Membalikkan Wajah Cemberut: Bagaimana Mengatasi Kesedihan

Baik Anda sedang mencoba untuk mengatasi rasa sakit dari tragedi yang terjadi dalam hidup Anda atau berjuang untuk bangkit kembali dari tantangan hidup yang sulit, Anda dapat mengatasi kesedihan.

5,183 views   |   1 shares
  • Tragedi dapat menimpa semua orang. Tidak seorang pun yang terbebas dari tragedi. Sama seperti setiap orang yang lahir dan mati, semua orang mengalami sukacita dan rasa sakit, termasuk kehilangan orang yang dicintai. Perceraian dapat menyebabkan rasa sakit dan penderitaan yang lebih besar daripada kehilangan pasangan karena kematian. Ada saat di mana perjalanan kehidupan terlihat mengerikan.

  • Mengalami kesedihan saat tragedi terjadi tidak hanya normal, tetapi juga sehat. Semua orang berduka dengan cara mereka sendiri dan tidak ada yang harus mendengar teman-teman dan anggota keluarga yang bersikeras mengatakan bahwa Anda berduka dengan cara yang salah atau berduka terlalu lama. Yang pasti Anda tidak perlu merasa bersalah karena berduka setelah tragedi terjadi.

  • Jika Anda tidak bisa menghilangkan rasa sedih tapi siap untuk berhenti berduka, berikut adalah beberapa gagasan untuk membantu Anda mengatasi kesedihan.

  • Ingatlah bahwa tragedi ini bukan kesalahan Anda

  • Baik Anda sedang bersedih karena kematian dalam keluarga atau perceraian, Anda harus mengerti bahwa tragedi ini bukan kesalahan Anda dan bukan refleksi pada sifat Anda. Tragedi pun terjadi pada orang-orang baik. Anda baik-baik saja.

  • Ingatlah bahwa keadaan akan berubah menjadi lebih baik

  • Yakinlah bahwa kehidupan bisa kembali normal, beberapa perubahan memang permanen, tetapi hidup akan terus berjalan. Anda akan bahagia lagi. Mungkin Anda harus berdebat dengan diri Anda sendiri untuk keyakinan, tapi jangan biarkan perasaan sedih bergumul di dalam hati, dorong perasaan sedih itu untuk pergi meninggalkan Anda.

  • Ingatlah bahwa besarnya masalah pun ada batasnya

  • Bahkan dalam perkara kehilangan pasangan, yang tampaknya meliputi setiap aspek dalam kehidupan Anda, ingatlah bahwa ada banyak hal yang tidak akan berubah. Anak-anak Anda dan anggota keluarga lainnya akan masih selalu berada di sisi Anda. Karier Anda tidak akan berubah. Bahkan, semua tidak akan berubah seolah-olah tidak ada hal yang terjadi. Mungkin hal ini dapat membuat Anda marah, tetapi juga dapat memberikan harapan.

  • Cari iman dan keyakinan Anda

  • Banyak orang menemukan ketentraman diri di saat-saat kelam dalam hidup mereka saat mereka mencari iman dan keyakinannya. Jika hal ini terdengar asing bagi Anda, tetapi Anda benar-benar ingin mencari jalan ke luar dari kehidupan yang gelap, pertimbangkan untuk mempraktekkan iman Anda. Cobalah untuk berdoa. Kunjungi rumah ibadah. Carilah hubungan spiritual dengan Tuhan.

  • Advertisement
  • Melayani

  • Saat Anda merasa bersedih, mungkin Anda tidak merasa sedikit pun ingin melakukan sesuatu untuk orang lain. Anda mungkin tidak merasa bahwa Anda memiliki kekuatan fisik yang diperlukan untuk melayani. Melayani orang lain, sekecil apa pun pelayanan Anda akan memberi Anda kekuatan, energi dan optimisme yang diperlukan. Melayanilah seperti petunjuk di botol sampo: busa, bilas, ulangi. Melayani, merasa bahagia, ulangi.

  • Berhenti bersusah hati

  • Mereka yang teramat sangat menderita kesedihan cenderung untuk merenungkan masalah mereka. Berfokus pada masalah cenderung memperkuat mereka. Ada dua taktik yang dapat Anda gunakan untuk mengakhiri usaha untuk merenungkan masalah Anda: pertama, lakukan hal lain dan kedua, jadwalkan waktu beberapa hari untuk memikirkan dan merenungkan masalah Anda. Kemungkinannya adalah bahwa pada saat Anda harus merenungkan kembali seperti yang telah dijadwalkan, keinginan Anda untuk duduk dan merenung akan berlalu. Kehidupan Anda telah berjalan kembali.

  • Jangan terlalu bersemangat untuk melewati masa kesedihan setelah tragedi terjadi. Ada baiknya juga untuk berduka. Tapi jika Anda menemukan diri Anda menjadi terlalu mudah berputus asa dan kecewa karena kencan yang dibatalkan atau komentar yang tidak menyenangkan dari rekan kerja, berteguhhatilah dan terapkan prinsip-prinsip ini untuk mengatasi kecemasan Anda dan untuk menemukan kebahagiaan lagi.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “Turn that frown upside down: How to get over sadness” karya Devin Thorpe.

Bantu kami menyebarkan

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Membalikkan Wajah Cemberut: Bagaimana Mengatasi Kesedihan

Baik Anda sedang mencoba untuk mengatasi rasa sakit dari tragedi yang terjadi dalam hidup Anda atau berjuang untuk bangkit kembali dari tantangan hidup yang sulit, Anda dapat mengatasi kesedihan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr