak-anak Anda menjadi prioritas utama dalam kehidupan Anda akan menjadi investasi yang paling cerdas yang Anda buat.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "7 small things that make bigger parents" karya Kylee Shields.

  • Advertisement
Bagikan hasil Anda kepada teman..

Kylee Shields is a Family Therapist at ANASAZI, Co-Founder and Music Director of INSPIRE, and an Author. Kyleeshields@gmail.com www.kyleeshields.com www.kyleeshields.blogspot. com

7 Hal Sederhana yang Membuat Anda Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik

Kemudi sebuah kapal menentukan arah dari kapal tersebut. Hal ini mungkin sederhana namun sedikit saja ada perubahan arah akan mengubah tujuan dari kapal tersebut. Berikut ini adalah beberapa petunjuk sedehana yang dapat membantu Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr