12 'senjata' ampuh agar Anda terhindar dari segala bentuk pelecehan

Jangan takut! Persiapkan diri Anda, karena kejahatan dapat mengintai kapan dan di mana saja.

352 views   |   2 shares
  • Tanpa mengenal batas usia, kasus pelecehan seksual sangat banyak menimpa para wanita. Karenanya jangan lengah dan cepat merasa aman akan lingkungan sekeliling Anda. Pelecehan seksual bisa menimpa siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Pelakunya pun bisa siapa saja, kenal maupun tidak.

  • Berikut 12 hal yang perlu Anda ketahui untuk menjaga diri sebelum menjadi korban pelecehan:

  • 1. Hagai diri Anda sendiri

  • Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan pakaian yang baik dan sopan, pandai bersikap terutama di depan lewan jenis, dan menghindari kesempatan-kesempatan yang memungkinkan Anda menjadi korban pelecehan.

  • 2. Ingatlah, bahwa kejahatan termasuk kejahatan seksual bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.__ Baik dengan orang-orang asing yang tidak Anda kenal, atau malah dengan orang-orang terdekat di sekitar Anda. Selalu waspada dan jangan lengah.

  • 3. Hindari menjadikan diri Anda sebagai korban, seperti menggunakan aksesoris perhiasan berlebihan.__ Walau menyukai perhiasan, usahakan menggunakannya hanya pada saat-saat tertentu saja. Bisa jadi niat awalnya pencopet dapat berujung pada pelecehan seksual pada Anda.

  • 4. Saat berpergian seorang diri, sebaiknya hindari melintasi lokasi yang gelap dan rawan kejahatan.__ Misalnya saja jalanan sepi atau gang-gang sempit.

  • 5. Jangan mudah terjebak dengan rayuan gombal atau iming-iming dari orang yang baru saja Anda kenal.__ Terlebih lagi jika Anda mengenalnya melalui dunia maya. Sudah banyak terjadi kasus penculikan yang berujung pemerkosaan hingga bahkan pembunuhan, berawal dari perkenalan melalui dunia maya.

  • 6. Jika memungkinkan, jangan pernah perpergian yang jauh dan berisiko seorang diri Ajaklah teman atau saudara untuk menemani Anda. Terlebih jika keluar di malam hari. Jika ada yang menemani, tentu Anda akan merasa nyaman dan tenang juga.

  • 7. Jangan minum minuman yang beralkohol apalagi menggunakan obat-obatan terlarang saat sedang berkumpul bersama teman pria, apalagi yang baru Anda kenal.__ Keadaan mabuk dan tak berdaya dapat memancing kesempatan terjadinya pelecehan yang sulit Anda hindari.

  • 8. Hindari berduaan saja dengan lawan jenis yang bukan pasangan Anda, di tempat yang sepi atau tertutup.__ Kenal ataupun tidak, kejahatan seksual dapat menimpa siapa saja.

  • 9. Belajar bela diri dapat menjadi bekal pertahanan bagi Anda menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan termasuk kejahatan seksual.__ Banyak bela diri yang bisa Anda coba dan cocok bagi wanita seperti karate, taekwondo, kick boxing atau muay thai.

  • Advertisement
  • 10. Bagi Anda yang tidak punya waktu luang ataupun tidak ingin belajar beladiri, baiknya selalu sediakan alat perlindungan diri di dalam tas atau saku Anda.__ Misalnya seperti jarum pentul, peniti, semprotan berisi air merica atau cabai, atau alat kejut yang biasa digunakan untuk melumpuhkan penjahat dalam situasi terdesak.

  • 11. Jangan takut! Seringkali korban pelecehan merasa ketakutan akan ancaman dan tidak mau menceritakan pengalamannya. Padahal dengan melaporkan, Anda akan menyelamatkan korban-korban lain berikutnya dari tindak pelecehan tersebut. Juga, tangan takut untuk berteriak dan melawan saat Anda mendapat perlakuan tidak menyenangkan. Jika Anda berani, mungkin pelaku akan segan melakukan aksinya pada Anda.

  • 12. Selalu berdoa dan berjaga-jaga. Tidak hanya untuk melindungi Anda dari sikap pelecehan, tapi juga untuk meminta keselamatan atas kegiatan Anda selama satu hari penuh. Berdoa sesuai kepercayaan dapat membuat perasaan lebih tenang dan terlindungi.

  • Itulah 12 hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindarkan kejahatan-kejahatan menimpa Anda. Termasuk di antaranya kejahatan seksual, karena pada dasarnya kejahatan akan datang setiap ada kesempatan. Jangan lengah!

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

12 'senjata' ampuh agar Anda terhindar dari segala bentuk pelecehan

Jangan takut! Persiapkan diri Anda, karena kejahatan dapat mengintai kapan dan di mana saja.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr