Hubungan dengan anak renggang, sudahkah Anda melakukan hal-hal ini untuk mengatasinya?

Tidak mungkin suatu hubungan renggang, kecuali Anda mengizinkan hal tersebut terjadi. Biarkan anak-anak tumbuh dalam keluarga penuh dengan toleransi, dukungan, kasih sayang serta kesabaran.

317 views   |   9 shares
  • Renggangnya hubungan antara orangtua dan anak tidak terjadi dengan sendirinya, pasti ada faktor penyebab yang perlu segera ditangani agar persoalan tidak semakin parah. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika menyadari hubungan dengan anak-anak semakin renggang. Jangan biarkan hal ini terus berlarut-larut, sehingga anak-anak semakin jauh dari jangkauan Anda.

  • Jadilah peka

    Sadari bahwa setiap anak yang lahir ke dunia merupakan buah dari cinta kasih Anda dan pasangan. Anak-anak sejatinya tidak memiliki perasaan dendam maupun dengki di dalam hatinya. Namun, waktu dan pengalaman bisa mengubah itu semua. Ibarat akumulasi permasalahan yang kian menumpuk, perasaan anak yang awalnya polos bisa berubah penuh amarah. Jangan biarkan anak-anak mengalami hal ini, segeralah ambil tindakan untuk membawa kembali anak-anak ke dalam pelukan Anda.

  • Luangkan lebih banyak waktu

    Anak-anak sangat membutuhkan perhatian serta dukungan dari Anda, adakalanya mereka sangat mendambakan kedekatan secara emosi melalui melakukan kegiatan secara bersama. Jangan biarkan alasan sibuk dengan pekerjaan atau hal-hal lain membatasi waktu untuk bisa berkumpul bersama. Ketahuilah, anak-anak terus beranjak besar tiap harinya, kesempatan berharga ini tidak akan pernah datang kembali sehingga Anda hanya bisa menyesalinya.

  • Berdamailah dengan pasangan Anda

    Melihat Anda dan pasangan kerap bertengkar membuat anak-anak terluka batinnya, apalagi jika salah satu di antara Anda (biasanya pihak suami) gemar melakukan kekerasan fisik. Dalam situasi semacam ini tidak ada cara lain untuk menyembuhkan luka batin anak-anak, kecuali Anda dan pasangan bersedia berdamai dan mencari solusi lain untuk mengatasi persoalan dalam rumah tangga Anda.

  • Jangan memaksakan kehendak, pahami kemampuan anak

    Sebagai orangtua sah-sah saja Anda menetapkan target untuk dicapai oleh anak-anak. Namun, pahami dengan baik kemampuan mereka. Dengan mengenali kemampuan anak-anak, maka Anda dapat mendorong mereka meraih sesuatu tanpa paksaan.

  • Jaga selalu rasa percaya anak kepada Anda

    Anak-anak tumbuh dan berkembang dengan menaruh rasa percaya yang begitu besar kepada Anda. Anak-anak ingin selalu melihat Anda sebagai sosok yang bisa dikagumi serta diandalkan. Rasa percaya demikian tentu bukan sesuatu yang boleh diremehkan. Karenanya, Anda harus selalu berhati-hati dengan setiap perkataan serta perbuatan, ciptakanlah situasi yang selalu kondusif, jangan pernah mengabaikan anak-anak jika berharap hubungan dengan mereka selalu harmonis.

  • Pahami kebutuhan anak

    Zaman terus berubah kebutuhan anak-anak masa kini tentu jauh berbeda dengan ketika Anda masih muda dulu. Untuk itu, agar tidak terjadi gegar budaya jangan canggung ketika harus ikut bersosialisasi bersama dengan sahabat dari anak-anak Anda. Anda juga harus mengikuti perkembangan teknologi, pahami tren apa yang saat ini sedang digandrungi supaya Anda betul-betul memahami keinginan anak.

  • Setialah selalu kepada pasangan

    Hal paling membahagiakan bagi seorang anak adalah melihat orangtuanya senantiasa hidup rukun serta saling mengasihi satu sama lain. Dalam situasi semacam ini tidak ada alasan bagi seorang anak untuk menciptakan permusuhan, sebaliknya mereka justru akan semakin meneladani dan menaruh rasa hormat kepada Anda berdua.

    Tidak mungkin suatu hubungan renggang, kecuali Anda mengizinkan hal tersebut terjadi. Biarkan anak-anak tumbuh dalam keluarga penuh dengan toleransi, dukungan, kasih sayang serta kesabaran. Sadari pula bahwa Anda dan anak-anak adalah satu, satu dalam tujuan menuju ke kehidupan yang lebih baik.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Hubungan dengan anak renggang, sudahkah Anda melakukan hal-hal ini untuk mengatasinya?

Tidak mungkin suatu hubungan renggang, kecuali Anda mengizinkan hal tersebut terjadi. Biarkan anak-anak tumbuh dalam keluarga penuh dengan toleransi, dukungan, kasih sayang serta kesabaran.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr