Ini cara membuat orangtua Anda berumur panjang dan telah terbukti secara ilmiah

I’m old but I’m happy, sebuah ungkapan berbahasa Inggris yang memiliki makna yang sangat dalam bagi seorang manusia ini, tentu menjadi impian setiap orang di dalam kehidupannya.

531 views   |   4 shares
  • I'm old but I'm happy, sebuah ungkapan berbahasa Inggris yang memiliki makna yang sangat dalam bagi seorang manusia ini, tentu menjadi impian setiap orang di dalam kehidupannya. Usia yang terus bertambah seiring dengan perjalanan waktu, melalui suka dan duka kehidupan yang datang silih berganti membuat orang ingin memiliki masa tua yang tenang dan bahagia tidak terkecuali kedua orang tua kita.

  • Merekapun pasti ingin memiliki hidup di hari tua sebagai sepasang orang tua yang benar-benar menikmati seluruh hasil jerih payah mereka semasa muda. Dan tahukah Anda bahwa suasana hati dalam hidup seseorang ternyata memengaruhi tingkat kebahagiaannya dan dapat memberikan umur yang panjang baginya? Percaya atau tidak, ternyata banyak sekali berbagai penyakit yang datang dan menyerang manusia akibat dari pikiran yang membuat stres akibat permasalahan. Peneliti berpendapat bahwa hal yang sangat berpengaruh besar pada penurunan kualitas perbaikan sel pada tubuh disumbang dari akibat orang yang sering merasa kesepian dan akhirnya menjadi stres yang berkepanjangan.

  • Bagi orang tua memang memiliki anak yang berhasil mencapai tingkat hidup yang diinginkan sangat memberi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi mereka. Namun ternyata, kedua orang tua kita tetaplah ingin selalu berada dengan anak-anak mereka. Di samping kebahagiaan yang mereka dapatkan karena kesuksesan anaknya ternyata mereka pun merasakan hal lain yang sulit untuk diterima ketika harus berhadapan dengan situasi di mana harus merelakan anaknya yang sudah harus berumah tangga, bekerja mandiri yang itu berarti akan sedikit waktu yang dapat lagi dihabiskan bersama orang tuanya. Akhirnya kondisi inilah yang memicu rasa kesepian pada hati kedua orang tua kita.

  • Namun meskipun demikian ada beberapa cara bagi kita anak-anak yang telah merasakan kasih sayang orang tua kita selama ini untuk membantu mereka melalui hari tua mereka dengan perasaan damai dan tenang. Para peneliti dari University of California meneliti bahwa ada beberapa cara yang dapat berpotensi memperpanjang usia hidup orang tua kita dan membuat kondisi mereka menjadi jauh lebih baik, di antaranya:

  • 1. Berikan perhatian

  • Sesibuk apapun Anda, ada baiknya Anda meluangkan waktu sehari atau dua hari untuk mengunjungi kedua orang tua Anda. Berinteraksi dan mau mendengarkan mereka adalah salah satu cara positif yang dapat membuat mereka merasa diperhatikan dan mengobati rasa kesepian mereka.

  • 2. Berikan kabar

  • Orang tua di manapun sangat selalu ingin tahu kabar anak-anaknya, rasa khawatir orang tua terhadap anak memang sangat besar. Oleh karena itu bantu mereka untuk tidak terbeban dengan pikiran-pikiran negatif dengan rutin menghubungi mereka untuk memberikan dan menanyakan kabar.

  • Advertisement
  • 3. Mau mendengar

  • Orang tua di manapun akan selalu memiliki banyak cerita dan kisah yang ingin di ceritakan pada anak atau cucunya. Sikap kita adalah seharusnya mau mendengarkan mereka dengan setia walau mungkin tidak banyak hal juga yang dapat diceritakan pada mereka. Namun dengan mau mendengarkan orang tua saja, akan sangat membantu meringankan suasana hati mereka.

  • Orangtua kita tidak mengharapkan materi ataupun pembalasan jasa mereka selama ini, ternyata menurut penelitian di atas hal tersebut tidak disebutkan sebagai sumber yang membebani hidup mereka. Dengan hanya ke tiga cara di atas ternyata dapat membuat orang tua merasa senang dan tenang yang akan memberikan efek positif bagi kebahagiaan mereka di hari tua. Siapa yang tidak ingin orang tuanya sehat dan berumur panjang, sudahkah Anda menghubungi orang tua Anda hari ini?

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Ini cara membuat orangtua Anda berumur panjang dan telah terbukti secara ilmiah

I’m old but I’m happy, sebuah ungkapan berbahasa Inggris yang memiliki makna yang sangat dalam bagi seorang manusia ini, tentu menjadi impian setiap orang di dalam kehidupannya.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr