4 alternatif untuk Anda yang masih mengusahakan kehamilan

Ketahui berbagai metode alternatif yang bisa Anda dan pasangan lakukan demi mendapatkan buah hati

392 views   |   shares
  • Setiap pasangan suami istri tentulah mendambakan kehadiran seorang anak dalam kehidupan mereka Namun tidak semua pasangan dapat membuat anak semudah membuat adonan kue, banyak proses yang perlu dilalui dan membutuhkan waktu yang tidak dapat kita prediksi. Apa saja mereka lakukan untuk memperoleh sang buah hati. Termasuk beberapa metode yang paling sering dilakukan, di bawah ini:

  • Obat penyubur

    Obat penyubur kandungan adalah langkah awal yang umum disarankan untuk dikonsumsi pada tahap awal memulai program rencana kehamilan. Umumnya obat yang diberikan bertujuan untuk melepaskan hormon yang mengatur, meningkatkan kualitas sperma pria atau memicu ovulasi (pematangan sel telur pada wanita). Obat penyubur dapat berupa suntikan yang dilakukan oleh dokter maupun dapat dikonsumsi secara langsung.

    Setiap dokter selalu menganjurkan obat penyubur yang berbeda-beda berdasarkan kepentingan kesehatan dan kebutuhan setiap pasien. Sebagian pasangan memperoleh hasil positif setelah mengonsumsi obat penyubur, namun tidak jarang yang mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Bahkan beberapa merasakan efek samping saat mengonsumsinya. Beberapa efek samping tersebut di antaranya dengan kenaikan nafsu makan, berat badan bertambah, kerontokan rambut, wajah berjerawa dan sebagainya akibat perubahan hormonal yang tidak normal.

  • Tradisional

    Banyak metode kehamilan tradisional dari nenek moyang yang juga masih dipercaya dapat meningkatkan kesuburan, digunakan para pasutri hingga saat ini. Misalnya dengan mengonsumsi jamu-jamuan atau menaikkan kandungan. Ada yang berhasil, namun tentu ada juga yang tidak.

    Namun selalu berhati-hati saat menggunakan metode tradisional ini, karena ada beberapa jamu yang jusru tidak baik dikonsumsi wanita seperti kunyit atau kencur yang dapat mengeringkan kandungan. Selain itu, takaran yang tepat juga diperlukan agar tidak berlebihan dan memberatkan kinerja ginjal Anda.

    Selain itu ada juga metode lain yang dipercaya para tetua, baik untuk dilakukan para pasangan suami-istri yang baru menikah. Yaitu mencoba 'menaikkan kandungan' dengan cara diurut. Namun selalu berhati-hati, karena memijat bagian sekitar organ seperti rahim juga dapat berisiko membahayakan. Terutama jika sudah ada janin di dalam rahim Anda.

  • Program bayi tabung

    Program bayi tabung dan inseminasi buatan adalah dua hal yang berbeda. Banyak orang masih sering salah mengartikan kedua metode ini. Program bayi tabung adalah metode dengan pengambilan sel telur wanita yang telah matang lalu dipertemukan dengan sperma pria pada sebuah cawan petri, sehingga terjadi pembuahan di luar tubuh. Setelah sel telur dibuahi sehingga menjadi embrio, yang kemudian dikembalikan lagi ke dalam rahim wanita. Program bayi tabung memiliki prosedur lebih kompleks dan biaya yang besar dibanding inseminasi buatan.

  • Inseminasi buatan

    Berbeda dengan program bayi tabung, inseminasi buatan adalah prosedur pemilihan sperma terbaik hasil ejakulasi dengan cara pencucian sperma. Kemudian sperma yang telah dipilih tersebut dilepas menggunakan bantuan kateter ke dalam mulut rahim. Setelah itu, sperma akan mencari sel telur di tuba falopi hingga berhari-hari. Dua minggu setelah proses pelepasan sperma ke dalam mulut rahim, dokter akan memastikan kembali keberhasilan prosedur tersebut.

    Kedua program, baik program bayi tabung maupun inseminasi buatan, telah terbukti keberhasilannya saat ini. Apalagi bagi pasutri yang telah lama menikah, berumur atau memiliki masalah kesuburan. Biasanya, metode kehamilan ini adalah pilihan terakhir yang dilakukan jika metode tradisional dan obat-obatan belum juga membuahkan hasil. Namun tetap saja angka keberhasilan metode ini tidak sama bagi setiap pasutri. Bahkan walau banyak yang telah berhasil melakukan metode ini, tingkat presentasi keberhasilannya masih sangat rendah. Tingkat kesuksesan bayi tabung hanya berkisar 10-40 % tergantung usia wanita dan tingkat keberhasilan inseminasi buatan hanya berkisar 4-16 %.

    Namun jangan berkecil hati. Niat dan usaha keras yang Anda lakukan pasti akan selalu membawa harapan yang dapat membuahkan hasil. Berhati-hatilah dengan setiap metode kehamilan yang Anda jalani. Jangan ragu meminta bantuan dari pihak-pihak profesional untuk cara memperoleh kehamilan yang tepat dengan cara sehat.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya mahasiswa akhir di Institut Kesenian Jakarta, Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami yang saya cintai. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

4 alternatif untuk Anda yang masih mengusahakan kehamilan

Ketahui berbagai metode alternatif yang bisa Anda dan pasangan lakukan demi mendapatkan buah hati
Advertisement
Bergabung dengan jutaan lainnya di seluruh duniamenuju fondasi keluarga yang lebih kuat
-------------------------- atau --------------------------
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr