Enam Langkah Memilih Reksadana yang Baik untuk Memulai Investasi Anda

Membeli reksadana untuk pertama kali tampaknya mungkin rumit dan berisiko, namun ini adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri.

3,022 views   |   1 shares
  • Membeli reksadana untuk pertama kali tampaknya mungkin rumit dan berisiko, namun ini adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri. Panduan sederhana ini akan menuntun Anda dalam langkah-langkah kunci untuk menemuan reksadana yang tepat sesuai dengan tujuan investasi Anda.

  • 1. Tetapkan tujuan investasi Anda

  • Sebelum Anda membeli reksadana, Anda perlu memahami alasan Anda melakukan investasi jenis ini, kapan waktunya Anda butuh uang tersebut, serta seberapa toleransi Anda terhadap suatu risiko—-dengan mengingat bahwa semua jenis reksadana memiliki risiko, beberapa di antaranya berisiko lebih besar daripada yang lainnya.

  • 2. Manfaatkanlah informasi dan ulasan-ulasan mengenai reksadana yang tersedia di internet

  • Di internet terdapat beberapa situs yang memberikan tinjauan dan analisis mengenai pilihan-pilihan reksadana yang cocok dengan kriteria Anda. Tanpa memanfaatkan informasi-informasi ini, Anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan di antara produk-produk reksadana yang tersedia.

  • 3. Sesuaikanlah pilihan reksadana dengan tujuan investasi Anda

  • Jika Anda bermaksud untuk investasi jangka panjang, yang artinya, Anda tidak membutuhkan uang Anda kembali untuk jangka waktu yang lama, Anda mungkin ingin mengambil risiko yang lebih besar dengan berinvestasi dalam bentuk reksadana yang menanamkan modalnya pada saham-saham yang pertumbuhannya tinggi. Jika Anda bermaksud untuk investasi jangka pendek, Anda mungkin ingin menginvestasikan dana Anda pada obligasi jangka pendek atau bahkan di “pasar uang” sehingga uang Anda tetap “cair.” Jangan pernah menaruh semua modal Anda dalam investasi berisiko tinggi (dalam keadaan yang sangat jarang, sebagian investor pasar uang mengalami kerugian sebagian kecil dari investasi mereka). Di antara dua hal yang ekstrem ini, Anda mungkin ingin mencari reksadana yang menanamkan modalnya dalam bentuk saham (ekuitas) dan surat utang (obligasi).

  • 4. Pertimbangkan biaya

  • Perusahaan pengelola reksadana mendapatkan uang dengan cara mengenakan sejumlah kecil biaya kepada para investor untuk memasukkan uang dan mengelola uang tersebut setiap tahunnya. “Biaya beban” merujuk pada biaya masuk investasi dan “rasio beban” merujuk pada biaya tahunan. Jika Anda berinvestasi dalam bentuk reksadana dengan biaya beban 6% dan rasio beban 2%, dan Anda harus menghasilkan keuntungan tahunan sebesar 8% (sulit untuk mencapainya) hanya untuk sekadar balik modal pada tahun pertama. Carilah reksadana “tanpa biaya” serta reksadana dengan rasio beban yang rendah. Banyak dari reksadana berbiaya rendah adalah dalam bentuk “indeks” dan jangan berusaha untuk mengalahkan indeks pasar, mereka hanya berusaha menyesuaikannya. Mengingat bahwa sangat sedikit reksadana yang mengalahkan pasar secara konsisten, memberi perhatian pada segi biaya merupakan cara yang baik untuk menjaga agar uang Anda berkembang.

  • Advertisement
  • 5. Evaluasi risiko

  • Pertimbangkan faktor kerberanian Anda untuk mengambil risiko serta pilihan reksadana untuk mencari reksadana yang menarik bagi “jiwa petualang” atau “takut rugi” Anda. Ingatlah bahwa secara umum risiko dibandingkan di antara reksadana yang berkategori serupa. Jadi, obligasi jangka pendek yang sedikit lebih berisiko mungkin dapat menjadi taruhan yang lebih aman daripada ekuitas “risiko rendah” yang pertumbuhannya lambat.

  • 6. Berinvestasi

  • Secara umum Anda dapat menginvestasikan secara langsung pada reksadana dengan mengirimkan kepada mereka uang Anda secara langsung—-kunjungi situs jaringan perusahaan pengelola dana untuk memperoleh petunjuk. Jika Anda berencana untuk menginvestasikan seluruh uang Anda dalam satu produk reksadana, itu merupakan cara terbaik. Jika Anda berencana untuk berinvestasi dalam beberapa jenis produk reksadana untuk suatu jangka waktu Anda mungkin perlu menghubungi beberapa agen penjual reksadana yang dapat membantu Anda untuk berinvestasi dalam berbagai jenis produk reksadana.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli "6 steps to pick a good mutual fund to launch your savings" karya Devin Thorpe.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Enam Langkah Memilih Reksadana yang Baik untuk Memulai Investasi Anda

Membeli reksadana untuk pertama kali tampaknya mungkin rumit dan berisiko, namun ini adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr