8 fitur smartphone penting ini ternyata jarang dimanfaatkan para penggunanya

Jangan bilang pengguna 'ponsel pintar', jika Anda tidak memanfaatkan fitur pintarnya. Intip 8 fitur pintar di telepon genggam Anda.

2,502 views   |   9 shares
  • Gagdet sudah menjadi kebutuhan yang dimiliki setiap orang di zaman sekarang. Berbagai merek gadget bersaing, menawarkan keunggulan masing-masing sesuai dengan harga dan rupanya. Bahkan dengan harga yang tidak terlalu mahal pun, sekarang Anda sudah bisa puas menggenggam sebuah smartphone pintar.

    Tetapi, dengan perangkat canggih tersebut apakah Anda yakin sudah benar-benar menguasai dan memaksimalkan semua fitur yang tersedia? Mungkin beberapa dari Anda, walau sudah menggenggam ponsel canggih dan mahal namun paling banyak hanya digunakan untuk telepon, pesan singkat, sosial media dan browsing internet. Masih banyak lohfitur lain yang seharusnya dapat Anda maksimalkan untuk memudahkan hidup Anda. Berikut 8 fitur yang saya kira dapat berguna namun jarang dimanfaatkan oleh banyak orang:

  • 1. Siri - iPhone

  • Siri hanya dimiliki oleh gadget-gadget besutan Apple seperti iphone. Fungsi siri pada iPhone sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari jika Anda tahu cara menggunakannya. Siri merupakan asisten pribadi pintar yang dapat memenuhi pertanyaan atau permintaan Anda. Singkatnya, Siri dapat menangkap suara Anda untuk melakukan tugas persis seperti apa diperintahkan. Saya pribadi sering menggunakannya, terutama saat sedang menyetir. Saya biasanya meminta Siri untuk membuka Google Map untuk mengarahkan saya mencari alamat tertentu, atau sekedar menelepon orang dan mengirim pesan. Bahkan Siri juga dapat menjawab pertanyaan tentang penjumlahan dan sebagainya, layaknya sebuah kalkulator. Tetapi yang perlu diketahui, Siri hanya menangkap suara dalam bahasa Inggris dan belum bisa mengenali suara Anda dalam bahasa Indonesia.

  • 2. Ok Google Detection - Android

  • Ini merupakan Siri versi Android. Tetapi sama saja, banyak orang jarang menggunakannya lantaran keterbatasan bahasa yang dimengerti oleh sistem yang masih belum mengenali bahasa Indonesia.

  • 3. Data Saver - Android Chrome Browser

  • Ini merupakan salah satu fitur unik pada gadget Android. Manfaatnya bagi Anda yang suka browsing dengan menggunakan aplikasi Google Chrome, tidak perlu takut kehabisan paket data. Dengan menggunakan fitur Data Saver, Anda dapat penggunaan data internet hingga 50 persen. Banyak pengguna Android yang tidak mengetahui mengenai fitur ini. Padahal mengoperasikannya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka Chrome > Settings > Data Saver lalu nyalakan saja dengan menggeser tombol ke kanan.

  • 4. Facetime - iPhone

  • Ini merupakan fitur bawaan dari gadget-gadget Apple yang memungkinkan sesama pengguna iPhone, ipad dan komputer Mac untuk dapat berinteraksi lewat layanan call atau video call secara gratis. Tapi sayangnya fitur ini memerlukan koneksi internet untuk penggunaannya. Fitur ini sangat memudahkan bagi Anda untuk berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga yang berjarak jauh atau di luar negeri, karena tentunya dapat menghemat pulsa.

  • 5. Voice Dialer - Android

  • Ini merupakan salah satu fitur yang masih jarang digunakan oleh pengguna Android. Fungsi fitur ini hampir sama dengan Siri, tetapi berbeda karena Voice Dialer hanya dapat digunakan untuk menelepon tanpa harus menekan nomor tujuan atau membuka kontak telepon Anda.

  • 6. World Clock

  • World Clock hampir dimiliki setiap gadget atau smartphone. Fungsinya sederhana, yaitu untuk melihat jam di berbagai belahan dunia. Tapi bagi mereka yang jarang pergi ke luar negeri, rasanya fitur ini juga tidak ada gunanya.

  • 7. News and Weather- Android

  • Fitur bawaan ini hampir ada di semua gadget Android. Manfaat fitur ini adalah untuk memaksimalkan pengguna smartphone dalam mendapatkan berita dan perkiraan cuaca. Ini sangat berguna, apalagi saat musim hujan di mana Anda dapat melihat perkiraan cuaca sebelum keluar rumah. Tapi sayangnya di Indonesia fitur ini masih jarang dimanfaatkan.

  • 8. Wallet

  • Wallet layaknya kartu kredit, memiliki fungsi sebagai pengganti alat pembayaran. Ini adalah sebuah aplikasi dalam ponsel pintar, yang berguna membawa 'dompet' Anda ke mana saja dalam genggaman. Fitur ini membuat Anda cashless saat bertransaksi jual beli. Di negara maju seperti Amerika banyak pengguna smartphone telah memanfaatkan fitur ini. Tapi untuk di Indonesia fitur ini karena masih jarang digunakan karena kurangnya toko-toko yang mendukung penggunaan aplikasi ini.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

8 fitur smartphone penting ini ternyata jarang dimanfaatkan para penggunanya

Jangan bilang pengguna 'ponsel pintar', jika Anda tidak memanfaatkan fitur pintarnya. Intip 8 fitur pintar di telepon genggam Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr