Ibu rumah tangga ingin agar ini dipahami oleh semua wanita

Mereka berpikir bahwa dengan menikah tentu seluruh karier dan pendidikan yang sudah ditempuh akan berakhir saat itu juga.

245 views   |   2 shares
  • Pernahkah kita mendengar ada seorang anak perempuan yang berkata memiliki cita-cita untuk menjadi seorang ibu rumah tangga kelak ia dewasa nanti? Tentunya akan sangat jarang sekali cita-cita sebagai ibu rumah tangga ini di ucapkan oleh seorang perempuan, meskipun ada jumlahnya pun hanya sedikit sekali. Justru banyak dari mereka selalu menginginkan cita-cita yang setinggi langit yang tidak kalah dari cita-cita kaum pria. Berkarier dalam suatu bidang dan sukses adalah jawaban pada umumnya yang selalu diucapkan setiap orang ketika ditanyakan tentang cita-cita mereka. Bagi kebanyakan perempuan menjadi ibu rumah tangga memang tidak diartikan sebagai sebuah pekerjaan yang mulia melainkan sering dianggap sebagai salah satu bentuk batu sandungan yang dapat menggagalkan seluruh cita-cita mereka, hal ini akibat dari pergeseran nilai yang terjadi pada masa sekarang ini seperti memberikan makna bahwa menjadi seorang ibu rumah tangga tidak akan dihargai dan diakui oleh orang lain. Oleh karena itulah cukup banyak wanita di luar sana yang memutuskan menunda untuk menikah meski sudah berada pada umur idealnya dengan alasan pendidikan ataupun karier. Mereka berpikir bahwa dengan menikah tentu seluruh karier dan pendidikan yang sudah ditempuh akan berakhir saat itu juga.

  • Mendapatkan pendidikan yang baik adalah memang sebuah keharusan, hal tersebut yang menjadi bekal yang akan kita bawa di manapun kita berada nantinya termasuk bagi wanita. Namun yang seringkali salah adalah menganggap bahwa pendidikan yang sudah didapatkan tersebut akan menjadi tidak ada gunanya ketika sudah menjadi ibu rumah tangga. Sebab nyatanya pendidikan akan selalu berguna bagi seseorang apapun profesinya.

  • Lain halnya dengan karier, seorang wanita dapat berkarier menjadi apapun yang mereka minati, tetapi dengan berjalannya waktu tentu seorang wanita harus akan menikah dan berkeluarga dengan pria pilihannya kelak. Di saat inilah karier yang sudah dirintis selama ini akan berakhir dengan menjadi ibu rumah tangga. Hal tersebut bukanlah akhir dari kehidupan wanita, melainkan sebuah babak baru dalam kehidupannya yang harus dijalani dengan sepenuh hati dan tenaga. Inilah mengapa menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah karier, tetapi memang sudah menjadi kodrat seorang wanita yang sudah pasti harus dijalani. Menjadi ibu rumah tangga tidak seperti saat bekerja di kantor, menjadi ibu rumah tangga jauh lebih mulia dibandingkan semuanya itu. Karena ternyata tidak semua wanita berhasil menjalani pekerjaan sebagai ibu rumah tangga. Begitu banyak rumah tangga yang hancur berantakan dan berakhir dengan perceraian yang tentu mengorbankan pihak lain yaitu anak hasil pernikahan di mana bagi pria maupun wanita tentu tidak ingin jika hal ini sampai terjadi.

  • Advertisement
  • Jadi, sekali lagi hal yang pertama kali harus dipahami oleh wanita adalah menjadi ibu rumah tangga bukanlah karier. Segalanya tidak lagi mengenai uang melainkan tugas dan tanggung jawab sebagai istri dan ibu yang wajib dikerjakan dengan penuh kebanggaan. Di mana keberhasilannya akan memberikan kebahagiaan yang dapat mewarnai kehidupan setiap anggota keluarga baik suami, istri maupun anak. Dan selain itu menjadi seorang ibu rumah tangga pun tidak berarti tidak dapat bekerja, ada begitu banyak alternatif pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa mengganggu kewajiban sehari-hari dalam mengurus rumah tangga.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Ibu rumah tangga ingin agar ini dipahami oleh semua wanita

Mereka berpikir bahwa dengan menikah tentu seluruh karier dan pendidikan yang sudah ditempuh akan berakhir saat itu juga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr