Si kecil tidur sendiri atau tetap bersama Anda? Apa plus minusnya?

Mengajarkan mandiri pada anak bisa dimulai dengan pola tidurnya. Bagaimana caranya?

619 views   |   2 shares
  • Memiliki buah hati hasil pernikahan menjadi sebuah anugerah yang tak ternilai bagi pasangan suami istri dimanapun di dunia ini. Segala upaya dan kasih sayang akan dicurahkan bagi mereka tanpa luput sedetikpun. Ingin terus menerus berada di dekat anak yang disayangi rasanya memberikan penghiburan ekstra di tengah penatnya menjalani kehidupan sehari-hari. Perasaan tersebut adalah keinginan yang wajar, orang tua mana yang tidak ingin menyayangi buah hatinya sepenuh hati, bahkan segalanya pun akan diberikan untuk anak kesayangan.

  • Sejak lahir seorang anak memang akan selalu berada dalam pelukan orang tuanya, bahkan ketika tertidur pun bayi hanya akan merasa nyaman ketika tertidur dalam dekapan ibu atau ayahnya. Bayi yang masih berusia muda masih membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra dari kedua orang tuanya, untuk itulah penting untuk tidak berada terlalu jauh dari pengawasan orang tua saat mereka tidur atau pun terjaga. Namun bayi tidur berada dekat dengan orang tua pun juga membutuhkan aturan tersendiri yang harus diketahui oleh orang tua, karena terlalu berisiko jika sang bayi tertindih oleh tubuh orang tua saat tertidur. Oleh karena itu perlu diketahui batas-batasan usia bayi yang diperbolehkan untuk tidur seranjang dengan orang tua.

  • Lalu apakah bayi yang sudah terbiasa tidur bersama orang tuanya ketika ia sudah bertumbuh besar masih diperbolehkan untuk meneruskan kebiasaan tersebut? Beberapa orang tua memang masih banyak yang melakukan hal tersebut, tidur bersama dengan buah hati memang bukanlah masalah yang harus ditakutkan. Justru beberapa psikolog anak berpendapat bahwa ada keuntungan yang dapat diperoleh bagi buah hati. Tidur bersama orang tua memberikan rasa aman dan nyaman pada anak, dan dapat memberikan kedekatan lebih bagi jiwa sang anak sehingga menjadi lebih tenang dan percaya diri.

  • Namun di balik semua efek positif tersebut tidak berarti tidak ada kerugian yang di kemudian hari akan dirasakan oleh sang anak. Anak yang selalu tidur dengan orang tuanya hingga berusia di atas usia 3 tahun akan mengalami kesulitan membangun kepercayaan diri dalam pergaulannya di kemudian hari. Terbukti bahwa anak yang sudah terbiasa tidur sendiri sejak usia lebih muda lebih sanggup memposisikan diri sebagai pribadi yang penuh kepercayaan diri dan lebih mandiri dalam karakternya. Orang tua tentu sangat menginginkan anaknya tidak terlepas dari perhatian dan kasih sayang mereka, namun jika harus memerhatikan sisi pendidikan karakter yang didapat oleh anak tentu tidak ada orang tua di manapun yang ingin anaknya kesulitan membangun karakternya di kemudian hari.

  • Advertisement
  • Pada situasi ini sangat diperlukan kecermatan dan kebijaksanaan orang tua agar tumbuh kembang anak tidak terhambat namun tetap berada dalam posisi sebagai anak yang selalu mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Tidur sendiri atau pun tidur terpisah memiliki keuntungan dan kerugian yang akan didapat oleh sang anak sendiri, kuncinya adalah kepekaan orang tua yang jelas paling memahami apa yang dibutuhkan oleh anak mereka di dalam perkembangannya menuju kedewasaan kelak. Keuntungan dan kerugian yang ada tentu tidak bertujuan menyulitkan orang tua untuk menentukan keputusan, tetapi lebih bermaksud agar orang tua menjadi lebih bijaksana dalam menentukan yang terbaik bagi anak-anak sesuai dengan pertumbuhan usia anak yang semakin hari akan semakin berkembang.

Baca, hidupkan, bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Si kecil tidur sendiri atau tetap bersama Anda? Apa plus minusnya?

Mengajarkan mandiri pada anak bisa dimulai dengan pola tidurnya. Bagaimana caranya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr