Memutuskan memulai bisnis setelah bertahun-tahun menjadi karyawan. Apa yang harus disiapkan?

Memulai usaha sendiri berarti memulai segala sesuatu nya dari nol, tidak akan sama seperti ketika Anda mulai bekerja di perusahaan.
Mar 04, 2017

798 views   |   9 shares
  • Bekerja dan memiliki penghasilan memang merupakan kewajiban setiap orang, untuk mewujudkan cita-cita, orang akan bekerja keras sebagai usaha untuk menggapai setiap harapannya di kemudian hari. Kebanyakan dari kita memilih untuk bekerja di suatu perusahaan atau kantor dan menikmati gaji yang akan diterima setiap bulannya, melalui gaji itulah kita menyisihkan sebagian yang kita terima untuk membeli berbagai keinginan atau kebutuhan kita. Namun ada juga yang menyisihkan sebagian gajinya untuk mewujudkan hal lain dalam hidupnya yakni memiliki usahanya sendiri. Memang akan sangat membanggakan sekali ketika usaha yang ingin diwujudkan dapat terealisasikan dengan baik di kemudian hari dan sudah banyak yang melakukan hal tersebut. Tetapi tahukah Anda bahwa memulai sebuah usaha baru juga tentu memiliki tantangan yang ternyata jauh melebihi dari tantangan yang Anda hadapi ketika Anda baru mulai bekerja di perusahaan milik orang lain? Memulai usaha sendiri berarti memulai segala sesuatu nya dari nol, tidak akan sama seperti ketika Anda mulai bekerja yang di mana perusahaan tersebut mungkin sudah berjalan beberapa waktu sebelum Anda masuk sebagai bagian darinya.

  • Meski banyak yang berhasil mewujudkan impiannya untuk membuka usaha milik sendiri, tidak sedikit pula yang justru mengalami kendala hingga kegagalan sebelum meraih kesuksesan dan akhirnya malah menghabiskan modal yang sudah lama dikumpulkan.

  • Memulai suatu usaha apalagi dari nol membutuhkan banyak sekali persiapan yang harus Anda pikirkan, tidak hanya modal uang saja, usaha juga memerlukan persiapan lain yang akan menjadi cara Anda nantinya mengatasi segala macam tantangan yang muncul. Selain pada mental yang kuat dan tidak mudah menyerah di bawah ini adalah beberapa persiapan yang harus Anda pikirkan sebelum memulai usaha baru Anda:

  • Matangkan perencanaan

  • Perencanaan termasuk kepada bagaimanakah Anda akan memasarkan produk Anda, prinsipnya usaha adalah bagaimana membuat produk yang Anda hasilkan dapat dikenal dan dinikmati oleh pasar, dalam hal ini sangat dibutuhkan cara dan metode yang tepat.

  • Lakukan survei kelayakan

  • Tidak selalu apa yang dipikirkan akan berjalan lalu akan berhasil ketika mulai dijalankan, hal ini harus menjadi pertimbangan utama Anda ketika akan membuka suatu usaha. Lakukanlah studi dan survei untuk menilai apakah jenis usaha yang akan Anda geluti dapat menarik banyak pelanggan nantinya.

  • Fleksibel

  • Dalam dunia usaha tidak ada istilah untuk berkeras pada suatu keadaan, setiap pengusaha wajib bahkan harus mau berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Inovasi-inovasi baru diperlukan untuk dapat bersaing di dunia usaha yang penuh dengan persaingan.

  • Advertisement
  • Modal awal

  • Banyak orang mengira untuk memiliki usaha adalah harus memiliki modal uang yang terutama, padahal ternyata kita baru akan membicarakan modal ini setelah poin-poin lainnya yang lebih penting. Namun modal awal ini pun juga tidak dapat dianggap remeh sebab inilah yang akan menentukan seberapa jauh tindakan Anda terhadap rencana yang sudah dibuat. Untuk itu diperlukan kalkulasi yang baik dan tepat sebelum Anda mulai bergerak.

  • Membangun koneksi

  • Jangan bergerak sendiri, prinsip ini banyak dianut oleh para pengusaha dalam menjalankan usaha mereka. Meski bersaing dalam produk yang sama, justru kebanyakan pemilik usaha menjalin kontak yang diperlukan dengan pemilik usaha lain yang bergerak dalam bidang yang sama. Ada untung dan rugi dalam strategi ini, namun akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk menghadapi tantangan jika Anda tidak sendirian.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Memutuskan memulai bisnis setelah bertahun-tahun menjadi karyawan. Apa yang harus disiapkan?

Memulai usaha sendiri berarti memulai segala sesuatu nya dari nol, tidak akan sama seperti ketika Anda mulai bekerja di perusahaan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr