Pasangan didiagnosa tidak subur. Bagaimana saya menyikapinya?

Walau berat menerima kenyataannya, jangan menyerah sebelum benar-benar berusaha.

279 views   |   shares
  • Dikaruniai keturunan adalah harapan terbesar bagi setiap pasangan menikah. Itulah sebabnya penting bagi pasangan menikah yang sudah lama berusaha mendapatkan keturunan dan belum berhasil, wajib segera memeriksakan diri ke dokter. Dan penting juga diingat bahwa sebaiknya tidak hanya satu orang saja yang memeriksakan kesuburannya, tetapi kedua-duanya melakukan secara bersama-sama dan menyeluruh.

  • Perlu Anda pahami sebelum memeriksakan diri ke dokter spesialis, bahwa tidak subur dan mandul adalah dua hal yang berbeda. Kerap kali banyak pasangan salah menilai kedua hal tersebut. Sehingga ketika mendengar hasil bahwa salah satu pasangan tidak subur, vonis ini seakan memutus harapan untuk memiliki keturunan. Jangan berkecil hati, tidak subur atau dalam istilah medis disebut infertilitas sebenarnya bukan harga mati seseorang tidak akan dapat memiliki keturunan.

  • Seorang pasangan dikatakan tidak subur jika saat mengusahakan kehamilan dengan rutin tanpa bantuan alat kontrasepsi selama beberapa bulan namun tidak kunjung berbuahkan hasil. Hal ini umumnya disebabkan karena adanya kelainan, gangguan atau masalah pada reproduksi pada pria maupun wanita. Namun hal ini sifatnya tidak permanen dan dapat diperbaiki. Ya, dengan kata lain ada cara untuk mengobati atau memperbaiki fungsi-fungsi yang bermasalah tersebut. Hal ini berbeda dengan kemandulan di mana memang tidak ada kemampuan seseorang untuk hamil atau memberikan kehamilan.

  • Ketika pertama kali mendengar pasangan Anda tidak subur, tentu ada perasaan kecewa. Tetapi tidak perlu berlarut-larut dalam perasaan kecewa Anda, apalagi sampai marah dan meratapi hal tersebut. Ini hanya akan membuat pasangan Anda semakin terpuruk dan bahkan memiliki perasaan bersalah yang tidak semestinya dimilikinya.

  • Takdir kehidupan ini sudah diatur oleh Sang Pencipta. Ada pasangan yang baru menikah langsung mendapatkan keturunan, namun tidak jarang juga mereka yang memerlukan waktu bertahun-tahun hingga akhirnya membuahkan keturunan. Mungkin Anda dan pasangan menjadi salah satu pasangan tersebut, yang membutuhkan usaha keras untuk memperoleh keturunan.

  • Memang berat menerima kenyataan bahwa apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Namun sebagai pasangan yang baik, Anda harus dapat menyikapi dengan bijak saat menghadapi kenyataan bahwa pasangan belum dapat memberikan Anda keturunan. Lakukan hal-hal berikut untuk memotivasi dan membantunya mengatasi masalah ketidaksuburan tersebut:

  • 1. Selalu dampingi ia setiap kali berobat ke dokter

  • Advertisement
  • Jangan biarkan pasangan menjalani pengobatannya seorang diri. Mereka sangat membutuhkan kehadiran Anda untuk menyemangati dan memberikan dukungan padanya.

  • 2. Ingatkan selalu jadwal meminum obat

  • Berikan perhatian khusus, terlebih untuk mengingatkannya untuk rutin meminum obat-obatnya. Meskipun bukan Anda yang menjalani pengobatan, mereka akan merasa bahwa Anda turut merasakan apa yang dirasakannya.

  • 3. Perhatikan makanan yang dikonsumsinya

  • Ada beberapa makanan atau minuman yang cocok dan baik untuk meningkatkan kesuburan. Pastikan Anda selalu memerhatikan makanan-makanan yang dikonsumsinya baik untuk kesuburannya.

  • 4. Jangan pernah menyinggung atau menyalahkannya

  • Jangan sekali-kali menyinggung hal sensitif seperti, "Kapan ya saya punya anak?", "Aduh, saya ingin sekali segera menimang anak", "Masa si A sudah punya anak padahal kita yang menikah duluan?", "Coba kamu sehat-sehat saja, pasti kita sudah punya anak", "Ah, betapa membosankannya terus ditanya kapan saya punya anak", "Saya disuruh minum ini dan itu katanya biar subur, padahalkan saya subur!" dan lain sebagainya. Pernyataan-pernyataan tersebut sering kali tanpa sadar Anda ucapkan dan menyinggung perasaan pasangan. Untuk itu berhati-hatilah saat berbicara apalagi jika berkaitan dengan usaha memiliki keturunan.

  • 5. Jangan pernah memaksanya

  • Biarlah segala proses penyembuhan atau terapi yang dilakukan pasangan Anda untuk memperbaiki masalah kesuburannya, dilakukan tanpa adanya paksaan dari Anda. Karena jika terjadi, maka hal tersebut tidak baik bagi emosi dan pikirannya. Terlebih lagi orang-orang yang memiliki masalah kesuburan sangat mudah tersinggung dan stres, sehingga hal ini juga dapat memengaruhi masalah kesuburannya.

  • 6. Lakukan segala cara agar tidak penasaran

  • Jangan pernah menyerah. Jika Anda saja menyerah, apalagi dengan dia? Tentu hal tersebut akan lebih memberatkannya. Tetaplah optimis dan sama-sama saling mendukung untuk mencoba melakukan segala upaya agar dapat mengatasi persoalan tersebut sampai pada akhirnya tidak ada lagi harapan yang dapat kalian lakukan. Tetap berusaha ya!

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Pasangan didiagnosa tidak subur. Bagaimana saya menyikapinya?

Walau berat menerima kenyataannya, jangan menyerah sebelum benar-benar berusaha.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr