Mungkinkah jatuh cinta di usia senja

Jatuh cinta bukan hanya monopoli anak muda, berapapun usia Anda, busur asmara bisa saja membidikkan panahnya ke hati Anda

702 views   |   2 shares
  • Jatuh cinta bukan hanya monopoli anak muda, berapa pun usia Anda, dewa asmara dapat saja membidikkan panahnya ke hati Anda. Kita mengenal cinta monyet di antara anak-anak, cinta remaja, cinta orang dewasa, tetapi ada pula cinta lansia. Mengapa tidak? Lansia masih memiliki perasaan, memiliki rasa sepi, dan ingin berbagi hidup bersama orang yang cocok dengannya. Mungkin jenisnya berbeda, cinta lansia tidak lagi menggebu-gebu seperti cinta anak muda, namun penuh perhitungan dan pertimbangan.

  • Seorang teman saya yang ayahnya sudah berusia 90-an mengutarakan niatnya untuk menikah lagi. Anak-anaknya agak terkejut, namun memaklumi keinginan ayah mereka. Walaupun memiliki 11 orang anak dan puluhan cucu serta cicit namun tidak seorang pun dapat terus menerus mendampingi si ayah. Dia kesepian dan membutuhkan seseorang yang rela berbagi hidup bersamanya. Dia bertemu seseorang di rumah jompo dan tampaknya mereka cocok satu sama lain. Kebetulan mereka berdua sama-sama memiliki hobi menulis puisi sehingga ada orang yang senang membaca puisinya.

  • Perkawinan seperti ini tidak selalu cocok dan berjalan lancar. Bahkan dalam kasus orang-orang lansia, ada saja sesuatu yang menimbulkan keretakan. Seorang kakek teman saya yang menikah di usia lanjut ternyata belakangan menyadari bahwa istrinya judes dan tidak cocok dengan keluarganya. Terpaksa mereka berpisah karena tidak ingin melanjutkan hubungan itu. Kadang-kadang pertimbangan pernikahan di usia lanjut malah lebih rumit daripada yang berusia muda. Mereka memikirkan warisan, perasaan anak cucu, dan banyak hal lainnya. Mungkin satu-satunya yang tidak mereka pikirkan ialah kemungkinan mendapat anak lagi. Itu di luar jangkauan pemikiran dan kehawatiran mereka.

  • Bagi kaum pria mungkin mereka tidak hanya membutuhkan kasih sayang dan perhatian, mereka masih tetap mendambakan kemesraan jasmani. Sesuatu yang mungkin sudah tidak lagi dipedulikan oleh kaum wanita lansia. Karena itulah perbedaan di antara keduanya hendaknya dibahas sebelum menikah karena dapat menimbulkan ganjalan-ganjalan yang mengganggu. Sejauh mana si wanita masih rela berbagi kasih sayang jasmani dan sejauh mana si pria rela menahan keinginan libidonya. Cinta mereka bukan lagi cinta anak muda yang menggebu-gebu untuk disalurkan setiap saat.

  • Cinta pada pasangan lanjut usia yang sudah menikah sejak muda tentu saja berbeda dengan manula yang bertemu belum lama. Tentu saja pasangan pertama mengenal teman hidupnya dengan lebih baik dan saling mengerti. Sedangkan pasangan manula baru tetap saja mengalami perbedaan-perbedaan seperti pasangan muda. Mereka tetap harus belajar saling mengerti dan bersabar menghadapi pasangannya. Hanya karena usia lanjut tidak berarti bahwa ini lebih mudah. Bisa saja mereka lebih sabar karena usianya, tetapi bisa juga tidak. Mereka bisa saja merasa lebih memiliki pengertian yang dalam, tetapi bisa saja mereka tetap tidak memahami perasaan pasangannya.

  • Advertisement
  • Bahkan pasangan yang sudah lansia tetap memerlukan nasihat pakar perkawinan. Mereka dapat saling mencari tahu apa sebetulnya yang mereka cari. Apakah hanya lawan bicara atau pasangan hidup yang lebih unik? Apakah mereka memiliki perbedaan-perbedaan yang dapat diatasi oleh mereka berdua? Apakah mereka akan mampu mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut? Lebih baik hal-hal ini dibahas lebih dulu sebelum ikatan perkawinan dilaksanakan.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mungkinkah jatuh cinta di usia senja

Jatuh cinta bukan hanya monopoli anak muda, berapapun usia Anda, busur asmara bisa saja membidikkan panahnya ke hati Anda
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr