Kebenaran yang harus Anda tahu sebelum mendetoks tubuh

Persiapkan dahulu tubuh Anda sebelum memutuskan untuk melakukan detoks

1,268 views   |   4 shares
  • Sebelum memperdalam lagi pengetahuan kita tentang detoksifikasi pada tubuh, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa sebenarnya detoksifikasi ini dan bagaimana cara kerjanya bagi tubuh manusia. Menurut laman facebooknya KDC (Konsultan Diet Cerdas) menjelaskan bahwa detoksifikasi tubuh adalah sebuah proses di mana tubuh secara normal membuang dan menetralkan racun melalui organ lain seperti liver, ginjal, paru-paru, limpa dan bahkan kulit. Racun-racun yang ada pada tubuh manusia dapat berasal dari mana saja dari lingkungan terdekat manusia, seperti obat-obatan, polusi udara, rokok, kafein dan lain sebagainya. Bahkan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari pun sangat berpotensi menyumbang toksin ke dalam tubuh. Toksin-toksin inilah yang kemudian menumpuk di dalam tubuh sampai akhirnya dapat memicu serangan penyakit seperti kanker. KDC juga menjelaskan bahwa tanda seseorang membutuhkan detoksifikasi saat seseorang mengalami beberapa gejala seperti, berjerawat, bau badan, sembelit, diare, sakit kepala di mana mungkin gejala-gejala seperti ini sering kali dianggap sepele oleh kebanyakan orang.

  • Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dalam Fourth National Report on Human Exposure to Environtmental Chemicals, setidaknya ada sekitar 200++ jenis senyawa yang bersifat toksin di dalam darah dan urin manusia dan jumlahnya berbeda pada setiap orang. Dan beberapa jenis toksin dapat menjadi cukup berbahaya bagi tubuh manusia jika berada pada level yang tinggi.

  • Proses detoksifikasi ini sendiri menurut KDC sangat positif dilakukan karena membantu tubuh untuk melakukan proses pembersihan diri secara alami. Dan yang paling utama adalah melakukan detoks pada usus besar karena usus besar seperti otak kedua pada tubuh manusia. Dan manfaat yang didapatkan dari detoksifikasi tubuh ini dapat berupa:

    1. Membersihkan toksin dalam tubuh

    2. Lebih mudah mencapai berat badan ideal

    3. Meningkatkan stamina tubuh serta kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit

    4. Dapat meregenerasi sel-sel yang sudah mati di dalam tubuh

  • Dan yang pasti detoksifikasi dapat membuat perubahan yang cukup signifikan pada hidup Anda seperti hidup yang lebih bersemangat, lebih produktif dan rileks.

  • Namun sebelum melakukannya, detoksifikasi juga mungkin memiliki beberapa efek samping yang juga harus diketahui oleh orang yang ingin melakukannya, mengingat tidak semua keadaan tubuh setiap orang sama. Untuk itu akan sangat bijaksana jika Anda perlu mengkonsultasikannya bersama dengan tenaga ahli seperti dokter atau ahli lain di bidangnya guna mencari tahu seberapa jauh manfaat detoksifikasi tersebut pada tubuh Anda.

  • Advertisement
  • Penting untuk memahami bagaimana cara detoksifikasi yang benar, oleh karena itu artikel ini hanya mencoba membantu menjelaskan arti dan pengertian detoksifikasi tubuh tanpa ingin memberikan promosi terhadap pihak tertentu agar pihak lain melakukan detoksifikasi. Kebijaksanaan sungguh dibutuhkan bagi Anda yang berniat melakukan detoksifikasi tubuh, dengan cara dan pendampingan dari ahli tentu apa yang akan dilakukan akan berjalan dengan baik. Dan sebagai penutup kutipan perkataan dari ahli kesehatan gizi Andang W. Gunawan, seperti dilansir di halaman tempo mungkin akan memberikan sisi lain pada Anda tentang detoksifikasi, yang menurutnya bahwa detoksifikasi tubuh adalah hanya perlu dilakukan dengan kebiasaan yang sudah sering dilakukan oleh kebanyakan orang yakni dengan berpuasa. Sebab menurutnya, disaat perut dalam kondisi kosong itu lah seluruh organ pencernaan beristirahat. Dan sebenarnya tubuh manusia sudah dilengkapi dengan caranya sendiri untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Kebenaran yang harus Anda tahu sebelum mendetoks tubuh

Persiapkan dahulu tubuh Anda sebelum memutuskan untuk melakukan detoks
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr