Manfaat memiliki sahabat berkaki empat

Apa hewan kesukaan Anda? Apapun itu, memeliharanya di rumah ternyata memiliki sejumlah manfaat positif bagi Anda sekeluarga.

408 views   |   4 shares
  • Melihat tingkah laku hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan tentu sangat menghibur. Itulah kenapa banyak orang memilih untuk memelihara hewan peliharaan, bahkan merawat dan menyayangi layaknya anggota keluarga sendiri.

  • Ada banyak jenis binatang peliharaan yang menarik untuk dimiliki. Seperti yang umum adalah anjing dan kucing, beberapa bahkan memiliki peliharaan hewan melata, binatang ternak, binatang rumahan, unggas. Semuanya mempunyai memiliki keunikan tersendiri, dan tentunya membawa dampak positif dalam kehidupan kita. Penasaran? Berikut beberapa di antaranya:

  • Meningkatkan kebahagiaan hidup

  • Pekerjaan dan aktivitas sehari-hari terkadang menimbulkan beban dan tekanan tersendiri. Banyak hal yang dilakukan orang untuk melepaskan bebas stres dari rutinitas sehari-hari, ada yang pergi berlibur, cukup membaca buku atau mendengarkan musik di rumah, dan beberapa lebih memilih bercengkrama dengan peliharaan kesayangannya untuk melupakan beban tersebut. Tak jarang, mereka memilih untuk 'curhat' dengan kucing peliharaannya ketimbang dengan teman. Hal ini terbukti membantu lho!

  • Memberi ketenangan batin

  • Manfaat lain memiliki hewan peliharaan, salah satunya adalah membawa ketenangan bagi pemiliknya. Rutinitas santai saat mengurus hewan-hewan peliharaan, melihat mereka memberikan respons sayang terhadap pemiliknya, membawa ketenangan dan kedamaian tersendiri bagi mereka yang mencintai dan memelihara binatang. Entah itu perasaan puas ataupun senang, yang jelas para pecinta binatang merasa lebih tenang saat merawat hewan kesayangannya.

  • Melatih untuk bertanggung jawab

  • Memberi makan, merawat dengan memandikan, rutin memberi vitamin dan memeriksakan kesehatan hewan peliharaan adalah salah satu bentuk tanggungjawab para pecinta hewan terhadap peliharaannya. Bahkan tidak jarang para hewan peliharaan diberikan perawatan salon khusus hewan agar penampilannya tetap terjaga bersih dan cantik. Inilah salah satu bentuk tanggung jawab saat memutuskan ingin memelihara binatang. Kita wajib menjaga hewan peliharaan dengan baik.

  • Meningkatkan rasa simpati

  • Memelihara binatang dapat meningkatkan rasa iba dan simpati terhadap sesama makhluk hidup. Karena timbul rasa simpati untuk merawatnya dan menjaga kesehatannya. Apa yang kita lakukan memang tidak bisa dibalas oleh mereka. Tetapi kebaikan yang kita berikan kepada hewan peliharaan, menimbulkan perasaan haru dan ikatan batin yang sangat mendalam.

  • Menambah pemasukan keuangan

  • Advertisement
  • Siapa yang tidak ingin mendapatkan pemasukan keuangan dari hobi. Salah satunya adalah ketika hobi tersebut adalah memelihara hewan peliharaan. Anda dapat membuka jasa layanan penitipan hewan peliharaan, bagi mereka yang ingin pergi keluar kota dan menginginkan hewan peliharaannya tetap terurus dengan baik selama bepergian. Bisa jadi alternatif peluang usaha bukan?

  • Menjadikan diri lebih baik

  • Memelihara hewan peliharaan bukan sekedar memberinya makan, menjaga kebersihan dan merawat kesehatannya. Tetapi di sisi lain membuat Anda menjadi lebih bertanggung jawab, membuat Anda lebih sabar, membuat Anda lebih telaten, membuat hati Anda lebih mudah tersentuh karena perasaan iba. Serta dapat membuat Anda bersikap lemah lembut kepada sesama makhluk hidup. Hal inilah yang akhirnya terbawa di dalam kehidupan sehari-hari dan berpengaruh kepada interaksi Anda dengan orang lain.

  • Mendekatkan kualitas hubungan di dalam keluarga

  • Dengan memelihara hewan peliharaan, secara tidak langsung Anda telah mengajarkan kepada anak-anak Anda bagaimana memperlakukan makhluk lain sesama ciptaan Tuhan. Ada banyak aktivitas yang dapat kita lakukan bersama hewan peliharaan, yang dapat kita ajarkan ke anak. Sehingga meningkatkan kualitas hubungan antara Anda dengan anak Anda.

  • Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan dengan memiliki hewan peliharaan. Tidak hanya lucu dan menggemaskan, mereka juga dapat menjadi 'teman' yang membawa dampak positif dalam kehidupan Anda. Jadi, apakah hewan peliharaan pilihan Anda?

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Manfaat memiliki sahabat berkaki empat

Apa hewan kesukaan Anda? Apapun itu, memeliharanya di rumah ternyata memiliki sejumlah manfaat positif bagi Anda sekeluarga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr