Sudahkah Anda mengajarkan anak untuk menghargai sesamanya penyandang disabilitas?

Menghargai orang lain tidak memandang situasi, umur dan dari mana ia berasal, termasuk juga bagi penyandang status disabilitas.

149 views   |   shares
  • Sikap menghargai dan menghormati orang lain sudah pasti harus dijaga demi terjaganya kerukunan dan ketentraman hidup bermasyarakat. Sikap seperti ini lah yang mampu meredam berbagai macam gesekan yang timbul di tengah-tengah banyaknya perbedaan antara diri kita dan orang lain. Menghargai orang lain tidak memandang situasi, umur dan dari mana ia berasal, termasuk juga bagi penyandang status disabilitas. Tidak terkecuali mereka, penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama untuk juga menghargai dan dihargai orang lain. Untuk itulah menjadi sangat penting sekali bagi para orang tua untuk menanamkan sikap ini semenjak dini pada anak-anaknya. Di kota metropolitan ini, tentu dapat kita bayangkan apabila para penyandang disabilitas ini kurang mendapat sikap yang sesuai di tengah-tengah masyarakat.

  • Disabilitas itu sendiri memiliki arti keterbatasan yang tidak hanya keterbatasan fisik saja, namun ada pula yang memiliki keterbatasan mental, sensorik, bahkan keterbatasan secara emosional. Berbeda dengan orang pada umumnya yang menjalani kehidupan secara normal, orang yang memiliki keterbatasan ini sangat ingin dihargai dan ingin lebih dihormati atas eksistensi mereka di tengah-tengah masyarakat. Tentu kita sebagai makhluk sosial yang diciptakan juga penuh kekurangan wajib menghargai dan menghormati mereka.

  • Meski demikian, masih banyak sekali orang tua yang gagal menanamkan sikap mulia ini dalam diri anak-anak mereka, walaupun begitu banyak cara untuk mengajarkan hal ini pada anak-anak namun tetap saja masih sering terjadi penyandang disabilitas yang dicela dan dicemooh di lingkungan mereka. Mungkin bagi anak-anak, sesuatu yang menurut mereka berbeda dari biasanya adalah sesuatu hal yang unik dan lucu, namun dengan pengarahan dan didikan orang tualah hal tersebut dapat dipahami dengan baik oleh si anak.

  • Hal yang paling pertama yang wajib dilakukan oleh orang tua dalam mendidik serta mengajarkan anak tentang nilai-nilai adalah dengan selalu menjadikan diri orang tua sebagai contoh. Jadilah teladan yang baik agar apa yang baik pada diri Anda juga akan menjadi sikap yang akan diikuti oleh anak-anak Anda. Umumnya pada anak-anak menolak untuk menerima apa yang dikatakan oleh orang tuanya karena apa yang dilihat oleh mereka justru kebalikannya, oleh karena itu berhati-hatilah dalam berkata dan bersikap sebagai teladan bagi anak-anak.

  • Yang juga tidak kalah pentingnya adalah orang tua pun perlu untuk mengarahkan anak secara langsung seperti misalnya bagaimana dan kapan ia harus memberikan sapaan atau salam ketika bertemu dengan orang lain. Lalu hargai segala usahanya dalam mengikuti arahan Anda, dengan begitu Anda juga turut mengajarkan bagaimana cara menghargai orang lain.

  • Advertisement
  • Anda dapat mengajak anak Anda bertemu langsung dengan para penyandang disabilitas dan memberikan pengarahan langsung pada anak Anda bagaimana sikap yang harus ditunjukkan pada mereka, berbekal dengan apa yang sudah dilakukan selama ini tentu anak akan jauh lebih mudah mengerti maksud Anda. Dengan mengalami sendiri, bertemu langsung dan berinteraksi akan membuat anak jadi lebih memahami apa itu disabilitas dan lebih dalam mengerti apa itu menghargai dan menghormati orang lain. Dan yang perlu diingat adalah, selalu ajarkan apapun kepada anak Anda dengan cara memuji dan memperbaiki bukan dengan mencela kesalahannya. Sikap mencela terhadap kesalahan anak hanya akan membuat dirinya melakukan persis seperti apa yang ia terima kepada orang lain, maka sia-sia lah semua usaha Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Sudahkah Anda mengajarkan anak untuk menghargai sesamanya penyandang disabilitas?

Menghargai orang lain tidak memandang situasi, umur dan dari mana ia berasal, termasuk juga bagi penyandang status disabilitas.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr