Musik Klasik atau Hingar-Bingar? 4 Hal untuk Dikatakan Sebelum Anak Anda Mengunduh Musik

Musik memiliki pengaruh besar suasana hati seseorang. Musik dapat membangkitkan semangat dan mengilhami, oleh sebab itu bila gemar mendengarkan musik yang mengandung kekerasan, maka seseorang dapat menjadi kasar dan agresif.

735 views   |   shares
  • Keempat anak saya sangat menyenangi musik. Sudah lebih dari beberapa tahun ini mereka menjadi ‘pakar’ musik. Mereka selalu ribut soal siapa yang memiliki selera terbaik (memperdebatkan tentang rock alternatif atau grup indie), dan berkendara dengan mobil bersama mereka dapat menjadi perang besar urusan musik.

  • Dengan musik bergema di sekeliling saya dan begitu mudahnya membeli musik baru, suami saya dan saya menetapkan peraturan. Kami sering bertegang urat syaraf dengan anak-anak soal berapa banyak yang harus dibelanjakan, lagu mana yang pantas untuk dibeli dan lagu mana yang dinyatakan tidak pantas.

  • Musik dapat menjadi pendorong ke arah kebaikan atau kejahatan. Musik dapat membuat suasana hati dan emosi bereaksi kuat dan mempengaruhi perilaku. Musik dapat mendatangkan kebahagiaan, sinisme atau mengangkat semangat. Sebagai seorang ibu, saya memiliki beberapa ide dan petunjuk bagi orangtua untuk digunakan dalam bertukar pikiran tentang pilihan musik bagi anak-anak mereka.

  • Menyetujui lagu sebelum dibeli

  • Sebelum anak Anda membeli sebuah lagu atau CD baru, dengarkan dulu lagunya. Sering kali saya suka dengan nadanya sebelum saya mendengarkan lirik lagunya. Mendapatkan lirik lagunya lewat Google adalah cara yang paling cepat untuk memeriksa isi lagu sebab kadang-kadang ada pesan-pesan tidak pantas tersembunyi dalam nada yang segar. Jangan takut mengatakan ‘tidak’ untuk pilihan musik anak Anda. Jelaskan apa yang salah dengan musik itu (sumpah serapah atau yang liriknya terlalu berbau seks) dan Anda adalah pengambil keputusan terakhir.

  • Memperluas pilihan

  • Anak-anak Anda mungkin sulit menerimanya, tetapi perkenalkan mereka kepada musik jenis lain. Musik religi dapat membangkitkan semangat. Kadang-kadang baik juga mendengarkan musik yang menenangkan jiwa kita. Perdengarkan musik dari suatu drama yang sangat beraneka warna – beberapa bernada keras tetapi banyak yang indah, memberi inspirasi atau lucu. Musik klasik adalah jenis ideal lainnya.

  • Emosi apa yang dibangkitkan musik?

  • Tanyakan kepada anak-anak Anda bagaimana rasanya setelah mendengarkan lagu tersebut. Bersemangat? Damai? Tertekan? Terilhami? Bahagia? Memberontak? Gugup? Musik adalah kuasa yang besar dan mempengaruhi emosi dan perilaku kita. Telah terbukti bahwa musik mendorong pelepasan dopamin, suatu kimiawi dalam otak yang memberi perasaan senang. Tak dapat disangkali bahwa banyak orang begitu ingin mendengarkan musik!

  • Hindari musik kekerasan

  • Advertisement
  • Lagu-lagu dengan lirik yang menyodorkan kekerasan untuk orang lain atau diri sendiri hendaknya sama sekali dilarang. Dalam membahas musik kekerasan, banyak yang menggunakan referensi ilmiah yang dilakukan di tahun 1997 oleh siswa SMU David Merrell. Ini adalah alat belajar yang baik untuk anak-anak. Anak SMU saya tak dapat mempercayainya ketika dia mempelajarinya.

  • Eksperimen Merrell terdiri dari memajangkan dua kelompok tikus untuk mendengarkan musik selama 10 jam setiap hari. Satu kelompok mendengarkan Mozart dan yang lain kelompok rock. Kelompok tikus tersebut kemudian diuji dalam labirin selama 10 menit. Hasilnya? Kelompok tikus musik klasik berhasil keluar dari petak tersebut 8 menit lebih cepat daripada waktu yang ditentukan. Kelompok tikus rock keras 20 menit lebih lama dari waktu mereka. Tikus-tikus itu kebingungan dalam petak tersebut. Dipercayai bahwa musik tersebut telah menumpulkan kepekaan mereka. Tikus-tikus itu juga mulai saling menyerang dan saling memakan sesamanya. Mereka harus dipisahkan agar dapat menyelesaikan eksperimen itu.

  • Untuk membaca eksperimen itu seluruhnya, lihat www.burchschool.com/musibeat1.html. Hal ini bukan untuk mengatakan bahwa remaja penggemar musik rock akan saling menyakiti sesamanya atau menjadi kanibal. Namun demikian, eksperimen tersebut memperlihatkan kepada kita bagaimana musik dapat secara ekstrim mempengaruhi kepekaan dan perilaku kita secara positif atau negatif.

  • Untuk jangka waktu yang lama, musik telah mengambil peran penting dalam budaya remaja. Ajarlah anak-anak selagi mereka masih muda untuk memilih musik yang baik dan terus membimbing mereka selama remaja mereka.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “Classical or Headbanger? 4 Things to tell your kids before they download tunes” karya Megan Gladwell.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Megan Gladwell is an Indiana native and mother of four. She blogs at bookclub41.blogspot.com.

Musik Klasik atau Hingar-Bingar? 4 Hal untuk Dikatakan Sebelum Anak Anda Mengunduh Musik

Musik memiliki pengaruh besar suasana hati seseorang. Musik dapat membangkitkan semangat dan mengilhami, oleh sebab itu bila gemar mendengarkan musik yang mengandung kekerasan, maka seseorang dapat menjadi kasar dan agresif.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr