3 'konsekuensi' yang harus Anda tahu soal penggunaan kontrasepsi IUD

Intra Uterine Device (IUD) merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang disediakan dalam dunia kedokteran untuk dapat menunda kehamilan pada wanita.

368 views   |   2 shares
  • Alat kontrasepsi IUD adalah alat kontrasepsi yang disediakan oleh program KB atau Keluarga Berencana yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk menekan laju pertumbuhan populasi yang tiap tahunnya kian meningkat. Dengan mensosialisasikan program KB pada masyarakat, pemerintah menghimbau setiap keluarga untuk cukup memiliki 2 anak saja. Dengan maksud selain menekan meningkatnya pertumbuhan penduduk, dengan dua anak diharapkan kualitas pendidikan dan pengasuhan akan dapat lebih berkualitas. Program KB memang menyediakan beberapa macam produk alat kontrasepsi yang dapat dipilih oleh masyarakat, namun yang paling umum di gunakan adalah alat kontrasepsi IUD.

  • Intra Uterine Device (IUD) merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang di sediakan dalam dunia kedokteran untuk dapat menunda kehamilan pada wanita. IUD atau yang akrab disebut alat kontrasepsi spiral ini memang yang paling banyak dipilih oleh para wanita dibanding dengan jenis alat kontrasepsi lainnya. IUD ini dipasangkan pada rahim dan dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama. Itulah mengapa jenis alat kontrasepsi ini banyak dipilih oleh masyarakat di Indonesia, selain itu IUD juga memiliki tingkat keberhasilan yang dapat mencapai 97% sehingga sering dianggap sebagai salah satu alat kontrasepsi yang paling efektif di negeri ini.

  • Tetapi di balik semua kelebihan yang dimiliki oleh IUD ini, masyarakat juga harus mengetahui beberapa kekurangan dan efek yang dapat ditimbulkan dengan pemasangan alat kontrasepsi jenis ini. Pada kondisi yang sesuai, IUD memang sangat efektif untuk mencegah kehamilan pada wanita karena berfungsi secara langsung untuk mencegah pertemuan sel sperma dengan sel telur di dalam rahim. Tetapi pada beberapa kasus ada juga yang dilaporkan alat ini dapat juga berpindah peletakannya dan melukai organ lainnya, oleh karena itu penggunaan IUD ini perlu dibarengi dengan kontrol yang teratur setiap waktu yang ditentukan oleh dokter dan segera memeriksakan kesehatannya jika dirasakan ada keanehan pada tubuh penggunanya.

  • Seperti pada laman berikut ini, dalam kondisi normal IUD pun memberikan beberapa efek samping yang cukup serius dalam penggunaannya, yaitu:

  • 1. Siklus menstruasi menjadi tidak teratur

  • Advertisement
  • Penggunaan IUD dapat membuat terjadinya menstruasi di luar jadwal yang biasanya. Selain itu volume haid yang dikeluarkan akan relatif lebih banyak dari biasanya yang dapat memicu anemia atau kekurangan darah. Namun apabila proses ini berlangsung cukup lama dan disertai dengan rasa sakit, Anda wajib memeriksakan kondisi Anda ke dokter agar dapat langsung dilakukan pemeriksaan dan penanganan.

  • 2. Pendarahan

  • Efek samping ini memang akan terjadi beberapa hari setelah pemasangan IUD, tetapi jika Anda tidak melakukan kontrol yang teratur seperti yang dianjurkan, pendarahan seperti ini dapat berlanjut pada tingkat yang lebih parah seperti pendarahan di rongga perut yang biasanya terjadi karena kesalahan pemasangan yang kurang hati-hati yang mungkin melukai dinding rahim.

  • 3. Radang Serviks

  • Peradangan atau infeksi pada rahim dapat juga terjadi dengan ditandai adanya keputihan yang cukup parah, untuk itu hal ini juga perlu ketaatan pengguna IUD untuk selalu melakukan kontrol sesuai jadwal.

  • Akan lebih bijaksana jika sebelum Anda memilih produk kontrasepsi yang tersedia, Anda langsung mengkonsultasikannya dengan dokter Anda untuk memperoleh informasi yang tepat tentang alat kontrasepsi yang Anda akan pilih. Setiap kekurangan dan kelebihan tentu akan membuat Anda menjadi lebih selektif dalam memilih jenis produk yang akan digunakan.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

3 'konsekuensi' yang harus Anda tahu soal penggunaan kontrasepsi IUD

Intra Uterine Device (IUD) merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang disediakan dalam dunia kedokteran untuk dapat menunda kehamilan pada wanita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr