Ini sebabnya mengapa Anda tidak bisa mengingat memori ketika Anda masih berusia di bawah lima tahun

Proses mengingat manusia terhadap sesuatu hal dalam perjalanan hidup mereka dimulai sejak masih balita, namun kenyataannya justru kebanyakan dari kita hanya mampu sedikit mengingat setiap memori dengan jelas dan tepat ketika sudah dewasa.

602 views   |   shares
  • Ingatan pada makhluk hidup seperti pada manusia merupakan sebuah kemampuan untuk menyimpan suatu momen baik itu secara gambaran, perasaan pada suatu waktu tertentu. Ingatan yang tersimpan dalam waktu yang cukup lama termasuk kepada ingatan jangka panjang yang disimpan di dalam otak manusia. Proses mengingat manusia terhadap sesuatu hal dalam perjalanan hidup mereka dimulai sejak masih balita, namun kenyataannya justru kebanyakan dari kita hanya mampu sedikit mengingat setiap memori dengan jelas dan tepat ketika sudah dewasa. Mengapa seperti itu? Meski banyak yang mengatakan bahwa kemampuan mengingat pada manusia ini lah yang membedakan nya dengan makhluk hidup lainnya, namun ternyata kemampuan tersebut belum akan sempurna sampai manusia mulai beranjak dewasa. Itulah sebabnya mengapa manusia dewasa cukup sulit untuk mengingat setiap detil kejadian di masa kecilnya.

  • Peneliti berpendapat bahwa organ dalam otak manusia baru akan berkembang dan memiliki kemampuan yang baik untuk mengingat dimulai ketika seorang anak berusia 3 tahun dan akan menjadi sempurna ketika anak berusia 7-10 tahun. Namun ingatan itu sendiri juga akan mengalami penumpukan dimana seseorang pasti selalu menggunakan kemampuan mengingatnya setiap hari. Semakin banyak hal yang harus diingat oleh otak otomatis ingatan yang pertama kali tersimpan akan mengalami pemudaran sedikit demi sedikit akibat masuknya informasi-informasi baru di dalam ingatan, terlebih jika memori tersebut tidak dipanggil kembali dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain kemampuan mengingat seorang anak yang masih belum sempurna, beberapa peneliti yang turut khusus menganalisa hal ini berpendapat bahwa terdapat faktor lain yang juga turut memberikan pengaruh besar sehingga seorang anak tidak dapat mengingat sesuatu dalam jangka waktu yang lama. Faktor tersebut adalah kemampuan berbicara yang berkembang pada anak pun turut membutuhkan proses sampai menuju kesempurnaan. Oleh karenanya, sulit bagi seorang anak yang belum dapat berbicara secara sempurna untuk memanggil dan mengungkapkan ingatan yang ada pada memori di otak mereka.

  • Hal yang kita bahas disini memang masih menjadi bahan penelitian lanjut oleh para ahli. Banyak metode-metode dilakukan sampai saat ini untuk menemukan sebab mengapa seseorang sulit mengingat berbagai macam kenangan di masa kecilnya. Namun meski kebanyakan orang mengaku kesulitan untuk memanggil kembali ingatan yang tersimpan di masa kecil tersebut, tahukah anda meski hanya sedikit yang dapat melakukan hal itu, sebagian besar sifat dari karakter-karakter yang terbentuk pada diri manusia justru terbentuk dari setiap ingatan yang ada di dalam otak. Jadi sebenarnya ingatan tersebut masih tersimpan di dalam otak kita, hanya saja saat mencoba untuk mengingat tersebut kita seringkali kesulitan untuk menemukan hal yang berhubungan yang dapat membuatnya terpanggil kembali ke dalam ingatan kita.

  • Advertisement
  • Dengan mencoba kembali menghubungkan sesuatu untuk dapat mengeluarkan ingatan yang lama tersimpan di dalam otak merupakan salah satu teknik yang paling umum dilakukan. Dengan menghubungkan, proses pemanggilan ingatan akan terasa jauh lebih sederhana. Metode ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang harus banyak mengingat sesuatu dalam waktu yang sedikit, walaupun masih banyak metode-metode lain dalam ilmu psikologi untuk membantu orang agar dapat meningkatkan kemampuan mengingat mereka. Namun ini lah cara yang paling sederhana untuk dilakukan.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Ini sebabnya mengapa Anda tidak bisa mengingat memori ketika Anda masih berusia di bawah lima tahun

Proses mengingat manusia terhadap sesuatu hal dalam perjalanan hidup mereka dimulai sejak masih balita, namun kenyataannya justru kebanyakan dari kita hanya mampu sedikit mengingat setiap memori dengan jelas dan tepat ketika sudah dewasa.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr